Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Pantai Batu Rakit di Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat

Ahmad Zulfajrin, Hilwati Hendarsah

Abstract


Abstract. In national development tourism activity is one of the potential contributors to national economic growth. According to Law No. 10 of 2009 concerning tourism, tourism is a variety of tourism activities supported by various facilities and services provided by the community, businessmen and local government. The West Bangka Regency Government has determined that Muntok District has tourism potential that is not too well known for other tourism, one of which is Batu Rakit Beach tourism which has not yet developed. This study intends to develop a strategy for developing tourist attraction areas capable of becoming a leading tourist area for West Bangka Regency and can increase regional income and improve the quality of the economy of the local community. The approach taken in this study was to identify potential and problems of facilities and infrastructure in the Batu Rakit Beach tourist area, identify visitor aspirations and preferences as well as Batu Rakit Beach tourism actors, improve infrastructure in the Batu Rakit Beach tourist area and formulate strategies for the development of facilities and infrastructure in the Batu Rakit Beach Tourism Area.

Keywords:       Development Strategy, Tourist Attraction, Batu Rakit Beach

 

Abstrak. Dalam pembangunan nasional aktivitas pariwisata merupakan salah satu potensi penyumbang pertumbuhan ekonomi nasional. Menurut Undang Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha dan pemerintah daerah. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat telah menetapkan bahwa Kecamatan Muntok memiliki potensi wisata yang belum terlalu terkenal dengan wisata lainnya salah satunya wisata Pantai Batu Rakit yang belum ada pengembangan. Studi ini bermaksud menyusun strategi pengembangan kawasan objek wisata mampu menjadi kawasan wisata unggulan bagi Kabupaten Bangka Barat serta dapat meningkatkan pendapatan daerah dan meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat setempat. Pendekatan yang dilakukan dalam studi ini adalah melakukan identifikasi potensi dan masalah sarana dan prasarana yang ada di kawasan wisata Pantai Batu Rakit, mengidentifikasi aspirasi dan preferensi pengunjung serta pelaku wisata Pantai Batu Rakit, meningkatkan sarana prasarana di kawasan wisata Pantai Batu Rakit serta merumuskan strategi untuk pengembangan sarana dan prasarana di Kawasan Wisata Pantai Batu Rakit.

Kata kunci: Strategi Pengembangan, Objek Wisata, Pantai Batu Rakit


Keywords


Strategi Pengembangan, Objek Wisata, Pantai Batu Rakit

Full Text:

PDF

References


Fandeli, Chafid. 2002. Perencanaan Kepariwisataan Alam. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Gunawan Mira P. dan Ina Herlina. 2000. Garis Besar Perencanaan Pengembangan dan Pemasaran Periwisata di Tingkat Lokal dan Wilayah. Pusat Penelitian Kepariwisataan Institur Teknologi Bandung. Bandung.

Gunn, Clare A. dan T. Var. 2002. Tourism Planning. Routledge. New york.

Morrison, Alastair M., E. Pramita Marsongko dan Dicky Arsyul Salam. (2017). Hanbook Pengantar Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Bandung

Inskeep, Edward. 1991. Tourism Planning; An Integrated and Sustainable Development Approach, Van Nostrna Reindhold. New York.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. P.T. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba. Empat

Suwardjoko, Warpani P. dan Warpani P. Indira. 2007. Pariwisata dalam Tata Ruang. ITB. Bandung.

Suwena. I Ketut. dan Ngurah Widyatama. I Gusti. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar.

Yoeti, Okka. A. 1994. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa. Bandung.

Yoeti, Okka. A. 1994. Pemasaran Pariwisata. Angkasa. Bandung.

Yoeti, Okka. A. 1994. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita, Jakarta.

Peraturan Daerah. 2014. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bangka Barat Tahun 2014-2034. Kabupaten Bangka Barat.

Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten (RIPPARKAB). Tahun 2016-2025. Kabupaten Bangka Barat

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.21653

Flag Counter   Â