Kajian Kinerja Pelayanan Angkutan Perkotaan Kabupaten Purwakarta Studi Kasus : Rute Angkot 01 Simpang-Sadang PP

Aura Aulia Rahmah, Dadan Mukhsin

Abstract


Abstact. Study PERFORMANCE Services Urban Transportation Studies CASE Taxi Route 01 Simpang-Sadang PP departing Of asusmsi outset that Services Public Transport in Purwakarta memilihi issue of Traffic in Downtown Purwakarta sbagai Due to the high intensity of the activities of Trade and Services, as well as transportation to the region, the road Along primary artery has Grows activities-activities recently affecting the movement of IN these roads, plus WITH Heightened Traffic Yang through these roads has lead to volume area Vehicle exceed road capacity, and based on local regulation No. 11 of 2012 CONCERNING Spatial Planning District VCR Purwakarta in Purwakarta City Center reached 0.85 that means the congestion rate at Center City High, prayers One cause of the VCR reaches 0.85 because the resulting volume Personal Vehicle the increasingly, NO User Discipline road vehicle driving hearts causing Traffic congestion especially in the hearts of Purwakarta. In addition ITU Also, shuttles Sales manager less adequate to cause less desirable by society. Efforts to Overcome hearts Traffic congestion is WITH BECAUSE using Urban transport can be minimize congestion Also Urban transport can be transported Term Yang MORE Many passengers. The analytical method which was used to review the measure Kineja Services Urban Transportation in Purwakarta WITH Studies CASE Taxi Route 01 Simpang-Sadang PP analysis frequency (proportion) and analysis bedasarkan aspect of effectiveness and efficiency to the review know ASSESSMENT 'society Regarding the performance of public transportation 01 And knowing how Effective and the process is efficient public transportation service boarding costs 01 Simpang- Sadang PP. Research shows that public transportation services 01 yet fully effective and efficient process, which, given the performance is shown to the user is still bad.

 

Abstrak. Kajian Kinerja Pelayanan Angkutan Perkotaan Studi Kasus Rute Angkot 01 Simpang-Sadang PP berangkat dari asusmsi awal bahwa pelayanan transportasi umum di Kabupaten Purwakata memilihi persoalan lalu lintas di pusat Kota Purwakarta sbagai akibat tingginya intensitas kegiatan perdagangan dan jasa, serta transportasi pada wilayah tersebut, sepanjang jalan arteri primer telah tumbuh kegiatan-kegiatan baru yang mempengaruhi pergerakan pada ruas jalan tersebut, ditambah dengan semakin tingginya lalu lintas regional yang melalui ruas jalan tersebut telah menimbulkan volume kendaraan melebihi kapasitas jalan, dan berdasarkan Peraturan Daerah No. 11 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Purwakarta  VCR di Pusat Kota Purwakarta mencapai 0,85 yang artinya tingkat kemacetan di Pusat Kota tinggi, salah satu penyebab VCR mencapai 0,85 karna diakibatkan volume kendaraan pribadi yang semakin bertambah, tidak disiplin pemakai jalan dalam mengendarai kendaraan sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas terutama di dalam Kota Purwakarta. Selain itu juga, angkutan umum kurang memadai menyebabkan kurang diminati oleh masyarakat. Upaya dalam mengatasi kemacetan lalu lintas adalah dengan menggunakan angkutan perkotaan karena dapat meminimalisir terjadinya kemacetan juga angkutan perkotaan dapat mengangkut jumlah penumpang yang lebih banyak. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur Kineja Pelayanan Angkutan Perkotaan di Kabupaten Purwakarta dengan studi kasus Rute Angkot 01 Simpang-Sadang PP analisis frekuensi (proporsi) dan analisis bedasarkan segi efektivitas dan efisiensi untuk mengetahui penilaian masyarakat mengenai pelayanan angkot 01 dan mengetahui seberapa efektif dan efisien kinerja pelayanan angkot 01 Simpang- Sadang PP. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelayanan angkot 01 belum sepenuhnya efektif dan efisien, pelayanan yang diberikan kepada pengguna masih buruk.


Keywords


Performance, Effective and Efficient

References


Tamin, Ofyar Z. 2008. Perencanaan Transportasi, Modeling, dan Rekayasa: Teori, Problem, and Application. Bandung: Penerbit ITB Press.

Morlok, E.K, (1985), Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta. Hal 45

Khisty, C.J & Lall, B.K. 1998. Transportation Engineering and Introduction. New Jersey; Prentice Hill Inc.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitiatif dan Kombinasi. Bandung : Alfabeta. Hal 18

Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Kabupaten Purwakarta

Keputusan Bupati Purwakarta No. 551/Kep.935-Dishub/2006 tentang Jaringan Trayek Angkutan Kota dan Angkutan Perdesaan di Kabupaten Purwakarta

Siswoyo, M.P. 2008. Kebijakan dan Tantangan Pelayanan Angkutan Umum. Tesis Magister. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Poltak Situmeang. 2008. Analisa Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Antar Kota Studi Kasus Angkutan Umum Trayek Medan-Tarutung. Tugas Akhir. Bidang Studi Transportasi Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Medan.

Norman, H Nie. 1968. Statistical Package for Social Science (Version 17.0). IBM Corporation, USA (Computer Program)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.4012

Flag Counter   Â