Identifikasi Perubahan Penggunaan Lahan di Kawasan Pendidikan Tinggi (Studi Kasus di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor dan Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang)

Rizka Isnintyas Pratiwi, Ina Helena Agustina

Abstract


Keberadaan kawasan pendidikan tinggi yang cukup besar di suatu wilayah bisa menjadi salah satu daya tarik yang mengakibatkan tingkat urbanisasi semakin tinggi di wilayah tersebut. Kecamatan Dramaga kabupaten Bogor dan Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang merupakan wilayah yang mengalami perubahan fungsi lahan akibat adanya pemindahan aktivitas pendidikan tinggi di wilayah tersebut. Sebelumnya, dua kecamatan ini merupakan kawasan yang didominasi dengan perkebunan karet dan persawahan serta penduduk yang mayoritas bekerja di bidang pertanian. Identifikasi Perubahan Penggunaan Lahan di Kawasan Pendidikan Tinggi Studi Kasus di Kecamatan Dramaga dan Kecamatan Jatinangor ini untuk melihat perubahan penggunaan lahan tahun 2007, 2012 dan 2016, serta mengetahui pendapat masyarakat sekitar kawasan studi. Perubahan yang sangat jelas terjadi di Kawasan Pendidikan Jatinangor dengan perubahan penggunaan lahan terbangun meningkat sebesar 158.9%. Sedangkan kawasan pendidikan tinggi Dramaga juga mengalami peningkatan perubahan penggunaan lahan lebih rendah dibandingkan kawasan pendidikan Jatinangor sebesar 23 % pada tahun 2007-2016. Penduduk asli yang merupakan petani di kawasan pendidikan tinggi Dramaga diuntungkan dengan keterpihakan pendidikan tinggi yang mendukung untuk meningkatkan pertanian kawasan. Ada beberapa desa yang khusus dijadikan sebagai lahan pertanian sehingga tidak ada pembangunan yang terjadi di kawasan tersebut. Berbeda dengan kawasan pendidikan tinggi Jatinangor yang tidak terlalu diperhatikan sehingga banyak penduduk asli yang memilih meninggalkan kawasan tersebut untuk mencari pekerjaan lain.


Keywords


Perubahan, lahan, kawasan, pendidikan

References


Al-Quran Surat Al-Mujadalah ayat 11

Al-Quran Surat Asy-syu’ara 146-152

Agustina, Ina. 2010. Kajian Tentang Konsep Keberlanjutan Pada Beberapa Kota Baru dan Permukiman Berskala Besar .Jurnal. 2010. Bandung: Jurnal PWK UNISBA.

Ardi, Robbinov, D., dan Ina Helena. Kajian Alih Fungsi Lahan Pertanian terhadap Swasembada Beras di Kabupaten Bekasi. Jurnal, Volume 2, Nomor 1.2016.Bandung: Jurnal PWK UNISBA.

Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. 2016. Kecamatan Dramaga Dalam Angka 2016. Bogor : BPS.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumedang. 2016. Kecamatan Jatinangor Dalam Angka 2016. Sumedang : BPS.

Chromicco , Handrio.2013. Dampak Keberadaan Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga Terhadap Perubahan Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Sekitarnya. Jurnal.2013.Bogor:Universitas Pakuan.

Masykuroh, D.K., dan Iwan Rudiarto.2016. Kajian Perubahan Penggunaan Lahan dan Harga Lahan di Wilayah Sekitar Pintu Tol Ungaran. Jurnal Tata Loka. 2016. Semarang: Biro Penerbit Planologi UNDIP.

Merhendriyanto, Beta. 2003. Pengaruh Kampus Perguruan Tinggi Terhadap Perkembangan Kawasan Sekitarnya Di Kota Semarang. [Tesis Magister], Semarang : Program Pasca Sarjana Magister Teknik Pembangunan Kota. Universitas Diponegoro.

Nasir, M. 1988. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rachmat Triadi, Arif. 2012. Dampak Keberadaan Kampus Universitas Pakuan Terhadap Perubahan Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Sekitarnya. [Tugas Akhir], Bogor : Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.Universitas Pakuan.

Rahman, M.B. 2016. Karakteristik Pola Penghasilan Penyedia Barang dan Jasa di Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor. Jurnal Tata Loka. 2016. Semarang: Biro Penerbit Planologi UNDIP.

Sundaya, Yuhka, dan Ina Helena.2015. Kajian Struktur Ekonomi Kabupaten Bekasi. Jurnal.2015.Bandung: Jurnal UNISBA.

Suryabrata, S. 1995. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.

Wahyuni, Novianti. 2002. Pengaruh Keberadaan Perguruan Tinggi Terhadap Perkembangan Struktur Dan Bentuk Kawasan Pinggiran, Studi Kasus : Kawasan Sekaran. [Tesis Magister]. Semarang : Program Pasca Sarjana Magister Teknik Pembangunan Kota. Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.6926

Flag Counter   Â