Peranan Video Pembelajaran Pahamify dalam Youtube terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pelajar SMA Nurussa’adah Jakarta Selatan

Muhammad Ikhsan, Eugenius Kau Suni

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan video pembelajaran Pahamify dalam Youtube berpengaruh terhadap motivasi belajar bahasa Inggris pelajar SMA Nurussa’adah Jakarta Selatan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification yang menjelaskan bagaimana seseorang menggunakan media untuk kebutuhan mereka dan mendapat kepuasan ketika kebutuhan mereka terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling untuk mendapatkan sampel dari seluruh populasi. Penelitian menggunakan survei online dengan metode kuantitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana dengan uji dua arah, yang artinya hasil dari penelitian dapat positif ataupun negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan video pembelajaran Pahamify dalam Youtube terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pelajar SMA Nurussa’adah Jakarta Selatan cukup baik. Namun, peranan video pembelajaran Pahamify dalam Youtube nampaknya tidak berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris karena probabilitas 0,004 lebih kecil dari nilai signifikansi untuk dua arah yaitu 0,05. Oleh karena itu, Peranan Video Pembelajaran Pahamify dalam Youtube Perlu adanya dukungan lain untuk dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris bagi pelajar SMA Nurussa’adah Jakarta Selatan. Dengan demikian, penelitian diharapkan dapat dilanjutkan untuk menjadi bahan referensi pada landasan penelitian berikutnya sebagai dukungan pengembangan ilmu pengetahuan bahasa Inggris dan ilmu komunikasi..

Abstract. The purpose of this study to find out how the role of Pahamify video-based learning on Youtube affects the motivation to learn english for senior high school students in south Jakarta during COVID-19 pandemic. The researcher uses the Uses and Gratification theory which explains how someone uses the media for their needs and gets satisfaction. Researcher used descriptive quantitative method that using probability sampling technique with type of simple random sampling to obtain samples from the entire population. The researcher used an online survey with quantitative method. The data analysis technique used by the researcher was simple linear regression analysis with a two-way test, it means the result may be positive or negative. The results showed that the role of Pahamify video-based learning on Youtube for senior high school students Motivation in English of Nurussa'adah South Jakarta was quite good. However, the role of Pahamify video-based learning on Youtube does not seem to have a significant effect because the probability of 0.004 is smaller than the significance value for both directions, that is 0.05. Therefore, the role of Pahamify video-based learning on Youtube needs other support to increase motivation to learn English for senior high school students of Nurussa'adah, South Jakarta. Thus, the researcher hopes that this research can be continued as a reference material for the next research as a support for the development of English knowledge and communication science.


Keywords


Video Pembelajaran, Pahamify, Bahasa Inggris, Motivasi.

Full Text:

PDF

References


Abby, Schukei. (2021). What you need to understand about generation Z students. Retrivied from https://theartofeducation.edu/2020/12/14/what-you-need-to-understand-about-generation-z-students/

Barnes, K., Marateo, R. C., & Ferris, S. P. (2011). Teaching and learning with the net generation. Innovate: Journal of Online Education, 3(4).

Carmen, Miranda. (2020). Teaching and Learning Generation Z re-thinking teaching and learning strategies. Retrivied from https://www.facultyfocus.com/articles/teaching-and-learning/generation-z-re-thinking-teaching-and-learning-strategies/

Clark, R. C., and Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. john Wiley & sons.

Dewi, N. L. D. S., & Carniasih, N. P. S. E. (2018, December). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Tata Bahasa Inggris. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 1, No. 1).

EF Education First. (2022). The world’s largest ranking of countries and regions by English skills. Retrieved from https://www.ef.com/wwen/epi/

English club. (2021). What is English. Retrieved from https://www.englishclub.com

Hapsara, G. (2016). The use of video to motivate students to learn English.

Islamiyah, D. (2011). Peningkatan prestasi belajar siswa dalam memahami bacaan bahasa inggris melaui strategi inkuiri di kelas IVa Minu Ngingas Waru Sidoarjo (doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Nindia. (2020). Kendala yang dihadapi guru mengajar daring pada masa pandemi covid-19 di MIN 5 Banda Aceh http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/3582/2784

Pahamify. (2021). Company milestone. Retrieved from https://pahamify.com

PPID DKI Jakarta. (2021). Instruksi gubernur DKI Jakarta nomor 33 tahun 2021. Retrieved from https://ppid.jakarta.go.id/regulasi-covid19

Schunk, D., Meece, J., & Pintrich, P. (2014). Motivation in education theory, research and application (4th ed.). Harlow: Pearson.

Syafnidawaty. (2020). Penelitian Kuantitatif. Retrevied from https://raharja.ac.id/2020/10/29/penelitian-kuantitatif/

Uses and Gratification Theory. (2016). Retrivied from Communication Theory https://www.communicationtheory.org/uses-and-gratification-theory/

Wael, A., A. (2016). The effective use of youtube videos for teaching english language in classrooms as supplementary material at taibah university.

Youtube. (2020). Metode Belajar Sampai Paham: PAHAMI Framework bersama Pahamify. Retrivied from https://www.youtube.com/watch?v=HJPcmJVKoOk&t=4s&ab_channel=Pahamify.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31798

Flag Counter   Â