Identifikasi Permasalahan Tempat Pemakaman Umum di Kota Bandar Lampung

Muliarta Diputra, Emady Syaodih

Abstract


Tempat Pemakaman Umum (TPU) adalah areal tanah yang disediakan untuk keperluan pemakaman jenazah bagi setiap orang tanpa membedakan agama dan golongan, yang pengelolaannya dilakukan oleh Pemerintah Daerah Tingkat II atau Pemerintah Desa. Tempat Pemakaman umum memiliki fungsi lain sebagai RTH, daerah resapan air dan paru-paru kota. Pelayanan pemakaman meliputi pelayanan penyediaan tanah makam dan pelayanan pengangkutan mayat. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara menyeluruh mengenai kondisi dan sebaran eksisting, jangkauan pelayanan, daya tampung, perkiraan kebutuhan, serta masalah yang ada pada seluruh TPU di Kota Bandar Lampung, sehingga dapat menjadi rekomendasi bagi Pemerintah Kota Bandar Lampung, masyarakat maupun swasta dalam upaya meningkatkan pelayanan dan pengelolaan TPU berdasarkan prinsip tata ruang Kota dan Peraturan Pemerintah yang menaunginya. Metode analisis pada studi ini adalah Metode Kuantitatif dan Metode Kualitatif Deskriptif, analisis berdasarkan identifikasi,kondisi dan sebaran eksisting TPU, yang terdiri dari analisis permasalahan kondisi dan sebaran TPU yang dikelola Pemerintah Kota Bandar Lampung berdasarkan Peraturan Pemerintah, analisis permasalahan kondisi dan sebaran seluruh TPU per-BWK, analisis jangkauan pelayanan TPU, analisis daya tampung TPU, analisis kebutuhan ruang TPU dalam 20 tahun kedepan dan analisis upaya meningkatkan pengelolaan dan pelayanan TPU di Kota Bandar Lampung. Hasil dari studi ini adalah kondisi dan sebaran eksisting penyediaan Tempat Pemakaman Umum di Kota Bandar Lampung, permasalahan Tempat Pemakaman Umum di Kota Bandar Lampung, perkiraan kebutuhan ruang Tempat Pemakaman Umum di Kota Bandar Lampung dalam 20 tahun kedepan dan rekomendasi yang dapat menjadi data pendukung bagi Pemerintah Kota Bandar Lampung, masyarakat dan swasta untuk mengatasi permasalahan Tempat Pemakaman Umum di Kota Bandar Lampung dalam upaya meningkatan pengelolaan dan pelayanan Tempat Pemakaman Umum di Kota Bandar Lampung.

Keywords


identifikasi, pemakaman, permasalahan

References


Departemen Pekerjaan Umum. 2006. RTH Sebagai Unsur Utama Tata Ruang Kota. Jakarta Selatan: Direktorat Jenderal Penataan Ruang.

Dunn, William N. 2002. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Hanindita.

Hutauruk, Tona. 2003. Prinsip-Prinsip Penataan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang Dapat Digunakan Sebagai Ruang Terbuka Hijau di DKI Jakarta. Tugas Akhir Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Mulyana, Asep Rahmat. 1994. Kriteria Penyediaan Lahan Pemakaman Umum Di Daerah Perkotaan Berdasarkan Ukuran Kota. Tugas Akhir Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung. 2011. Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 5 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung. 2011. Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 10 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandar Lampung.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan.

Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1987 tentang Penyediaan dan Penggunaan Tanah untuk Keperluan Tempat Pemakaman.

Perwali Nomor 76 tahun 1992 Tentang Penyediaan Tanah dan Pemakaman Bagi Pembangunan Perumahan di Kota Bandar Lampung.

Sadyohutomo, Mulyono. 2008. Manajemen Kota dan Wilayah. Bandung.

Satori, Djam’an. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yunus, Hadi Sabari. 1999. Struktur Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.6698

Flag Counter   Â