Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Kaitannya dengan Tingkat Profitabilitas (Stadi Kasus pada PT LEN Industri (PERSERO))

Sabrina Tamimi Putri, Nurleli Nurleli, Rini Lestari

Abstract


Abstract. At present, stakeholders not only see the benefits of the company but begin to look towards the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR). There are many ways that a company can improve its profitability. One of them is by applying the Corporate Social Responsibility (CSR) report in the company's financial statements because it is considered to be useful such as improving reputation and good name or company image. This study aims to determine the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) at PT LEN Industri (PERSERO), to determine the level of profitability at PT LEN Industri (PERSERO) from 2014-2016, and to find out the implementation of CSR in increasing the level of profitability at PT LEN Industri (PERSERO). The research method used is descriptive analysis. Data collection techniques used are using questionnaires and interviews. The results of this study indicate that the implementation of CSR in PT LEN Industri (PERSERO) is carried out well. While the level of profitability measured using ROA in 2014-2016 has decreased. The results of this study indicate that the implementation of CSR does not increase the level of profitability of the company.

Keywords : Implementation, Corporate Social Responsibility, Profitability

Abstrak. Saat ini, para stakeholder tidak hanya melihat keuntungan perusahaan tetapi mulai merihat ke arah penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan. Ada banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk dapat meningkatkan profitabilitasnya. Salah satunya adalah dengan menerapkan laporan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan keuangan perusahaan karena dinilai dapat bermanfaat seperti meningkatkan reputasi dan nama baik atau citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT LEN Industri (PERSERO), untuk mengetahui tingkat profitabilitas pada PT LEN Industri (PERSERO) dari tahun 2014-2016, serta untuk mengetahui penerapan CSR dalam meningkatkan tingkat profitabilitas pada PT LEN Industri (PERSERO). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan CSR pada PT LEN Industri  (PERSERO) dlaksanakan dengan baik. Sedangkan tingkat profitabilitas yang diukur menggunakan ROA pada tahun 2014-2016 mengalami penurunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan CSR tidak meningkatkan tingkat profitabilitas perusahaan.

Kata Kunci: Penerapan , Corporate Social Responsibility, Profitabilitas


Keywords


Penerapan , Corporate Social Responsibility, Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Kasmir.2016. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1.Cetakan 9. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lako, Andreas. 2011. Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi.Bandung: Erlangga

Mardikanto, Totok. 2014.Corporate Social Responsibility (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta

Undang-Undang. 2007. UU No 40 pasal 74 tentang perseroan terbatas.

Untung, Hendrik Budi. 2009. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika Offset

www.len.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13257

Flag Counter    Â