MAKNA MAHASISWA FIKOM UNISBA 2011 TERHADAP TWITTER

Regina Astari, Rita Gani

Abstract


Abstract. Twitter nowadays is used by members of campus organizations to support their activities. This was the case of BEM Fikom Unisba. Twitter @bemfikomunisba is an online mass communication medium to share information about the Faculty of Communication Science. The purpose of this study is to determine the meaning, motives, and typology of students toward Twitter, employing a phenomenological approach based on Alfred Schutz’s Theory. Phenomenology assumes that people actively interpret their experiences and try to understand the world with personal experience. Based on research results, Twitter @bemfikomunisba seen as a means for students to search for information around the campus, both academic and non-academic information. Many motives underlying communication students to access Twitter @bemfikomunisba, one of which is concerning easy access for campus information. Three groups were resulted as  typology: (1) academics, those who use Twitter as a place to promote the institution or academic concern, (2) music lover who use Twitter to share their favorite music or share their voice with SoundCloud connected to Twitter, (3) ‘alay’-ers, a phrase derived from Indonesian way to mention ‘alay’: those who often posted unimportant things, such as everyday experiences, trips, emotional/angry words, etc.

 

Keywords: Twitter @bemfikomunisba, Students of The Faculty of Science Communication, Phenomenology, Alfred Schutz Theory

 

Abstrak. Twitter saat ini digunakan oleh anggota organisasi kampus untuk mendukung kegiatan mereka. Twitter dimanfaatkan pula oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (BEM Fikom Unisba). Twitter @bemfikomunisba merupakan media komunikasi massa untuk menyebarkan informasi yang ada di Fikom Unisba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan makna, motif, dan tipologi mahasiswa terhadap Twitter, menggunakan pendekatan fenomenologis berdasarkan Teori Alfred Schutz. Fenomenologi berasumsi bahwa orang aktif menafsirkan pengalaman mereka dan mencoba untuk memahami dunia dengan pengalaman pribadi. Berdasarkan hasil penelitian, Twitter @bemfikomunisba dipandang sebagai sarana bagi siswa untuk mencari informasi di sekitar kampus, baik informasi akademik dan non-akademik. Banyak motif yang mendasari mahasiswa komunikasi untuk mengakses Twitter @bemfikomunisba, salah satunya adalah mengenai akses yang mudah untuk informasi kampus. Tiga kelompok menghasilkan tipologi: (1) akademisi, orang-orang yang menggunakan Twitter sebagai tempat untuk mempromosikan institusi atau akademik, (2) pecinta musik, mereka menggunakan Twitter untuk berbagi musik favorit mereka atau berbagi suara mereka dari SoundCloud yang terhubung ke Twitter, (3) ‘alay’-ers, mereka sering posting hal-hal yang tidak penting, seperti berbagi pengalaman sehari-hari, perjalanan, atau hanya memposting kata-kata marah, sedih, kecewa, bahagia, dll

 

Kata Kunci: Twitter Bem Fikom, Mahasiswa Fikom Unisba 2011, Fenomenologi, Teori Alfred Schutz

References


Daftar Pustaka

Bungin, Burhan. 2011. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Eriyanto. 2008. Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta

London School Public Relation (LSPR), 2010. Beyond Borders: Communication Modernity & History

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

______________. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Maryati, Kun. 2001. Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XII 3. Jakarta: Esis

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Rakhmat, Jalaludin 2002 Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Sutopo. 2006. Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sumber Lain:

Hasbianyah, O. 2008. Pendekatan Fenomenologi: Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi, Jurnal Komunikasi Mediator Fikom Unisba, Vol 9.

Kuswarno, Engkus. 2006. Tradisi Fenomenologi pada Penelitian Komunikasi Kualitatif: Sebuah Pengalaman Akademis, Jurnal Mediator Fikom Unisba, Vol 7 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.36

Flag Counter   Â