Kajian Peningkatan Destinasi Pariwisata Baru Berdasarkan Aspek Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas dan Amenitas di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran

Ulfah Ashma Nadiya, Saraswati Saraswati

Abstract


Kecamatan Pangandaran merupakan kecamatan yang mempunyai banyak fenomena pariwisata, salah satunya adalah mempunyai Kawasan Pantai Pangandaran. Kawasan Pantai Pangandaran merupakan magnet utama wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Pangandaran namun saat ini, banyak hambatan yang terjadi diantaranya kemacetan pada peak season, tidak teraturnya PKL, pencemaran limbah dan sampah. Seiring dengan hal tersebut, fenomena eksisting juga mengungkapkan bahwa pariwisata di Kecamatan Pangandaran sebagai Growth Center dan WP Pariwisata mempunyai berbagai potensi pariwisata seperti daya tarik wisata alam, daya tarik wisata budaya, dan daya tarik wisata minat khusus. Dalam pengembangan destinasi wisata, produk wisata adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan. Produk wisata tersebut yakni Daya Tarik Wisata, amenitas, dan aksesibilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran potensi dan sebaran pariwisata dengan aspek-aspek pengembangan pariwisata yang mendukung. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan observasi langsung, berdasarkan teori-teori pengembangan destinasi wisata, komponen daya tarik wisata dan aksesibilitas. Kesimpulan menunjukkan bahwa destinasi pariwisata dapat ditingkatkan dan diinintegrasikan antara satu dan lairmya.


Keywords


Pengembangan, Destinasi, Kecamatan Pangandaran, Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas

References


Athilah, 2011. Aksesibilitas dan Konektivitas Antara Daya Tarik Wisata dalam http://athidanalyst.blogspot.co.id/2011/07/aksesibilitas.html dikutip pada 17 April 2017.

Angela Ariani, 2012. STP AMPTA Yogyakarta, Indonesia. Wawasan Pariwisata http://wawasanpariwisata.blogspot.co.id/2012/07/produl-pariwisata.html dikutip pada 21 April 2017.

Aswin Anwar, 2014. Gudang Ilmu, Konsep Dasar Pariwisata. https://konsepblackbook.blogspot.co.id/2013/04/konsep-dasar-pariwisata.html dikutip pada 2 Mei 2017.

Anonim. Variabel Bebas Obyek Wisata Pantai Cermin. Universitas Sumatra Utara.

Batmanlussy, Analisis Strategi Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. http://www.academia.edu/13727272/TESIS_Analisis_Strategi_Pengembangan_Objek_Wisata_di_Kabupaten_Maluku_Tenggara_Barat dikutip pada 2 Mei 2017.

Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional 2016.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Destinasi Wisata Kecamatan Pangandaran dalam http://dispar.pangandarankab.go.id/daya-tarik-wisata-kecamatan-pangandaran/ dikutip pada 8 Maret 2017

Gumelar S. Sastrayuda, 2010. Hand Out Mata Kuliah Concept Resort And Leisure, Strategi Pengembangan dan Pengelolaan Resort And Leisure. http://www.academia.edu/8912285/pengembangan_desa_wisata dikutip pada 26 April 2017.

Ira Ratna Wulan, Turtiantoro, Wiwik Widayati. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pangandaran Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah.

Nurul Nadjmi, Wiendu Nuryanti, Budi Prayitno dan Nindyo Soewarno. Pengembangan Destinasi Pariwisata di Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah.

Program Studi Arsitektur, Universitas Hasanuddin, 2016. Perkembangan Pola Tata Ruang Kawasan Destinasi Pariwisata Kepulauan di Pulau Karimun Kepulauan Riau. Jurnal Ilmiah.

Republik Indonesia. 2011. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Jawa Barat Tahun 2013-2018.

Suradnya, I Made. Analisis Faktor-Faktor Daya Tarik Wisata Bali dan Implikasinya Terhadap Perencanaan Pariwisata Daerah Bali. Jurnal Ilmiah.

Suradnya, I Made. 2000. Perencanaan dan Pengelolaan Objek dan Daya Tarik

Wisata. Jurnal Ilmiah.

Nugraha, Syahidipa. 2015. Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Curug Malela di Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Tugas Akhir.

Sansuari, Rimadewi Supriharjo, dan Putu Rudy Satiawan. Konsep Peningkatan Layanan Pendidikan Menengah di Kabupaten Mojokerto Berdasarkan Karakteristik Wilayah. Analisis Aksesibilitas dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah, 2009.

Yoeti Oka, 1997. Perencanaan Pengenbangan Pariwisata. Jakarta : PT. Karta Unipress.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.8166

Flag Counter   Â