Objektivitas Berita Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017
Abstract
Sebagai ibu kota negara Indonesia, berita mengenai pemilihan gubernur DKI Jakarta selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dalam skala yang besar, bukan hanya warga Jakarta sebagai calon pemilih. Di era ini sebagian orang memanfaatkan fitur internet untuk mendapatkan seluruh informasi mengenai calon kepala daerah DKI Jakarta 2017 dari media online. Menurut Syarifudin Yunus dalam Jurnalistik Terapan (2010:33), media online kini menjadi alternatif media yang paling mudah mendapat akses informasi atau berita. Karena media online adalah sarana mendapatkan informasi paling efektif yang ada di era lebih maju yaitu era teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui objektivitas pemberitaan mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017 dalam media online Kompas.com dan Tempo.co. Menurut Westerhall, kategori objektivitas berita dapat diukur berdasarkan aspek kebenaran, relevansi, keberimbangan, dan netralitas. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Sampel yang dipilih sebagai objek penelitian sebanyak 7 berita dari masing-masing media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media online Kompas.com dan Tempo.co menerapkan semua objektivitas pada aspek kebenaran, relevansi, keseimbangan, dan netralitas.
As the capital city of Indonesia, news about Jakarta governor election has always managed to attract the attention of society on a large scale, not only the citizens of Jakarta as potential voters. In this era, most people use the internet feature to get all the information about prospective head region of Jakarta 2017 from online media. According Syarifudin Yunus in Applied Journalism (2010:33), the online media has become an alternative media most easily get access to information or news. Because the online media is the most effective means of getting the information contained in the more advanced era is the era of information technology. This study was conducted to determine the objectivity of the election of Jakarta 2017 in the online media Kompas.com and Tempo.co. According to Westerhall, categories of news objectivity can be measured based on the aspect of truth, relevance, a balance and neutrality. This study also uses quantitative research methods descriptive content analysis techniques. Samples were selected as research objects as much as 7 news from each media. The results of this study indicate that online media Kompas.com and Tempo.co implement all aspects of the objectivity of truth, relevance, balance and neutrality.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Barus, Sedia Willing. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.
Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas.
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Santana, Septiawan K. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Yunus, Syarifudin. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4246
  Â