Kajian Faktor-Faktor Penyebab Migrasi Internasional dan Pengaruhnya terhadap Daerah Asal di Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu

Gita Mulia Purnamasari, Saraswati Saraswati

Abstract


Kecamatan Juntinyuat merupakan pemasok TKI terbanyak di Indonesia pada tahun 2016 dengan jumlah ± 6.686 jiwa. Perkembangan migrasi di Kecamatan Juntinyuat tiap tahunnya mengalami peningkatan, terutama penduduk produktif usia kerja yang mencari kesempatan kerja di tempat lain. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui faktor pendorong dan faktor penarik yang mendasari para migran melakukan migrasi internasional di Kecamatan Juntinyuat, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari fenomena migrasi internasional terhadap pembangunan daerah asal. Penelitian ini merupakan penelitian statistika deskriptif. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif dan content analysis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pendorong para migran melakukan migrasi internasional adalah pekerjaan dengan pendapatan yang tinggi. Faktor penariknya adalah harapan akan memperoleh kesempatan memperbaiki taraf hidup, memperoleh pendapatan yang lebih baik, dan adanya tarikan dari kerabat yang sudah atau sedang melakukan migrasi. Secara fisik dampak pada pembangunan desa kurang dapat dirasakan, tetapi adanya perubahan sosial, seperti meningkatnya pendidikan keluarga migran, munculnya peluang kerja baru, dan gaya hidup menuju kehidupan yang lebih baik merupakan pengaruh dari migrasi.


Keywords


Migrasi Internasional, Faktor Pendorong, Faktor Penarik, Dampak

References


Findlley, A. (1987). The Role of International Labour Migration in the Transformation of an Economy; The Case of Yamen Republic. Geneva: International Labour Organization.

Mulyadi, S. (2003). Ekonomi Sdm Dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta: PT. Raja Grafinda Persada.

Munir, R. (1981). Dasar-dasar Demografi. Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia: Jakarta.

Syaukat, A. (1997, Tahun). Faktor-faktor yang Menentukan Pilihan Daerah Tujuan Migrasi Penduduk Jawa Barat Berdasarkan Data SUPAS 1985. Universitas Indonesia, Depok.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.7937

Flag Counter   Â