Kajian Evaluasi Keberadaan Lokasi Supermarket di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung

Andini Dwilignita

Abstract


Abstract. This event will be based on research by the development of supermarkets in the city of Bandung which is not in accordance with local regulations of Bandung city no. 2 in 2009 about the arrangement of traditional markets and modern stores. Where mentioned in the distance the minimal supermarket 1.5 km away from traditional markets. This research study area located in Kecamatan Sukajadi where existing supermarkets from 63 in Bandung city 6 (six) of them are in Sub Sukajadi. The purpose of this study is to evaluate the location of supermarket based on local regulations so that the existence of a grocery store in accordance with local regulations and do not turn off the small businesses around it. This research method using bottom-up planning approach (approach from the bottom up/from the aspirations and expectations of communities) and top-down planning (policy/regulatory approach). Methods of data collection on these studies i.e. with interviews, questionnaire and survey agencies. Methods of analysis used in this study i.e. the cluster analysis and analysis of cross tabs. Results of the research there are supermarkets divide into two groups, the supermarket group in accordance with the criteria applicable local and supermarket group which has not been in accordance with the criteria of the regulatory area. The study also looked at the behavior of the community in choosing where to shop. Conclusion this study is from 6 supermarkets located in the subdistrict of the Sukajadi only three supermarkets belonging to the Group of supermarkets that comply with the criteria of the regulatory area.


Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan supermarket di Kota Bandung yang tidak sesuai dengan Peraturan daerah Kota Bandung No 2 tahun 2009 tentang penataan pasar tradisional dan toko modern. Dimana disebutkan dalam perda tersebut jarak supermarket minimal 1,5 km dari pasar tradisional. Wilayah studi penelitian ini berada pada Kecamatan Sukajadi dimana dari 63 supermarket yang ada di Kota Bandung 6 (enam) diantaranya berada di Kecamatan Sukajadi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi lokasi supermaket berdasarkan peraturan daerah agar keberadaan supermarket sesuai dengan peraturan daerah dan tidak mematikan usaha kecil disekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan bottom up planning (pendekatan dari bawah ke atas/ dari aspirasi dan harapan masyarakat) dan top down planning (pendekatan kebijakan/peraturan). Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, kuesioner dan survai instansi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis cluster dan analisis cross tab. Hasil penelitian ini membagi supermarket yang ada menjadi dua kelompok, kelompok supermarket yang sesuai dengan kriteria peraturan daerah dan kelompok supermarket yang belum sesuai dengan kriteria peraturan daerah. Penelitian ini juga melihat perilaku masyarakat dalam memilih tempat berbelanja. Kesimpulan penelitian ini yaitu dari 6 supermarket yang terdapat di Kecamatan Sukajadi hanya tiga supermarket yang masuk kedalam kelompok supermarket yang sesuai dengan kriteria peraturan daerah.


Keywords


Pasar Tradisional, Supermarket, Peraturan Daerah

References


Dunn, Wiliam N., Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Yogyakarta, Gajah Mada University Press.2003

Golany, Gideon. 1976. Social Planning, New Town Planning: Principle and Practice, New York: John Willey and Son.

Nugroho D,Riant. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Jakarta : PT. Gramedia, 2003

Sadyohutomo. M (2008). Managemen Kota dan Wilayah. Bandung: Bumi Aksara. 179 halaman

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2008

Soeprapto.2000.Evaluasi Kebijakan. Rineka Cipta. Jakarta.2000.

Winarno, Budi. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Jakarta: PT Buku Kita. 2008.

Pasar Tradisional : Ruang Untuk Masyarakat Tradisional yang Semakin Terpinggirkan. Oleh : Ir. H. Maman Djumantri, MSi. Agustus 2010

Peraturan Daerah Kota Bandung No. 02 Tahun 2009

Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan

Ashari, Muttaqien. 1997. Identifikasi Karakteristik Permintaan dan Penyediaan Kegiatan Perdagangan. Thesis. Bandung: Jurusan Teknik Planologi ITB.

Rivai, A. 1991. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan serta Penghasilan

Penduduk Terhadap Pemanfaatan Fasilitas Pendidikan.Tugas Akhir. Bandung: Jurusan Teknik Planologi ITB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.6223

Flag Counter   Â