Inovasi Pengembangan Aplikasi Pariwisata Kabupaten Majalengka
Abstract
Abstract. This research is entitled "Innovation of Majalengka Regency Tourism Application Development". This study aims to create tourism innovations by building applications that provide information on tourist objects in Majalengka Regency and their systems, and build an android application-based tourism information system. The approach in this study uses the Waterfall method. Data collection techniques are carried out by primary and secondary methods. Primary data collection is done by conducting observations, interviews, questionnaires and documentation. As for secondary data by conducting literature studies and agency data. The results of this study are the researchers succeeded in making tourism innovations by building applications that provide information on tourist attractions in Majalengka Regency and their systems, and an android application-based tourism information system in Majalengka Regency was successfully built. The application's contribution to the community is that the community increases their knowledge regarding tourism objects in Majalengka Regency, the community has no difficulty in getting information on increasing tourist objects, the importance of promotion to introduce tourist objects. This application has an attractive appearance, is easy to use, its features work well, the application is run quickly, and makes it easier for the public to get information about tourist objects.
Keywords: Tourism Applications, Application Innovations, Majalengka Regency Tourism Applications.
Abstrak. Penelitian ini berjudul “Inovasi Pengembangan Aplikasi Pariwisata Kabupaten Majalengkaâ€. Penelitian ini bertujuan membuat inovasi pariwisata dengan membangun aplikasi yang menyediakan informasi objek wisata yang terdapat di Kabupaten Majalengka beserta sistemnya, dan membangun sistem informasi pariwisata berbasis aplikasi android. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk data sekunder dengan melakukan studi pustaka dan data instansi. Hasil dari penelitian ini yakni peneliti berhasil membuat inovasi pariwisata dengan membangun aplikasi yang menyediakan informasi objek wisata yang terdapat di Kabupaten Majalengka beserta sistemnya, dan sistem informasi pariwisata berbasis aplikasi android di Kabupaten Majalengka berhasil dibangun. Kontribusi aplikasi terhadap masyarakat yakni masyarakat bertambah pengetahuanya terkait objek wisata di Kabupaten Majalengka, masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi objek wisata meningkat, pentingnya promosi untuk memperkenalkan objek wisata. Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik, mudah digunakan, fitur fiturnya berfungsi dengan baik, aplikasi cepat dijalankan, serta memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang Objek Wisata.
Kata Kunci: Aplikasi Pariwisata, Inovasi Aplikasi, Aplikasi Pariwisata Kabupaten Majalengka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten majalengka Tahun 2011-2021
Peraturan Bupati Tentang Rencana Induk Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Majalengka Tahun 20020-2024
Surat Edaran Mentri Komunikasi dan Informatika Revublik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Penyediaan Layanan Aplikasi Dan/atau Konten Melalui Internet
Abdulghani, T., Jaelani, L., & Ikhsan, M. (2017). Pembuatan Sistem Informasi Tour & Travel Berbasis Website (Study kasus Marissa holiday Cianjur). Media journal Informatika, 9(1), 99-108.
Aldelya, M. P. (2016). Perancangan Aplikasi Android Pariwisata Raun Minangkabau. Padang: Universitas Negeri Padang.
Anggaeni, E. Y., Octafianto, & Sasmito, A. (2018). Perancangan Aplikasi E-Tourism Berbasis Website Sebagai Pariwisata Kabupaten Pringsewu. Jurnal Cendikia, 15, 6-11.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.
Delita, F., Elfayetti, & Sidauruk, T. (2012). Analisis Swot Untuk Strategi Pengembangan Objek Wisata Pemandian Mual Mata Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Geografi, 9(1), 41-52.
Dzikri, A., & Ramadani, T. (2018). Batam Tourism Application Based on Android Mobile. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 2(1), 23-26.
FRETES, R., Santoso, P., Soenoko, R., & Astuti, M. (2013). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Industri Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Jurnal Rekayasa Mesin, 4(2), 109-118.
Guntoro. (2018). Android Studio Mastery“ Panduan Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula dalam 9 Hari". Lebak: Badoy Studio.
Hanum, F., Suganda, D., Muljana, B., Endyana, C., & Rachmat, H. (2020). Konsep Smart Tourism sebagai Implementasi Digitalisasi di Bidang Pariwisata. Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 14-17.
Hartanto, K., Andjarwirawan, J., & Setiawan, A. (n.d.). Pembuatan Aplikasi Mobile Tourism Guide Kota Malang dan Kota Batu Berbasis Android. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
HM, R. (2015). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara. Jurnal Galung Tropika, 4(1), 60-67.
Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted - Global Possition System (A-GPS). Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1, 1-8.
Kartikasari, P. R. (2019). Perencanaan Desa Wisata Berbasis Masyarakat Di Desa Argamukti Kabupaten Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kristiana, I., & Kurniawan, C. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Travel Booking Berbasis Android Pada Transwisata Travelindo Tour And Travel Malang . Malang: Sekolah Tinggi Teknik Malang.
Kristina, I. Y., & Kurniawan, C. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Travel Booking Berbasis Android Pada Transwisata Travelindo Tour And Travel Malang. Malang: Sekolah Tinggi Teknik Malang.
Kurniawan, A. P., Octaviany, V., & Putri, D. R. (2020). Android Mobile Application for Promotion of Pangandaran Leading Tourism in Augmented Reality Technology. International Journal of Applied Information Technology, 4(1), 10-16.
Muslih, D. A., Kridalukmana, R., & Martono, K. T. (2017). Perancangan Aplikasi Panduan Pariwisata Kota Tasikmalaya Pada Perangkat Bergerak Berbasis Aplikasi Android. Semarang: Universitas Diponegoro.
Natsir, M. (2019). Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Tourism Pada DKI Jakarta Berbasis Android. Jurnal Petir, 12(1), 18-26.
Pariwisata, Konsep Smart Tourism Sebagai Implementasi Digitasi Di Bidang; Hanum, Fauziah; Suganda, Dadang; Muljana, Budi; Endyana, Cipta; Rachmat, Heryadi;. (2020). TORNARE - Journal of Sustainable Tourism Research, 3, 14-17.
Ramadhian, N. (2020, 8 6). Kasus Covid-19 Melonjak, Majalengka Tutup 186 Tempat Wisata. (A. W. Prasetya, Editor) Retrieved 11 13, 2020, from Kompas.com: https://travel.kompas.com/read/2020/08/06/100300327/kasus-covid-19-melonjak-majalengka-tutup-186-tempat-wisata
Rizal, M., & Latifah, F. (2017). Perancangan Aplikasi Lokasi Wisata Kota Jakarta Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis Android. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, 13(2), 227-232.
Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desaain Istem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. :Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6-12.
Setiawan, I. B. (2015). Identifikasi Potensi WisataBeserta 4A(Attraction,Amenity,Accesibility,AncilliaryI di Dusun Sumber Wangi, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Buleleng: Universitas Udayana.
Situmorang, S. H. (2008). Sestination Brand: Membangun Keunggulan Bersaing Daerah. Wahana Hijau, 4(2), 79-86.
Sugiarto, E. (2016). Analisis Emosional, Kebujakan Pembrelian dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonansi Koknitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada UD. Dika Jaya Motor Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1(1), 34-37.
Sutrisno, D. C. (2013). Pengaruh Objek Wisata, Jumlah Hotel,dan PDRB Terhadap Retribusi Pariwisata Kabupaten / Kota Di Jawa Tengah. Economics Development Analysis Journal, 2(4), 325-445.
Ulfah, N. M., Perbawasari, S., & Prastowo, F. A. (2019). Destination Branding Kabupaten Majalengka Oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka. PROMEDIA, 25-54.
Wahyudi, S. (2019). Teori Inovasi Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Valuta, 05(02), 93-101.
Yulianti, E. (2020, Januari 22). Tahun 2019 sebanyak 720.000 Orang Kunjungi Tempat Wisata di Majalengka, 2018 sebanyak 580.000. Diambil kembali dari Tribun Jabar: https://jabar.tribunnews.com/2020/01/22/tahun-2019-sebanyak-720000-orang-kunjungi-tempat-wisata-di-majalengka-2018-sebanyak-580000
Zakiah, F. U. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pendapat Asli Daerah (PAD) Dalam Membangun Infrastruktur Kota Bandar Lampung DItinjau Berdasarkan Perspektif Ekonom Islam Periode 2010-2017. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Dinas Pariwisata dan kebudayaan. (2018, November 28). Daftar Tempat Objek Wisata Menurut Jenisnya Kabupaten Majalengka Tahun 2017. Retrieved from PEN Data Majalengka: http://data.majalengkakab.go.id/dataset/daftar-tempat-objek-wisata menurut-jenisnya-kabupaten-majalengka-tahun 2017/resource/zsAOSIcS7Kd40rzl240k74p9SxVl1D4Xh1j. Diakses pada tanggal 13 November 2020
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.30255
  Â