AKUN @DONDARBDG DALAM MEDIA SOSIAL TWITTER

Riza Pahessa, Yenni Yuniati

Abstract


ARTIKEL ILMIAH SARJANA FIKOM UNISBA

TANGGAL KELULUSAN 30 DESEMBER 2014

AKUN @DONDARBDG DALAM MEDIA SOSIAL “TWITTERâ€

1Riza Pahessa, 2Yenni Yuniati

1,2Program Studi Ilmu Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Jl. Tamansari No.1 Bandung 40116

 

e-mail: 1rizapahessa@gmail.com, 2yenniybs@gmail.com

 

ABSTRACT. In an era of modernization, social networking presence gives ease for the public to get information quickly, one of which is twitter. A twitter presence is welcomed by people around the world, including in Indonesia. Twitter is a micro blogging type has its own uniqueness, that the information providedis only supported with 140 characters. Twitter has also become a popular medium of information sharing community due to its ease and also the information which is to the point. The uniqueness that made @DonDarBDG decided to choose twitter as a medium of information dissemination. The purpose of this research is to know how the process of information disseminationis done by @DonDarBDG account starting from the information received, processed, and finally spread via twitter. The methods used in this study is a qualitative approach uses case studies withemphasis to the single case multi analysis. Methodes used in this research is observational, interview, and literature study. Conclusions on the research when information received by admin then it also will directinformation verified to ensure that the information obtained was indeed sorely needed, after all stages conducted then instantly informed via twitter. The information is also packed with interesting because in presenting account information @DonDarBDG always use the hashtag to make followers looking for information that you want.

 

Keywords: Twitter, Social Media, @DonDarBDG

ABSTRAK Pada era modernisasi, kehadiran jejaring sosial memberi pencerahan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi secara cepat, sala satunya twitter. Kehadiran twitter disambut baik oleh oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Twitter yang merupakan salah satu jenis micro blogging memiliki keunikan tersendiri yaitu informasi yang diberikan hanya didukung dengan 140 karakter huruf. Twitter juga menjadi media berbagi informasi yang digemari masyarakat karena kemudahan dan juga informasinya yang to the point. Keunikan ini yang kemudian membuat @DonDarBDG sebagai media penyebaran informasi dalam bidang sosial donor darah memutuskan untuk memilih twitter sebagai media penyebaran informasinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses penyebaran informasi yang dilakukan oleh akun @DonDarBDG mulai dari informasi tersebut diterima, diolah, hingga akhirnya disebarkan melalui twitter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan menitikberatkan kepada single case multi analysis. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi serta studi kepustakaan. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa ketika informasi yang diterima oleh admin maka saat itu juga informasi langsung diverifikasi untuk memastikan bahwa informasi yang diperoleh memang sangat dibutuhkan, setelah itu semua dilakukan maka informasi disebar melalui twitter. Informasi dikemas dengan menarik karena dalam menyampaikan informasi akun @DonDarBDG selalu menggunakan hashtag untuk mempermudah followers mencari informasi yang diinginkan.

 

Kata Kunci: Twitter, Media Sosial, @DonDarBDG




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.487

Flag Counter   Â