Penentuan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Kota Prabumulih

Muhammad Rhendy Prabu Hidayat, Deden Mukhsin

Abstract


Abstract. The trash problem is a complex maalah that must be addressed, as the number and types of waste generated human higher and more varied. This situation is due to the high rate of population growth, especially in urban areas. To overcome the problem of urban solid waste in one important way to do is supply the landfill. Landfill merupaka one of the service structure berih and beautiful city, is also the location of landfill must meet all the technical requirements are adequate. In Prabumulih, currently there is only one landfill that serves the entire districts in Prabumulih. The existence of landfill currently has a problem that is already at the location near the city center and landfill tamping power is no longer sufficient so that its existence is no longer appropriate for waste management efforts. With the progress of Prabumulih growing rapidly, it is necessary to set up a new landfill site to accommodate the municipal solid waste in accordance with the development of space in the future in accordance with the technical rules.

 

Abstrak. Masalah sampah merupakan maalah yang kompleks yang harus ditangani, karena jumlah dan jenis sampah yang ditimbulkan manusia semakin tinggi dan semakin beraneka ragam. Keadaan ini disebabkan tingginya laju pertumbuhan penduduk terutama di daerah perkotaan. Untuk mengatasi masalah persampahan di perkotaan salah satu cara yang terpenting dilakukan adalah penyediaan TPA. TPA sampah merupaka salah satu dari struktur pelayanan kota yang berih dan indah, juga lokasi TPA sampah harus memenuhi seluruh persyaratan teknis yang memadai. Di Kota Prabumulih, saat ini hanya terdapat satu TPA sampah yang melayani seluruh kecamatan yang ada di Kota Prabumulih. Keberadaan TPA sampah saat ini memiliki persoalan yaitu lokasinya sudah di dekat pusat kota dan daya tamping lahan TPA sudah tidak memadai lagi sehingga keberadaannya sudah tidak cocok lagi bagi upaya pengelolaan sampah. Dengan perkembangan kemajuan Kota Prabumulih semakin pesat, maka dengan ini diperlukan penyiapan suatu lokasi TPA yang baru untuk menampung sampah kota yang sesuai dengan perkembangan ruang di masa yang akan datang sesuai dengan kaidah teknis.


Keywords


Determantion, Location, TPA

References


Badan Pusat Statistik Kota Prabumulih

Bapeda Kota Prabumulih

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Prabumulih

B. Skripsi

Moh. Jefry Raymond, 2000. Penentuan zona layak TPA sampah sebagai proses awal pemilihan lokasi TPA sampah dan potensi pengembangannya, tugas akhir program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung.

Supriadi, 1995. Konsep pengembangan TPA kota Tidore kepulauan, tugas akhir program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung.

Yayuk Tri Wahyuni, studi pengumpulan dan pengangkutan sampah di kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Program Diploma IV Teknik Sipil Bidang Studi Teknik Perancangan Lingkungan Permukiman Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 2011.

C. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah

Undang-undang RI NO 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

Penentuan Lokasi TPA dilakukan berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 19-3241-1994 yang membagi kriteria pemilihan lokasi TPA sampah.

Timbulan sampah berdasarkan klasifikasi kota sumber SK SNI S – 04 – 1993 - 03

D. Internet

www.kota Prabumulih..co.id

(http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-19550-3110040704-paperpdf.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.3848

Flag Counter   Â