Motif Penggunaan Youtube Podcast Deddy Corbuzier

Nurdin Rafliansyah, Mazaya Rizy Safira

Abstract


Abstrak. Kemajuan teknologi memungkinkan individu untuk menyiarkan berbagai konten seperti YouTube, Podcast dan media sosial lainnya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apa saja motif penonton YouTube Podcast Deddy Corbuzier tersebut sehingga tertarik dan mengonsumsi Podcast YouTube tersebut. Penelitian ini dikaji berdasarkan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Gary and Paul dalam menguji motivasi orang menonton YouTube. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan online survey, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak seratus responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap instrumen mempunyai nilai r korelasi validitas dan reliabilitas lebih besar dari nol koma tiga dan nol koma enam akan di analisis faktor, sedangkan instrumen yang memiliki nilai r korelasi validitas dan reliabilitas lebih kecil dari nol koma tiga dan nol koma enam akan dihilangkan dikarenakan dianggap tidak valid dan reliabel. Kemudian hasil analisis faktor dalam mengidentifikasi faktor Motif penonton YouTube podcast Deddy Corbuzier. Disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan enam faktor baru yang di antaranya: Faktor pertama adalah Menyenangkan dan Menghibur. Faktor kedua adalah Membantu Orang Lain. Faktor ketiga adalah Berdiskusi dan komunitas. Faktor keempat adalah Mendapatkan Informasi. Faktor kelima adalah Menghabiskan Waktu. Faktor keenam adalah Kebiasaan. Temuan yang penulis dapatkan bahwa membuat konten hiburan dan informasi lebih diminati oleh penonton, dibandingkan membuat konten berkaitan dengan kebiasan dan riset atau hal yang serius.

AbstractAdvances in technology allow individuals to broadcast various content such as YouTube, Podcasts and other social media. The purpose of this research is to find out what the motives of Deddy Corbuzier's YouTube Podcast viewers are so that they are interested and consume Podcast the YouTubeThis study is based on previous research conducted by Gary and Paul in testing people's motivation to watch YouTube. In this study using descriptive quantitative methods with online surveys, the data sources used in this study were one hundred respondents. The results showed that each instrument having a validity and reliability correlation r value greater than zero point three and zero point six will be factored in, while instruments that have a correlation r value of validity and reliability are less than zero point three and zero point six will be omitted. because it is considered invalid and reliable. Then the results of the factor analysis in identifying the motive factor for the YouTube podcast Deddy Corbuzier. It was concluded that this study resulted in six new factors including: The first factor was Fun and Entertaining. The second factor is Helping Others. The third factor is discussion and community. The fourth factor is Getting Information. The fifth factor is Spending Time. The sixth factor is Habit. The findings that the authors get are that creating entertainment and informational content is more attractive to viewers, compared to creating content related to habits and research or serious matters.


Keywords


Teknologi, Podcast, YouTube, Uses and Gratification.

Full Text:

PDF

References


Achmad, B. dan H. L. T. (2003). Analisis Data untuk Penelitian Survai : FMIPA- UNPAD.

Adriyanti, A. (2016). Perkembangan Teknologi Penyiaran Dan Implikasi Pengaturannya. Majalah Info Singkat, VIII(8), 17–20. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-VIII-8-II-P3DI-April-2016-33.pdf

Allifiansyah, S. (2018). Podcast dan Teori Uses & Gratifications. 2–13.

Ariviani. (2021). 7 Podcast Indonesia Paling Populer, Dengerin Yuk! Id-Velopedia.Velo.Com. https://id-velopedia.velo.com/7-podcast-indonesia-paling-populer-dengerin-yuk/

Bilson, A. (2005). Representing children’s views and best interests in court: an international comparison. Child Abuse Review: Journal of the British Association for the Study and Prevention of Child Abuse and Neglect, 14(4), 220-239.

Blumler, J. G. (1979). The role of theory in uses and gratifications studies. Communication Research, 6(1), 9–36. https://doi.org/10.1177/009365027900600102

Dailysocial.com. (2018). Surveri Laporan Dailysocial Pengguna Layanan Podcast 2018. Dailysocial.Com. https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-penggunaan-layanan-podcast-2018

Dalila, N. (2020). Strategi Storytelling, Spreadability Dan Monetization Podcast Sebagai Media Baru Komedi. Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), 140–160. https://doi.org/10.38194/jurkom.v3i2.165

Emarwani, S. R., & Nurjanah, N. (2017). (2017). Pengaruh Motif Pengguna Media Sosial Twitter@ Goriau. com Terhadap Kepuasan Followers Dalam Mendapatkan Informasi Di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Hanson, G., & Haridakis, P. (2008). (2008). YouTube users watching and sharing the news: A uses and gratifications approach. Journal of Electronic Publishing, 11(3).

