Perancangan Sistem Informasi Pengiriman Barang PT Muara Sriwijaya Energi

Luthfi Nurul Khoer, Elly Halimatusadiah, Magnaz Lestari Oktaroza

Abstract


Abstract. Information technology at this time is needed to support the use of information systems. In addition, it is also very biased to the operational activities of an organization. PT Muara Sriwijaya Energi is a business in the freight forwarding business. The obstacles under PT Muara Sriwijaya Energy are supervising and controlling the operational activities of the delivery of goods, such as the process of recording documents are still manual, the control and control of the use of the company's fleet, and the absence of good database management. This research is intended to make information appropriate to the need to address these problems. The method used is the method of analysis using the method. (Framework for the Application Development), so as to achieve effective and efficient system results. The results of the design conducted by an information company analyst that can meet the business needs of PT Muara Sriwijaya Energy in the face of problems that occur. The features required of document management that can support operational data management and able to produce effective and efficient information in decision concepts..

Keywords: Information Systems, Database Management, Delivery of Goods.

Abstrak. Teknologi informasi pada saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang penggunaan sistem informasi. Selain itu hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasional sebuah organisasi. PT Muara Sriwijaya Energi merupakan sebuah badan usaha bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Kendala yang dihadapi PT Muara Sriwijaya Energi yaitu kurangnya pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan operasional pengiriman barang, seperti proses pencatatan dokumen-dokumen masih manual, kurannya kontrol dan pengendalian terhadap  penggunaan armada yang dimiliki perusahaan, dan tidak adanya pengelolaan database yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan metode pengembangan sistem FAST (Framework for the Application Development), sehingga dapat mencapai hasil akhir sistem yang efektif dan efisien. Hasil dari perancangan yang dilakukan oleh analis yaitu sebuah rancangan sistem informasi pengiriman barang yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis PT Muara Sriwijaya Energi dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi. Adapun keunggulan dari sistem yang diusulkan yaitu proses pencatata dokumen-dokumen yang sudah terkomputerisasi, sistem dan prosedur yang mendukung pengelolaan database yang mampu mendukung pengelolaan data operasional serta mampu menghasilkan informasi yang efektif dan efisien dalam pengambilan keputusan.

Kata Kunci: Sistem Informasi,  Pengelolaan Basis Data,  Pengiriman Barang.


Keywords


Sistem Informasi, Pengelolaan Basis Data, Pengiriman Barang

Full Text:

PDF

References


Adha, I., Christian, F., Darmadi, Y., & Oktavia, T. (2013). Perancangan Basis Data Ekspedisi Dan Cargo Pada PT. Sinar Mentari.

Hartono, J. (2013). Sistem Teknologi Informasi Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Indrajit, R. E. (2000). Konsep Dasar Manajeman Informasi Akuntansi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

James, A. (2001). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Jogiyanto. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Mardi. (2011). Sistem Informasi Akuntasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

McLeod, R. (2001). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Indeks.

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntasi. Jakarta: Salemba Empat.

O’Brien. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Romney, & Steinbart. (2014). Sistem Informasi Akuntasi. Jakarta: Salemba Empat.

Setiawanti, R. (2012). Analisis dan Perancangan Sistem Pelacakan Pengiriman Barang Berbasis WAP dan SMS.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.

Whitten, J., & D.Bentley, L. (1998). Systems Analysis and Design Methods. United States: McGraw-Hill.

Whitten, J., D.Bentley, L., & Dittman. (2004). Systems Analysis and Design Methods. United States: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10271

Flag Counter    Â