Upaya Mempertahankan Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan di Kabupaten Purwakarta

Budi Utami, Ivan Chofyan

Abstract


Lahan pertanian pangan berkelanjutan adalah bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk  dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan.   Perkembangan perusahaan industri membuat beberapa lahan pertanian di Kabupaten Purwakarta berubah fungsi yang mengakibatkan luas lahan sawah dan kondisi beras masyarakat ikut menurun. Agar hal tersebut tidak terus terjadi maka dilakukan kajian mengenai lokasi pengganti luas lahan sawah yang dialih fungsikan dan melihat kondisi beras untuk kebutuhan mendatang.

Tujuan dilakukannya kajian adalah untuk: (1) Mengidentifikasi  pengaruh alih fungsi LP2B terhadap ketersediaan beras, dan (2) Menentukan luas dan lokasi lahan pengganti LP2B. Untuk mencapai tujuan tersebut metode analisis yang digunakan adalah (1) Analisis  Proyeksi Penduduk; (2) Analisis Surplus Defisit; (3) Analisis Kebutuhan Lahan Sawah; (4)  Analisis Kebutuhan Air Irigasi; (5) Analisis lokasi pengganti.

Analisis surplus defisit menunjukkan bahwa untuk beberapa tahun mendatang kondisi beras masih mengalami surplus namun surplus tersebut terjadi penurunan. Hal yang sama terjadi dengan analisis kebutuhan lahan sawah dimana kebutuhan lahan sawah untuk beberapa tahun mendatang masih terpenuhi. Berdasarkan hasil analisis kondisi perberasan Kabupaten Purwakarta masih terpenuhi Karena tidak terjadinya deficit dan lokasi pengganti untuk lahan sawah berdasarkan kriteria tertentu berada di Kecamatan Pondoksalam

Keywords


LP2B, Sawah, Surplus Defisit.

References


Refrensi:

Andi Nuhung. Iskandar. 2014. Strategi dan Kebijakan Pertanian Dalam Perspektif Daya Saing. Jakarta. Rineka Cipta.

Sastrapradja. Sejati dan Widiaja. Elizabeth. 2010. Kenaekaragaman Hayati Pertanian Menjamin Kedaulatan Pangan. Jakarta. Gudang Penerbit.

Syarief. Saifuddin. 1986. Ilmu Tanah Pertanian. Bandung: Pustaka Buana

Chofyan. Ivan. 2016. The Dynamics of Rice Field Conversion into Settlement in the District of Bandung. Mimbar; Social and Development Journal. Vol. 32. No. 2. December 2016. P2U LPPM Unisba. Page 267-275.

Maya Sari. Dampak Alih Fungsi Lahan. http://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/ dampak-alih-fungsi-lahan-pertanian. Di lihat pada tanggal 24 November 2016

Ganjar pamungkas. Swasembada Pertanian. https://ganjarpamungkass. wordpress.com/pertanian/swasembada-pertanian/ . Di lihat pada tanggal 3 Desember 2016

Publikasi Pemerintah:

Badan Pusat Statistik. 2014. Kabupaten Purwakarta Dalam Angka 2014. Purwakarta:Badan Pusat Statistik Kabupaten Purwakarta.

Badan Pusat Statistik. 2015. Kabupaten Purwakarta Dalam Angka 2015. Purwakarta:Badan Pusat Statistik Kabupaten Purwakarta.Badan Pusat Statistik. 2016. Kabupaten Purwakarta Dalam Angka 2016. Purwakarta:Badan Pusat Statistik Kabupaten Purwakarta.

Landasan Hukum:

RTRW Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2011-2031

Uandang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.7784

Flag Counter   Â