PENGARUH ECOCONOMIC VALUE ADDED (EVA) TERHADAP HARGA SAHAM

Riska Riska, Edi Sukarmanto, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Dalam tahun-tahun belakangan ini dikembangkan suatu pendekatan baru dalam penilaian kinerja perusahaan yang dikenal dengan EVA. EVA memasukkan komponen biaya modal untuk mengukur kinerja perusahaan untuk memberi nilai tambah agar para investor tertarik untuk berinvestasi. Di pihak lain, investor lebih sering menggunakan rasio profitabilitas seperti ROA, ROE dan ROS untuk menilai tingkat pengembalian atas aset, modal dan penjualan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh EVA dan Rasio Profitabilitas (ROA, ROE, ROS) terhadap harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan EVA, Rasio Profitabilitas (ROA, ROE, ROS) dan Harga Saham serta untuk mengetahui Pengaruh EVA dan Rasio Profitabilitas (ROA, ROE, ROS) terhadap harga saham, baik secara parsial maupun simultan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 20.0 sebagai alat pengolah data. Pada penelitian ini, sampel yang diambil dari 15 perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia yang telah listing selama 4 tahun berturut-turut pada periode 2010-2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, jenis data dokumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan dan jurnal-jurnal atau hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang bersifat kuntitatif yang dituangkan dalam angka-angka.

Hasil penelitian ini secara simultan menyatakan bahwa EVA dan rasio profitabilitas (ROA, ROE, ROS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013. Secara parsial meyatakan bahwa EVA dan ROA berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan ROE dan ROS tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

 


Keywords


Economic Value Added (EVA), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Return On Sales (ROS) dan Harga Saham

References


Husnan, Suad dan Pudjiastuti, Enny. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Jaenudin, Edi. Economic Value Added dan Return Saham. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. Vol. III No. 2 Februari 2007.

Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga.Yogyakarta: BPFE.

Karim, Adiwarman. 2008. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan, Edisi 3. Jakarta : Raja GrafindoPersada.

Kasmir.2013.Analisis Laporan Keuangan Edisi Pertama. Jakarta.

Putri, Rescyana.2012. pengaruh DPS, ROE, dan NPM Terhadap Harga Saham perusahaan industri manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2006 – 2010.

Sunariyah. (2004). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP AMP YAKPN.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi. Yogyakarta. Edisi Pertama. KANISIUS (anggota IKAPI).

Tunggal, Amin Widjajaa. (2001). Economic Value Added/EVA (Teori, Soal Dan Kasus). Jakarta: Harvarindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1260

Flag Counter    Â