Arahan Pengembangan Agribisnis Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan

galuh octa landa putra, Ivan Chofyan

Abstract


Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pagaralam nomor 6 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2008-2013, visi Pemerintah Kota Pagaralam pada 2008-2013 adalah : “Pagaralam sebagai Kota Agribisnis dan Pariwisata bernuansa Islamiâ€.

Terdapat 3 visi yang akan dicapai oleh Kota Pagaralam, yakni Kota Agribisnis, Kota Pariwisata dan Kota yang bernuansa islami. Studi ini akan lebih fokus pada visi Kota Pagaralam sebagai Kota Agribisis.

Dan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pagaralam no 5 Tahun 2014 tentang RPJMD tahun 2013-2018, Visi Kota Pagaralam adalah “Pagaralam Secerah Alamâ€. Salah satu maksud dari Visi ini Ekonomi Kerakyatan yang Tangguh, tangguh dalam kegiatan Agribisnis.

Agribisnis adalah suatu kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai praproduksi, produksi, pengolahan hasil dan pemasaran, yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas.

Studi ini akan lebih mendalam membahas mengenai subsistem pengolahan, hal ini dikarenakan oleh kebiasaan petani kopi di Kota Pagaralam yang masih menjual kopi mentah atau kopi yang belum diolah sehingga para petani tidak mendapatkan keuntungan secara maksimal dari kegiatan ini, pengadaan industri pengolahan kopi perlu dikembangkan agar petani memperoleh peningkatan pendapatan dalam kegiatan ini.

Model analisis yang digunakan pada studi ini adalah perhitungan dengan angka-angka dan model deskriptif yang tujuannya mengeluarkan prioritas untuk arahan pengembangan agribisnis di   Kota Pagaralam. Adapun metode analisis yang digunakan dalam kegiatan studi ini sebagai berikut : Analisis penentuan jenis industri pengolahan apa yang akan dikembangkan, jumlah industri pengolahan yang akan dikembangkan, keuntungan yang akan diperoleh dengan dikembangkannya industri pengolahan, peluang lapangan kerja, kebutuhan sarana dan prasarana pendukung.

Memberikan rekomendasi berupa Arahan Pengembangan Agribisnis Kota Pagaralam, agar kedepannya kegiataan pertanian yang ada di Kota Pagaralam dapat menjadi lebih baik (maju dalam kegiatan pertanian dan kuat dalam kegiatan ekonomi pertaniannya).


Keywords


Agribisnis, Pagaralam, Sumatera Selatan

References


QS. Luqman : 10. 2013. Penerbit : Kementrian Agama RI Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.

Bungaran Saragih. 2010. Agribisnis Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Penerbit : Yudistira. Bogor

Bungaran Saragih. 2010. Refleksi Agribisnis. Penerbit : Yudistira. Bogor.

Muhammad Firdaus. 2013. Manajemen Agribisnis. Penerbit : Bumi Askarsa. Jakarta

Supardi Dh. Manajemen Produksi dan Operasi Agribisnis Hortikultura. Penerbit : Elex Media Komputindo. 2001

Arsyad. 2010. Agribisnis dan Aplikasinya. Penerbit : Yudistira. Jakarta

Pagaralam Dalam Angka Tahun 2014, 2013, dan 2012

Peraturan Daerah Kota Pagar Alam nomor 6 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2008-2013.

Peraturan Daerah Kota Pagar Alam nomor 5 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2013-2018

Undang – Undang Nomor 8 Tahun 2001 ( Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4115 ) sebelumnya Kota Pagar Alam termasuk Kota Administratif dalam lingkungan Kabupaten Lahat.

Pedoman Perencanaan Lingkungan Permukiman Kota, Ditjen Cipta Karya.

RTRW Kota Pagaralam Tahun 2012-2032.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.1536

Flag Counter   Â