Fanatisme Suporter dalam Komik Persib

Ahmad Fadhil Abidin, Doddy Iskandar

Abstract


Fanatisme dapat memunculkan perilaku agresi serta memperkuat perilaku yang tidak terkontrol bagi dirinya sendiri.  Biasanya seseorang atau kelompok yang sudah fanatik terhadap sesuatu beranggapan bahwa orang lain tidak menyukai dirinya, lalu sampai dianggap mengganggu dan mengancam keberadaan dirinya. Fanatisme seperti ini lah yang ditunjukan oleh suporter tim sepakbola Persija Jakarta yaitu The Jakmania. Mereka menganggap Viking atau suporter dari tim Persib Bandung adalah musuh bebuyutan yang tak pantas dibiarkan. Dalam Komik Persib Online, digambarkan ilustrasi tentang tindakan fanatisme yang dilakukan oleh The Jakmania. Untuk mengupas bagaimana fanatisme yang ditunjukan oleh The Jakmania dalam gambar ilustrasi Komik Persib Online, peneliti menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Dengan semiotika ini, membedah bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos yang  ditunjukan dalam gambar tersebut melalui tanda-tanda yang tergambarkan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan menggunakan teknik metode wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik wawancara dilakukan dengan dua orang yang berkompeten dalam penelitian ini. Metode dokumentasi bertujuan untuk menggali data-data secara sitematis dan objektif dan untuk mendapatkan informasi yang mendukung analisis dan interpretasi data. Lalu menggunakan studi pustaka, dimana  peneliti mengumpulkan bahan dan literatur seperti buku, artikel, situs online dan lainya.Berdasarkan hasil penelitian, tindakan fanatisme suporter The Jakmania yang tergambar dalam Komik Persib Online, sudah pada sampai pada tahap yang berbahaya dan mengkhawatirkan. Mereka memiliki pemikiran atau faham yang berujung pada tindakan kriminal, tidak perduli apa yang terjadi dengan pihak lain. Hal ini terlihat dari gambar ilustrasi, digambarkan bahwa The Jakmania melakukan aksi atau tindakan yang menyebabkan pihak lain mengalami kerusakan dan kerugian, bahkan bisa saja sampai meregang nyawa.

 

Fanaticism can give rise to aggressive behavior and reinforce behaviors that are not controlled for himself. Usually a person or group that has been fanatical about something assume that other people do not like him, and then to be considered intrusive and threatening the existence of himself. Such fanaticism was shown by supporters of Persija Jakarta football team, the Jakmania. They consider the Viking or supporters of the team Persib Bandung are enemies who do not deserve left. In Komik Persib Online, pictured illustration of fanaticism actions undertaken by the Jakmania. To explore how the fanaticism shown by The Jakmania in Komik Persib Online illustration, researchers using the method of semiotic analysis by Roland Barthes.This semiotics, dissect how the meaning of denotation, connotation and myth shown in the image through signs portrayed. Data collection techniques by the author, using the technique of interviews, documentation, and literature. Interviews were conducted with two people who are competent in this research. Documentation method aims to explore the data systematically and objectively and to obtain information to support the analysis and interpretation of data. Then use the scientific literature, where researchers collect material and literature such as books, articles, and other online sites. Based on this research,  fanaticism act by The Jakmania in Komik Persib Online, already reached the stage of a dangerous. They have a thought or ideology that led to a criminal act, no matter what happens with the other. This is evident from the illustration, the Jakmania act that cause the other fans suffered damage and losses, even just to dying.

Keywords


Fanaticism, Supporters, Roland Barthes Semiotics

References


www.google.com

www.e-jurnal.com

http://news.merahputih.com/megapolitan/2015/10/19/bawa-senjata-tajam-dan-bom-molotov-39-jak-mania-dibui/29975/ diakses pada kamis 31 maret 2016, pada pukul 15.15.

http://bola.liputan6.com/read/2291356/sesama-jakmania-bentrok-di-depan-kantor-pssi diakses pada kamis 31 maret 2016, pada pukul 17.18.

Sejarah Komik Dunia http://6110111035-ernasusilawati.blogspot.co.id/2012/11/sejarah-komik-dunia.html diakses pada, rabu 13 januari 2016, pada pukul 16.04.

Fanatisme Suporter Indonesia dan Suporter Inggris. Oleh Dhani Trilogy. http://www.kompasiana.com/dhanitrilogy/fanatisme-suporter-indonesia-dan-suporter-inggris_55299e2a6ea834d929552d58 diakses pada, rabu 11 mei 2016, pada pukul 18.47.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4228

Flag Counter   Â