Analisis Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan Berdasarkan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Puskesmas di Kabupaten Bandung Barat)

Ai Evi

Abstract


 

Abstract. Poor service and lack of facilities at the Puskesmas have resulted in many abandoned patients not getting proper treatment. Poor service is reflected in poor organizational performance, this is caused by health information systems. In addition to applying health information systems, to improve the performance of puskesmas need to apply the quality of management accounting information system This study aims to understand the quality of management accounting information systems in improving the company's performance at the Puskesmas in Kabupaten Bandung Barat. This research was conducted on six health centers in Kabupaten Bandung Barat using analytical descriptive method. Data source used primary data. The data collection techniques used are interviews and questionnaires. Result of analysis indicate that puskesmas have applied quality management accounting information system with very good criteria and company performance with very good criterion. This shows that Puskesmas in Kabupaten Bandung Barat with quality management accounting information system can improve company performance.

 

Keywords: Corporate Performance, Quality Management Accounting Information System

 

Abstrak. Buruknya pelayanan dan kurangnya fasilitas di Puskesmas mengakibatkan banyaknya pasien yang terlantar tidak mendapatkan penanganan yang layak. Pelayanan yang buruk tercermin dari kinerja organisasi yang buruk, hal ini disebabkan oleh sistem informasi kesehatan. Selain menerapkan sistem informasi kesehatan, untuk memperbaiki kinerja puskesmas perlu menerapkan kualitas sistem informasi akuntansi manajemen Penelitian ini bertujuan untuk memahami kualitas sistem informasi akuntansi manajemen dalam meningkatkan kinerja perusahaan pada Puskesmas di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan pada enam Puskesmas di Kabupaten Bandung Barat dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa puskesmas telah menerapkan kualitas sistem informasi akuntansi manajemen dengan kriteria sangat baik dan kinerja perusahaan dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa Puskesmas di Kabupaten Bandung Barat dengan kualitas sistem informasi akuntansi manajemen dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

 

Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen


Keywords


Kinerja Perusahaan, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen

Full Text:

PDF

References


Augustine, Lina Wiryana Yvonne. 2014. “Pengaruh Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial dengan Variabel Moderasi Strategi Bisnis, Perceived Environmental Uncertainty (Peu), Ketidakpastian Tugas Dan Desentralisasiâ€

Hansen, and Mowen, (2006). Akuntansi Manajemen, Accounting Management. Jakarta: Salemba Empat.

Hansen dan Mowen. 2009. Akuntansi Manajemen. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat

Heidmann, Schäffer, and Strahringer. 2008. Information System Management Exploring the Role of Management Accounting System in Strategic Sensemaking.

Kaplan, Roberts S., David P Norton. 2000. Transalating Strategy Into Action The Balanced Scorecard. Erlangga: Jakarta.

Laudon & Laudon Yenni Carolina dan Rapina. 2015. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Struktur Organisasi terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi serta Implikasinya pada Kualitas Informasi Akuntansiâ€

Mcleod, Raymond dan George P.Schell. 2001. Sitem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Payaman, Simanjuntak. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

Rudianto. 2006. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengembalian Keputusan Manajemen. Jakarta: Grasindo

Tika.2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan.

Waskito, H.H, Anisykurlillah I, dan Murtini H. 2014. Penerapan Balanced Scorecard sebagai Tolak Ukur pada RSUD Kota Semarang.

Weetman, Pauline. 2010. Management Accounting, 2nd Edition. New York: Perason Prentice Hall




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10374

Flag Counter    Â