Henry. (2019). Mengintip Studio Podcast Deddy Corbuzier dengan Peralatan Ratusan Juta Rupiah. https://m.liputan6.com/lifestyle/read/4141967/mengintip-studio-podcast-deddy-corbuzier-dengan-peralatan-ratusan-juta-rupiah

HypeAuditor. (2021). Influencer Analysis. HypeAuditor. https://app.hypeauditor.com/en/youtube/deddy_corbuzier-UCYk4LJI0Pr6RBDWowMm-KUw/

id.noxinInfluencer. (2021). Deddy CorbuzierDasbor YouTube Stats & Analytics. Id.Noxinfluencer.Com. https://id.noxinfluencer.com/youtube/channel/UCYk4LJI0Pr6RBDWowMm-KUw

Indovoiceover. (2019). 4 Podcast Terbaik Dari Genre Yang Berbeda di Indonesia. https://indovoiceover.com/inilah-podcaster-terbaik-dalam-empat-genre-podcast-di-indonesia/

ironline. (2020). 8 International Relations Podcasts to Follow. https://ironline.american.edu/blog/international-service-podcasts/

Kaban, S. C. B., Gelgel, N. M. R. A., & Pradipta, A. D. (2018). Motif Dan Kepuasan Menonton Video Blog Di Kalangan Anak Muda Kota Denpasar. E-Jurnal Medium, 1(2), 1–8. https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/40083

Khan, M. L. (2017). Social media engagement: What motivates user participation and consumption on YouTube? Computers in Human Behavior, 66, 236–247. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.024

Kurniawan. (2021). Tingkat Kepuasan Informasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Suska Riau Terhadap Media Podcast.

Lariscy, R. W., Tinkham, S. F., & Sweetser, K. D. (2011). Kids these days: Examining differences in political uses and gratifications, internet political participation, political information efficacy, and cynicism on the basis of age. American Behavioral Scientist, 55(6), 749–764. https://doi.org/10.1177/0002764211398091

Meisyanti, W. H. K. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand (Studi Deskriptif Podcast Di Indonesia). Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 191–207.

Nasrullah, R. (2018). Riset Khalayak Digital: Perspektif Khalayak Media Dan Realitas Virtual Di Media Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 271. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.9

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/182

S.Lameshow, S. K. L. (1997). Sample Size Determination In Health Studies.

Saeedakhtar, A., Haqju, R., & Rouhi, A. (2021). The impact of collaborative listening to podcasts on high school learners’ listening comprehension and vocabulary learning. System, 101(May), 102588. https://doi.org/10.1016/j.system.2021.102588

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Elex Media Komputindo.

Sergeant, S., McQuail, J. A., Riddle, D. R., Chilton, F. H., Ortmeier, S. B., Jessup, J. A., Groban, L., & Nicolle, M. M. (2011). Dietary fish oil modestly attenuates the effect of age on diastolic function but has no effect on memory or brain inflammation in aged rats. Journals of Gerontology - Series A Biological Sciences and Medical Sciences, 66 A(5), 521–533. https://doi.org/10.1093/gerona/glr017

Soraya, D. (2020). Motif Penggunaan Media Online Mojok . Co Motif Penggunaan Media Online Mojok . Co. 122.

Sucin, S., & Utami, L. S. S. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Koneksi, 4(2), 235. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8113

Sugiyono, S. (2016). PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE SURABAYA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Sugiyono, S. (2012). (2012). Pengaruh Supervisi Pembelajaran Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Tahun.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Pustaka Baru Perss.

Sundari, G.-, & Purba, V. (2020). Podcaster'S Awal Minggu Communication Strategy in Creating Podcast Content on the Spotify. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 148–156. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.82

Tolkach, D., & Pratt, S. (2021). Travel Professors: A YouTube channel about tourism education & research. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 28(March), 100307. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100307

Toyib, M., Humaisyi, S., & Muzakki, M. H. (2013). Penggunaan Podcast Dalam (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Mata Kuliah Listening I Prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo. Kodifikasia, 6(1). https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v6i1.204

Widyawati, N., Purwo, A., Utomo, Y., Universitas, I., & Semarang, N. (2020). 2377-8034-1-Pb. 5(2), 18–27.

Xu, X. (2014). The New Relevance: Motives Behind YouTube Use. Institutional Repository Library: University of Missouri-St. Louis, 1–47. http://irl.umsl.edu/thesis/64




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31787

Flag Counter