Kajian Prioritas Penanganan Penerapan Green Campus di Universitas Islam Bandung

Anissa Puspadina, Lely Syiddatul Akliyah

Abstract


Abstract. Islam introduces and instructs the principle of sterility which is identified as "purification" (thaharah) is cleansing. Environmental problems are a common problem that requires the synergy of all elements of society, including the academic community. As academics, the future thinking about environmental issues is highly anticipated by the community because of course good environmental quality will sustain a good life. One of the environmental concepts aimed at the College environment is Green campus. As a university labeled Islam like Unisba, it is only natural that hygiene in particular and environmental problems in general should be a model for the Unisba campus community. The purpose of this study is to identify factors that hinder the implementation of green campus and determine the priority of implementation that will be carried out to support the green campus in Unisba. The method used in this study is a quantitative method, which uses the process hierarchy analysis method (AHP). The output of this study was to determine the priority strategies for implementing a green campus in Unisba.

Keywords: Green Campus, Environment, Unisba

Abstrak. Islam memperkenalkan dan memerintahkan prinsip steril yang diidentikkan dengan “bersuci†(thaharah) adalah membersihkan. Masalah lingkungan adalah masalah bersama yang membutuhkan sinergi semua elemen masyarakat, termasuk didalamnya adalah civitas akademika. Sebagai kalangan akademisi, pemikiran kedepan tentang masalah lingkungan sangat dinanti oleh masyarakat karena tentunya kualitas lingkungan yang baik akan menopang kehidupan yang baik. Salah satu konsep lingkungan yang ditujukan untuk lingkungan Perguruan Tinggi adalah Green campus. Sebagai Perguruan Tinggi yang berlabelkan Islam seperti Unisba, wajar apabila kebersihan khususnya dan masalah lingkungan hidup pada umumnya harus menjadi tauladan bagi masyarakat kampus Unisba. Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi faktor yang menghambat penerapan green campus dan menentukan prioritas penerapan yang akan dilakukan untuk mendukung green campus di Unisba. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yang menggunakan metode analisis hirarki proses (AHP). Output dari penelitian ini untuk menentukan strategi prioritas penerapan green campus di Unisba.

Kata Kunci: Green Campus, Lingkungan, Unisba


Keywords


Lingkungan, Green Campus, Unisba

Full Text:

PDF

References


Modul Praktikum Metode Analisis Perencanaan (MAP). Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Sistem Ruang Tahun Akademik 2015/2016.

Modul Praktikum Analisis Sumber Daya Lingkungan. Laboraturium Energi dan Lingkungan Tahun Akademik 2017/2018.

Pratiwi. 2014. Strategi Penerapan Green Campus. Institut Teknologi Bandung.

Ashabul, Kahpi. 2015. Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Universitas Brawijaya

Pranggono, Bambang. 2015. Penerapan Green Campus Unisba Taman Sari. Universitas Islam Bandung

Yoon Jung Choi. 2016. “Proceedings of the World Congress on Civil, Structural, and Environmental Engineering (CSEE’16) Prague




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.21234

Flag Counter   Â