Strategi Pengembangan Pariwisata Menggunakan Media Sosial di Jelekong Kabupaten Bandung

Geraldy Sulistyo, Irland Fardani

Abstract


Abstract. Tourism is a travel activity carried out by an individual or group for a while from the original place of residence to the destination area for reasons not to settle or earn a living but only to fulfill curiosity, spend leisure time or holidays and other purposes. The tourism sector in Indonesia is the second highest foreign exchange earner under the oil and gas sector and is expected to continue to increase in the next few years. Bandung regency is located in the province of West Java, which is one of the districts that has various kinds of tourism diversity in it such as: natural tourism, artificial tourism, and cultural arts tourism. One area that has a unique characteristic of socio-cultural life patterns in Bandung Regency is Jelekong Village. This study uses a qualitative research methodology using Key Performance Indicator analysis and SOAR analysis. This analysis is used to generate appropriate strategy outputs for further development related to tourism development using social media. The results of the analysis of key performance indicators show that the lack of development of Ubukong social media is a problem so that Ubukong does not become the main tourism destination for tourists, the existence of a development strategy with social media creates strategies and programs so that Ubukong tourism activities continue to run.

Keywords: Tourism, Promotion, Jelekong, SOAR, Key Performance Indicators

Abstrak. Pariwisata merupakan aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok untuk semntara waktu dari tempat tinggal semula ke daerah tujuan dengan alasan bukan untuk menetap atau mencari nafkah melainkan hanya untuk memenuhi rasa ingin tahu, menghabiskan waktu senggang atau libur serta tujuan-tujuan lainnya. Sektor pariwisata di Indonesia merupakan penyumbang devisa tertinggi kedua dibawah dari sektor migas dan diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa tahun kedepan. kabupaten Bandung berada di provinsi jawa barat merupakan salah satu kabupaten yang memiliki berbagai macam keanekaragaman pariwisata didalamnya seperti : wisata alam, wisata buatan, dan wisata seni budaya. Salah satu daerah yang memiliki karakteristik pola kehidupan sosial budaya yang unik di Kabupaten Bandung adalah Kelurahan Jelekong. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis Key Performance Indikator dan analisis SOAR. Analisis ini digunakan untuk menghasilkan output strategi yang sesuai untuk pengembangan lebih lanjut terkait pengembangan pariwisata menggunakan media sosial. hasil analisis key performance indicators menunjukan bahwa kurang berkembangnya media sosial jelekong menjadi permasalahan sehingga jelekong tidak menjadi destinasi pariwisata utama bagi wisatawan, adanya strategi pengembangan dengan media sosial memunculkan strategi dan program agar kegiatan pariwisata jelekong tetap berjalan.

Kata Kunci: Pariwisata, Promosi, Jelekong, SOAR, Key Performance Indicators


Keywords


Pariwisata, Promosi, Jelekong, SOAR, Key Performance Indicators

Full Text:

PDF

References


Amalia Elly. 2019. Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Followers (Survei Pada Followers Akun Instagram @Batuflowergarden.Cobanrais)

Bongkosh, suphaporn. 2015. Applying a mixed method of quantitative and qualitative design in explaining the travel motivation of film tourists in visiting a film-shooting destination.

E Thirayuningtyas, W Wulandari, Yandriani, Sarasvati. 2018. Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pariwisata Bagi Generasi Z Di Kabupaten Garut

Insani Nurul, Ramadhan Fauzi, Kusuma Putri. 2019. Studi Kesesuaian Dan Strategi Pengelolaan Ekowisata Pantai Ungapan, Kabupaten Malang Untuk Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan.

Larasati Yashita. 2017. Pengaruh Objek Wisata, Usaha Perjalanan Wisata, Dan Rumah Makan Terhadap Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 1996-2015.

Michelle Mangan. 2019. The Impact Social Media On Tourism

Sakinah Adinda, Edriana Pangestuti. 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram @Exploremalang Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Suatu Destinasi (Survei Padafollowers @Exploremalang)

United Nations Groupof Expertson Geographical Names. 2019. Tourist Geovisualitazion Analysis Utilizing Istagram Data in Central java Province And Special Regian Of Yogyakarta (2019)

R Muhammad Adhitya, Weishaguna (2021). Kajian Livable Street pada Jalur Pedestrian di Kawasan Pecinaan Lama Kota Bandung . Jurnal Riset Perencanaan Wilayah dan Kota. 1(1). 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.29728

Flag Counter   Â