Strategi Meningkatkan Nilai Daya Saing Sektor Pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Ciwidey

Mochamad Reyhan Fernanda Syihab, Astri Mutia Ekasari

Abstract


Abstract. The Ciwidey National Tourism Strategic Area is part of the Bandung Regency area which has abundant resources and biodiversity. The determination of the KSPN Ciwidey as the study location was based on considerations according to the National Tourism Development Master Plan policy no. 50 of 2011 that Ciwidey is part of the KSPN or the National Tourism Strategic Area as seen in the attachment to PP. No. 50 of 2011. The research objective is to determine the value of tourism competitiveness and formulate a tourism strategy in KSPN Ciwidey. The research method used is the deductive verification method. The analytical methods used are competitiveness monitor analysis, tourism index analysis, composite index analysis, competitiveness index analysis and SWOT analysis. The results of this study determine the value of the tourism competitiveness variable on the increase in competitiveness in KSPN Ciwidey according to the competitiveness monitor indicator. The results of the analysis show a very good / good competitiveness value according to the 8 competitiveness monitor variables, as well as formulating strategies in increasing the value of tourism competitiveness in KSPN Ciwidey.
Keywords: Competitiveness, Strategy, KSPN, Tourism

Abstrak. Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Ciwidey merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Bandung yang memiliki sumber daya dan keanekaragam hayati yang melimpah. Penetapan KSPN Ciwidey sebagai lokasi studi dilihat atas dasar pertimbangan menurut kebijakan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional no. 50 tahun 2011 bahwa Ciwidey merupakan bagian dari KSPN atau Kawasan Strategis Pariwisata Nasional dilihat berdasarkan lampiran PP. No. 50 Tahun 2011. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai daya saing pariwisata dan merumuskan strategi pariwisata di KSPN Ciwidey.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deduktif verifikatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis competitiveness monitor, analisis indeks pariwisata, analisis indeks komposit, analisis indeks daya saing dan analisis SWOT. Hasil dari studi tersebut mengetahui nilai variabel daya saing pariwisata terhadap peningkatan daya saing di KSPN Ciwidey menurut indikator competitiveness monitor. Hasil Analisis menunjukan nilai daya saing yang sangat baik/baik menurut 8 variabel competitiveness monitor, serta merumuskan strategi untuk meningkatkan nilai daya saing pariwisata di KSPN Ciwidey.
Kata kunci: Daya Saing, Strategi, KSPN, Pariwisata

Keywords


Daya Saing, Strategi, KSPN, Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Agi Syarif Hidayat, K. M. (2019, Juni). Meningkatkan Daya Saing UMKM Kicimpring Melalui Program "Melek UMKM", 8, 25-32.

Teti Sofia Yanti, O. R. (2013, November). Menentukan Analisis Industri Unggulan di kota Bandung Menggunakan Indeks Komposit, 13, 73-79.

Rina Trisnawati, W. E. (2008). Analisis Daya Saing Industri Pariwisata Untuk Meningkatkan Ekonomi Daerah: (Kajian Perbandingan Daya Saing Pariwisata antara Surakarta dengan Yogyakarta), 23-15.

Ebru, G. K. (2016). Competitiveness factors of a tourism destination and impact on residents quality of life: The case of Cittaslow Seferihisar, 545-547.

Pajaitan, V. (2016). Analisis Daya Saing Industri Pariwisata di Kabupaten Samosir, 40-67.

Craigwell, R. (2007, April). Daya Saing Pariwisatadi Negara Berkembang Pulau Kecil, 10-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v7i1.26469

Flag Counter   Â