TRANSFORMASI PERMUKIMAN KUMUH KREATIF DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS: KAMPUNG WISATA AKUSTIK DI CICADAS, KAMPUNG KREATIF PASUNDAN, DAN KAMPUNG TAMAN HEWAN)

Dita Puspa Dewanda, Ernawati Hendrakusumah

Abstract


Bandung dipilih sebagai proyek percontohan Kota Kreatif se-Asia Timur. Salah satu bentuk ruang kreatif yang mulai dikembangkan di Kota Bandung saat ini adalah kampung kreatif. Kampung kreatif yang dikembangkan merupakan kampung dengan karakteristik kampung padat penduduk. Teori yang digunakan adalah The Cycle of Urban Creativity. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Dari hasil penelitian Transformasi Permukiman Kumuh Kreatif di Kota Bandung, terdapat beberapa faktor yang dapat di perhatikan dalam Pembentukan Kampung Kreatif yang dapat diterapkan pada wilayah lain sebagai berikut: Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kesiapan dari masyarakat kampung, Di butuhkan keterlibatan dari semua pihak seperti komunitas, para pemuda, masyarakat kampung, dan pemerintah baik dari tingkat RT, RW, Kecamatan, Kelurahan, maupun Pemerintah Kota, Diperlukan pendampingan oleh pihak Inisiator secara intensif dalam mengembangkan ide-ide kreatif sampai kampung-kampung tersebut siap untuk mengembangkan kampungnya sendiri dan Dana merupakan hal yang paling utama dalam pelaksanaan pengembangan kampung, maka di perlukan dana tetap sebagai sumber pemasukan bagi kegiatan kampung kreatif.

Keywords


TRANSFORMASI; PERMUKIMAN KUMUH; KOTA KREATIF; KAMPUNG KREATIF

References


Utami, Sekar. 2014. Proses Pembentukan Dan Pengembangan Kampung Kreatif (Studi Kasus : Kampung Kreatif Dago Pojok dan Cicukang, Kota Bandung). Tugas Akhir Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Institut Teknologi Bandung.

Fitriyana, Freska. 2012. Peran Komunitas Kreatif Dalam Pengembangan Kota (Studi Kasus: Identifikasi Kekuatan Kolaboratif Bandung Creative City Forum (BCCF). Tesis Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota. Institut Teknologi Bandung.

Manisyah, Miranti. 2009. Kota Kreatif (Creative City): Peneliurusan Terhadap Konsep Kota Kreatif Melalui Pengamatan Studi Kasus. Tugas Akhir Departemen Arsitektur. Universitas Indonesia.

Mubarak, Zaki. 2010. Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau Dari Proses Pengembangan Kapasitas Pada Kegiatan PNPM Mandiri Di Perkotaan Di Desa Satrodirjan Kabupaten Pekalongan. Tesis Program Pascasarjana Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.2268

Flag Counter