KECENDERUNGAN PARA SISWA KELAS UNGGULAN SMA NEGERI 5 GARUT DALAM MENGGUNAKAN INTERNET

Yani Cahyani, Rita Gani

Abstract


Abstract: The emergence of internet in people's lives  has divided us into two categories: (1) digital immigrant,  and (2) digital native. High school students belong to digital native group. They deliver faster response toward digital media use, and as active users, understand technological developments more than the first group do. This research tries to describe digital media habit of students of SMA Negeri 5 Garut. As member of a special class dedicated for superior students, they were equipped with additional knowledge about internet function.It is found that these students shows tendency in internet use driven by cognitive needs. The most widely accessed content is high-frequent-social network. The perceived satisfaction of using the internet are attributed to personal and social relationships kind.

 

Key word: Students of High School, Tendency, Internet Use

Abstrak: Munculnya internet dalam kehidupan manusia telah membaginya menjadi dua kategori: (1) digital immigrant, dan (2) digital native. Siswa SMA termasuk ke dalam kelompok digital native. Mereka memberikan respon lebih cepat terhadap penggunaan digital media, dan sebagai pengguna aktif, memahami perkembangan teknologi lebih dari kelompok pertama lakukan. Penelitian ini mencoba untuk menggambarkan kebiasaan digital media para siswa SMA Negeri 5 Garut. Dengan anggota kelas khusus didedikasikan untuk siswa unggul, mereka dilengkapi dengan tambahan pengetahuan mengenai fungsi internet. Hal ini ditemukan bahwa siswa ini menunjukkan kecenderungan dalam penggunaan internet yang didorong oleh kebutuhan kognitif. Konten yang paling banyak diakses dengan frekuensi tinggi yaitu jejaring sosial. Kepuasan yang dirasakan dalam menggunakan internet yaitu yang berkaitan dengan jenis hubungan pribadi dan sosial.

 

Kata kunci: Siswa SMA, Kecenderungan, Penggunaan Internet


References


Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Cetakan ke-3. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cetakan ke-6. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lull, James. 1998. Media Komunikasi Kebudayaan Suatu Pendekatan Global. Edisi pertama. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Maryani, Anne dan Dadi Ahmadi. 2011. Komunikasi Virtual Teori dan Praktik. Bandung: Ihsan Press.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Cetakan ke-15. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Severin, Werner J. dan James W. Tankard. 2008. .Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Edisi Kelima. Cetakan ke-3. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumber Jurnal Ilmiah:

Fuady, M. E. 2005. “Cybercrime: Fenomena Kejahatan melalui Internet di Indonesia†dalam Jurnal MediaTor. Fikom Unisba. Volume 6, Nomor 2, Desember 2005 (hal 225-263).

Ratnasari, Anne. 2008. “Internet sebagai Media Penunjang Studi Mahasiswa†dalam Jurnal MIMBAR. Unisba. Volume XXIV, Nomor 1, Januari-Juni 2008 (hal 13- 27)

Sumber internet:

http://www.apjii.or.id/v2/upload/Laporan/Profil%20Internet%20Indonesia%202012%20%28INDONESIA%29.pdf Diunduh pada tanggal 10 Maret 2014 pukul 10.03 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.62

Flag Counter   Â