PEMBINGKAIAN BERITA LINGKUNGAN HIDUP DALAM HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT DAN GALAMEDIA

Dianisa Damayanti, Teguh Ratmanto

Abstract


Abstract. Indonesia is the one of state which in of equator line, have many various natural resources. We can surname the natural resources of Indonesia as complete in the world.

However, lot of natural resources and good environtment it was not supported awareness by people who can maintain preservation environtmental. In many damage of Environtmental, it can impact of water quality. Be focus on damage water at Citarum River, West Java.

With use News Paper Pikiran Rakyat and Galamedia as subject-object research, they exist for to share means and ideology.

Research  methode use qualitative and the scalpel frame by model Zhongdan Pan and Gerald M. Kosicki. Researcher want to know how packaging. And will be operated by side of Sintaksis, Skrip, Tematik, and Retoris. Researcher use theory The Social Construction of Reality from Peter L. Berger as research brace.

Key Word: Environtmental, Citarum River, News paper, News

 

Abstrak. Indonesia adalah salah satu Negara yang berada digaris khatulistiwa ini, memiliki  kekayaan sumber daya alam yang beraneka. Bisa dikata sumberdaya alam Indonesia adalah terlengkap di dunia.

Namun, beragamnya kekayaan sumber daya alam dan lingkungan yang bagus ini, tidak didukung dengan kesadaran masyarakatnya yang bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dari banyaknya kerusakan lingkungan hidup, hal ini berdampak pada kualitas air. Yang berfokus pada kerusakan air di Sungai Citarum, Jawa Barat.

Dengan menggunakan Harian Umum Pikiran Rakyat dan Galamedia sebagai subjek-objek penelitian, kehadiran mereka untuk saling berbagai makna dan ideologi.

Metode penelitian menggunakan kualitatif dan pisau bedah framing model Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki. Peneliti ingin mengetahui bagaimana pengemasan. Dan akan dibedah dari sisi Sintaksis, Skrip, Tematik, dan Retoris. Digunakanlah teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger sebagai penguat penelitian.

Kata Kunci: Lingkungan Hidup, Sungai Citarum, Harian Umum, Berita


Keywords


Lingkungan Hidup, Sungai Citarum, Harian Umum, Berita

References


Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2002. Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media,

Yogyakarta: PT LkiS Printing Cemerlang.

Makalah. 2007. Media dan Komunikasi Lingkungan, Bandung: Mata Padi Presindo.

Sugiharto. 2005. Dasar-Dasar Pengelolaan Air Limbah, Jakarta:

Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Sumber Lain:

Pengertian Lingkungan Hidup: http://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_hidup

Galamedia: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Gala_(Harian)

Pikiran Rakyat: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Pikiran_Rakyat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.413

Flag Counter   Â