Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Jaminan Obligasi terhadap Peringkat Obligasi (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bei 2012-2016)

Eki Dwi Rajawali, Kania Nurcholisah, Heliana Heliana

Abstract


Abstract. The achievement in this case to and out whether the profitability, liquidity and guarantee bonds, affect boun ratings on the transfortation company. The population in this research is all tranfortation companies listed in the 2012-2016 in BEI (Bursa Efek Indonesia) whicht the company’s criteria, which issued bonds for 5 consecutive years. Bosed on these criteria are obtained as many 7 sample research companies. Thedata analysis in this study using logistic regression analysis the result of this stady showed that profitability, liquidity an guarantee the bons didn’t effet the company’s tranfortation obligation rating usted in BEI ( Bursa Efek Indonesia) diring the periode 2012-2016

 Key words : profitability, liquidity, guarantee and rating obligasi

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah profitabilitas, likuiditas dan jaminan obligasi berpengaruh terhadap peringkat obligasi pada perusahaan transportasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI( Bursa Efek Indinesia ) periode 2012-2016, yang mempunyai kriteria perusahaan tersebut yang menerbitkan obligasi selama 5 tahun berturut-turut. Berdasarkan kriteria tersebut didapatkan sebanyak 7 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, likuiditas dan jaminan obligasi tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) selama periode 2012-2016

Kata kunci : Profitabilitas, likuiditas, jaminan dan peringkat obligasi

 


Keywords


Profitabilitas, likuiditas, jaminan dan peringkat obligasi

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Panji dan Pakarti, Puji. 2008. Pengantar Pasar Modal. Cetakan Ketiga , Rineka Cipta, Semarang.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Statistik Konsep Dasar Aplikasi. Jakarta: KencanaPranadaPranada Media

Brigham, Eugene F and Joel F.Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, alih bahasa Ali Akbar Yulianto, Buku kesatu, Edisi sepuluh, Erlangga, Jakarta.

Darmadji, Tjiptono dan Hendi M. Fakhrudin. 2011. Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Salemba Empat: Jakarta.

Eduardus Tandelilin. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi, Edisi pertama, KANISIUS, Yogyakarta.

Eduardus Tandelilin. 2011. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi, Edisi kedua, KANISIUS, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10403

Flag Counter    Â