Pengaruh Youtube Travel Vloggg Arief Muhammad dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Traveling
Abstract
Abstrak. Youtube dapat dikatakan sebagai salah satu media sosial yang populer dilingkungan masyrakat, khususnya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari youtube Travel Vloggg Arief Muhammad dan lingkungan sosial terhadap minat untuk traveling. Travel Vlog adalah salah satu jenis acara dimana berisi tentang perjalanan pemilik kanal youtube atau biasa dikenal sebagai youtuber ke sebuah daerah atau tempat di dunia termasuk indonesia. Penelitian ini menjadikan mahasiswa/mahasiswi STIKOM Interstudi jurusan broadcasting Angkatan 2018-2019 sebagai responden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah uses and gratification theory dan penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif. Dapat diketahui dari hasil penelitian ini bahwa tayangan youtube dan lingkungan sosial secara simultan dapat mempengaruhi minat masyarakat untuk melakukan traveling.
Abstract. Youtube can be said as one of the most popular social media in the community, especially Indonesia. This study aims to determine whether there is an influence from YouTube Travel Vloggg Arief Muhammad and the social environment on interest in traveling. Travel Vlog is one type of event which contains the journey of the YouTube channel owner or commonly known as a YouTuber to an area or place in the world, including Indonesia. This research makes STIKOM Interstudi students majoring in broadcasting Class 2018-2019 as respondents. The theory used in this research is uses and gratification theory and this research also uses quantitative methods. It can be seen from the results of this study that youtube shows and the social environment can simultaneously affect people's interest in traveling.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., & Nanda, S. E. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Youtube Channel “Gadget in” Terhadap Keputusan Pembelian Gadget. Jurnal Criptura, 9(2), 43–50. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.43-50
Deddy Mulyana. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Revisi). Rosda Karya.
Fatty, F. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Contemporary Buddhism, 16(1), 28–42. https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801
Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Share : Social Work Journal, 5(2), 157–166. https://doi.org/10.24198/share.v5i2.13140
Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187
Khanafi, I. A. (2017). My Trip My Adventure Terhadap Minat Traveling Disusun Guna Memenuhi Persyaratan Untuk Mencapai Gelar Sarjana Ilmu Sosial dan Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nurudin. (2017). Pengantar Komunikasi Massa. Rajawali Pers / Raja Grafindo Persada.
Pungki Oktavia. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pemilu 2019 Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemilih Pemula Sman 1 Depok. 2(2). https://journal.interstudi.edu/
Riswari, A. A. (2018). Arief Muhammad Salah Satu Anak Bangsa yang Terkenal di Kancah Internasional. Goodnewsfromindonesia.Id. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/05/10/arief-muhammad-salah-satu-anak-bangsa-yang-terkenal-di-kancah-internasional
Sulistiarmi, W. (2019). 9 Tips Belajar Buat Vlog Traveling Bagi Pemula. Phinemo.Com. https://phinemo.com/tips-jadi-youtuber-sukes-buat-para-pencinta-traveling/
Syafnidawati. (2020). Tujuan Penelitian. https://raharja.ac.id/2020/10/23/tujuan-penelitian/
Yumiarti, Y. (2020). Pemanfaatan Internet dan Agenda Setting Media Massa. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 69. https://doi.org/10.29240/jdk.v5i1.1610
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31788
  Â