Kajian Sustainable City Terhadap Pembangunan Kota Baru Bumi Serpong Damai (BSD)

Nunky Kemalaeka Setiawan, Sri Hidayati Djoeffan

Abstract


Adanya pertumbuhan dan perkembangan kota yang disebabkan oleh pertambahan penduduk serta perubahan dan perkembangan kegiatan sosial budaya dan sosial ekonomi menuntut kebutuhan ruang yang tinggi. Ruang kota yang terbatas perlu adanya penataan, perencanaan dan penggunaannya secara esensial. Pengembangan kota baru merupaka upaya untuk menyelasaikan permasalahan kota besar yang telah ada. BSD City merupakan kota baru yang dibangun sejak tahun 1986 dengan luas wilayah 6.000 hektar namun tahap pembangunan dimulai sejak tahun 2002 dengan developer Sinar Mas Land. Penelitian ini bertujuan untuk melihat BSD City sebagai kota baru sudah atau belum menerapkan prinsip dari kota baru. Prinsip dari kota baru adalah tipologi kota baru yang jelas, identitas kota dan penerapan konsep sustainable city. Penelitian ini lebih focus terhadap penerapan konsep sustainable city yaitu mengkaji 17 indikator prinsip keberlanjutan kota baru di BSD City. Metode penelitian yang digunakan adalah metode teoritis, normatif, komparatif dan deskriptif

Keywords


Kota Baru, Kota Berkelanjutan

References


Agustina, Ina Helena. 2012. Kajian Tentang Konsep Keberlanjutan Pada Beberapa Kota Baru dan Permukiman Berskala B Buku Perencanaan Kota Baru Prof. Dr. Ir Djoko Sujarto esar. Bandung. UNISBA.

F, Osborn. 1968. The New Town-The Answer to Megapolis. Leonard Hill. London

Golany, Gideon. 1975. New Town Planning-Principles and Practice. John Wiley&Sons. New York.

Harmanurjeni, Lola. 2006. Tingkat Kemandirian Kota Baru Bumi Serpong Damai. Bandung. Institut Teknologi Bandung.

Irwansyah Hasan, Mirza. 2003. Sustainable Development In A Metropolitan Region In Adeveloping Country: A Case Study Of The Newtown Of Bumi Serpong Damai (Bsd), Greater Jakarta-Indonesia. Australia. School Of Geoinformatics, Planning And Building University Of South Australia.

Jenks, M and R. Burgess. 2000. Compact Cities-Sustainbale Urban Forms for Developing Coutries. London: Spon Press.

Prof. Dr. Ir Djoko Sujarto. 2012. Perencanaan Kota Baru. Bandung. ITB.

Sustainable Cities International. 2012. Indicators for Sustainability-How Cities Are Monitoring and Evaluating Their Success. Canada: Canadian International Development Agency (CIDA).

Wheeler, Stephen W. Planning for Sustainability-creating livable, equitable and ecological communities.

Zulkifli, Arif. 2014. Pengelolaan Kota Berkelanjutan. Yogyakarta. Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.7750

Flag Counter