Peremajaan Kawasan Permukiman Kumuh Kelurahan Cibaduyut Wetan Kota Bandung

Jihan Ghaida Mujahidah, Sri Hidayati Djoeffan

Abstract


Abstract. Slums are residential neighborhoods whose quality is very uninhabitable. This slum settlement problem also occurs in Cibaduyut Wetan Village, especially in RW 03 and 04. The existing conditions in the study area are in accordance with slum indicators, including high population density, low income communities, lack of basic services, inadequate housing and living conditions not healthy. The approach used is Urban Renewal which is often one of the efforts in making urban land more effective in urban land use. The approach was taken to overcome and anticipate the widespread negative impact on the development of the city. This research was conducted aiming to create and realize a concept of housing and settlement environment design in the form of decent, safe, comfortable, healthy and sustainable vertical housing in the Cibaduyut Wetan Village. And in this study area there is potential, namely as a creative economic zone, which means that infrastructure needs to be improved and developed. Using a variety of analyzes urban renewal analysis, space requirements analysis and building typology analysisspatial requirements will produce the concept and design of residential areas as a result of the Urban Renewal.

Keywords: Urban Renewal, Slum Settlements, Vertical Shelter.

 

Abstrak. Permukiman kumuh adalah lingkungan hunian yang kualitasnya sangat tidak layak huni. Permasalahan permukiman kumuh ini pun terjadi di Kelurahan Cibaduyut Wetan khususnya di RW 03 dan 04. Kondisi eksisting di kawasan studi ini sesuai dengan indikator kumuh, diantaranya kepadatan penduduk yang tinggi, masyarakat berpenghasilan rendah, kurangnya pelayanan dasar, rumah tidak layak huni dan kondisi hidup tidak sehat. Pendekatan yang digunakan adalah Peremajaan Kota atau Urban Renewal yang sering kali menjadi salah satu upaya dalam membuat lahan kota menjadi lebih efektifnya penggunaan lahan perkotaan. Pendekatan tersebut dilakukan untuk mengatasi dan mengantisipasi luasnya dampak negative pada perkembangan kota. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menciptakan dan mewujudkan suatu konsep perancangan lingkungan perumahan dan permukiman berupa hunian vertikal yang layak, aman, nyaman, sehat dan berkelanjutan di Kelurahan cibaduyut Wetan. Serta di dalam kawasan studi ini terdapat potensi yaitu sebagai kawasan ekonomi kreatif yang artinya infrastrukturnya perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Menggunakan berbagai analisis seperti analisis strategi peremajaan, analisis kebutuhan ruang dan analisis tipologi bangunan yang akan menghasilkan konsep dan perancangan kawasan permukiman hasil dari strategi peremajaan.

Kata Kunci: Peremajaan Kota, Permukiman Kumuh, Hunian Vertikal.


Keywords


Peremajaan Kota, Permukiman Kumuh, Hunian Vertikal.

Full Text:

PDF

References


Shirvani, H. 1985. The Urban Design Process. Van Nostrand Reinhold Company. New York.

Muta’ali, L. 2015. Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup Berbasis Jasa Ekosistem Sebagai Dasar Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhanudin, Hani. 2014. Handout Mata Kuliah: Prasarana Wilayah Desa dan Kota. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung. Bandung.

Chiara Joseph, 1997. Standar Perancangan Tapak. Erlangga. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum .2011. Panduan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH).

Ishartono dan Raharjo, Santoso. 2016. Sustainable Development Goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan. Dalam Social Work Jurnal Volume: 6 Nomor: 2 Halaman: 154 – 272. Universitas Padjajaran. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.21647

Flag Counter   Â