Pengaruh Intangible Asset dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Dewi Anggraeni, Edi Sukarmanto, Sri Fadilah

Abstract


Abstract. This study aims to determine the effect of intangible assets and growth opportunities to firm value. The population in this study are plantation sub sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The method used in study is a descriptive research method, with a quantitative approach. Sampling was carried out using purposive sampling method and resulted in a sample of 10 campanies in the 5-year observation period, so that the data analyzed amounted to 50. The type of data used was secondary data, in the from of financial statement of companies listing on the IDX. Hypothesis testing is done using multiple regression method with SPSS 22. The result of this study indicate that intangible assets of firm value have a significant effect and growth opportunity does not affect the value of the company. Suggestions for further research to use other sector companies, replacing other independent variables such as investment decisions, funding decesions, deviden policies, company size and other variables that might influence the value of the company, and suggested using other growth opportunity measurement models such as Price Earning Ratio (PER) or Market to Book Value (MBVR) in order to compare result from previous studies.

 

Keyword: Corporate Value, Growth Opportunity, Intangible Asset

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intangible asset dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan sampel 10 perusahaan dalam periode pengamatan 5 tahun, sehingga data yang dianalisis berjumlah 50.  Jenis data yang digunakan adalah  data sekunder, yang berupa laporan keuangan perusahaan yang listing di BEI. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode regresi berganda dengan SPSS 22. Hasil dari penelitian ini  menunjukan bahwa intangible asset terhadap nilai perusahaan berpengaruh signifikan dan growth opportunity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan perusahaan sektor lainnya, mengganti variabel independen lain seperti keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan deviden, ukuran perusahaan dan variabel lainnya yang mungkin mempengaruhi nilai perusahaan, serta disarankan menggunakan model pengukuran growth opportunity lainnya seperti Price Earning Ratio (PER) atau Market to Book Value (MBVR) agar dapat membandingkan hasil dari penelitian sebelumnya.

                                                                                                                                                   

Kata kunci: Growth Opportunity, Intangible Asset, Nilai Perusahaan


Keywords


Growth Opportunity, Intangible Asset, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Ayunigtyas,Dwi & Kurnia. 2013. Pengaruh profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Deviden dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Antara. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Brigham, dan Houston. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Erawati, N. Sudana, I.P. 2009. Intellectual Capital, Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.

Fadilah, Sri. Audina, Anggun dan Sofianty, Diamonalisa. 2017. Pengaruh Persistensi Laba, Kesempatan Bertumbuh dan Struktur Modal Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Universitas Islam Bandung. Jurnal Akuntansi. Hal 109-112

Fadilah, Sri. Nida, N. dan Nurcholisah, Kania. N. 2017. Pengaruh Intangible Asset, Kinerja Keuangan, Kebijakan Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Islam Bandung. Jurnal Akunansi, Vol. 3. No. 2 Hal. 105-108

Gamayuni, Rindu Rika. 2012. Relevensi Kinerja Keuangan, Kualitas Laba,Intangible Asset Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.11, No.2. Hal: 119-136.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. PSAK No.19 (revisi 2015) tentang Aktiva Tidak Berwujud. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Letsa, Soraya. 2013. Pengaruh Asset Tidak Berwujud (Intangible Asset) Terhadap Nilai Pasar. Skripsi. Unversitas Diponegoro Semarang.Hal: 61-62.

Mas’ud, Machfoedz. 2008. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Puspitaningtyas, 2012. Relevansi Nilai Informasi Akuntansi dan Manfaatnya bagi Investor. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.16, No. 2. Hal: 164-183.

Salvatore, Dominick. 2005. Ekonomi Manajerial, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Scott, William R. 2003. Financial Accounting Theory. New Jersey : Prentice Hall Inc.

Setijawan, Imam. 2011. Pengaruh Aset Tak Berwujud Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Sultan Agung Semarang. Jurnal Dinamika Akuntansi, Vol. 13. No.2. Hal: 107-109

Sriwardany. 2006. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Struktural Modal dan Dampaknya Terhadap Perubahan Harga Saham. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara. Hal: 113-116

Wijaya, Anggita. 2012. Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas dan Leverage Terhadap Profitabilitas. Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 3. No.1. Hal 53-57.

www.idx.co.id

www.Liputan6.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13363

Flag Counter    Â