Pengaruh Program DGITM di Radio Prambors terhadap Minat Pendengar

Devi Magdalena Romauli, Anindita Lintangdesi Afriani

Abstract


Abstrak. Teknologi yang semakin pesat mengalami kemajuan telah mengubah lifestyle masyarakat terlebih dalam mendapatkan informasi dan hiburan sekarang ini. Media online¸ dan smartphone menyebabkan masyarakat kurang tertarik kepada media massa radio. Stasiun radio yang masih eksis dan populer masa ini yaitu Prambors Radio 102.2 FM, program andalan Prambors saat ini adalah Desta and Gina In The Morning (DGITM) with Kenny Djafar. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk menganalisis bagaimana pengaruh program DGITM di Radio Prambors terhadap minat pendengar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan paradigma positivis, dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Pemungutan data penyebaran kuesioner melalui google form kepada 100 orang yang telah mendengarkan Prambors radio khususnya program DGITM. Berdasarkan nilai signifikansi dari tabel coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05 maka dapat disimpulkan yaitu variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Kemudian, berdasarkan nilai t diketahui nilai thitung 9.990 > ttabel 1,987. Dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Kesimpulan atas penelitian ini adalah elemen-elemen dalam program DGITM di radio Prambors berpengaruh positif terhadap minat pendengar. Hal tersebut dapat dilihat bahwa program ini dibuat rapi dan sangat menarik, sehingga diminati oleh pendengar.

Abstract. The rapidly advancing technology has changed people's lifestyles, especially in getting information and entertainment today. Online media and smartphones cause people to be less interested in radio mass media. The radio station that still exists and is popular today is Prambors Radio 102.2 FM, Prambors' current flagship program is Desta and Gina In The Morning (DGITM) with Kenny Djafar. The purpose of this study is to analyze the influence of the DGITM program at Radio Prambors on listeners' interest. This study uses quantitative research with a positivist paradigm, with a simple linear regression analysis technique. Collecting data on the distribution of questionnaires through google form to 100 people who have listened to Prambors radio, especially the DGITM program. Based on the significance value from the coefficients table, a significance value of 0.000 <0.05 is obtained, it can be concluded that the X variable has an effect on the Y variable. Then, based on the t value, it is known that the t count value is 9.990 > t table 1.987. It can be concluded that the X variable affects the Y variable. The conclusion of this study is that the elements in the DGITM program on Prambors radio have a positive effect on listeners' interest. It can be seen that this program is neatly made and very attractive, so that listeners are interested.


Keywords


Program DGITM, Prambors Radio, Minat Pendengar, Media Massa

Full Text:

PDF

References


Amelia, N. R. (2018). Program Acara Sunset Trip Di Radio Prambors Dan Minat Mendengar ( Studi Korelasional Pengaruh Program Acara Sunset Trip Di Radio Prambors Terhadap Minat Mendengar Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara ).

Anggreina, M., & Mewengkang, N. N. (2017). PENGARUH IKLAN Provider Telkomsel Di Radio Memora Manado Terhadap Minat Beli Pendengar Di Kelurahan Bahu. VI(1).

Ardianto, R., Priyanto, S., Studi, P., Teknik, P., & Tamansiswa, U. S. (2017). Korelasi Informasi Jenis Pekerjaan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Sarana Praktek Dengan Minat Kerja Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Otomotif Smk Negeri 2 Bima Tahun Ajaran 2015/2016. 5(1), 46–55.

Arif, Sukuryadi, & Fatimaturrahmi. (2017). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 1 Praya Barat. 1(2), 108–116.

ARUMSARI, N. R., & Waridin, W. (2012). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mereferensikan Radio Prima FM.

Hendrarto, D., & Ruliana, P. (2019). Strategi Public Relations Radio Delta FM Dalam Mempertahankan Pendengar Melalui Media Sosial. 4(2), 166–178.

Https://Www.Pramborsfm.Com/Entertainment/50-Tahun-Berdiri-Simak-Kisah-Berdirinya-Prambors/All.(N.D.). Https://Www.Pramborsfm.Com/Entertainment/50-Tahun-Berdiri-Simak-Kisah-Berdirinya-Prambors/All

Humaniora, J. P. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Terhadap SMP Negeri. 2(3), 228–235.

Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. 16(1), 119–138. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20414/Tasamuh.V16i1.548

Laurencia, & Wahjudi, S. (2019). Analisis Isi Pada Program Desta And Gina In The Morning Pada Radio Prambors Jakarta. 13(1), 43–67. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30813/S:Jk.V13i1.1789

Mahmudah, N. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa STEI SEBI Jurusan Akuntansi Syariah Terhadap Profesi Akuntan Publik. 2(1), 83–100. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35836/Jakis.V2i1.54

Mustofa, A., & Roniwijaya, P. (2013). The Effect Of Industrial Work Performance Practice And Performance Automotive Electrical Prakti Entrepreneurial N Against Interests Automotive Mechanics Class XII Smk Diponegoro Depok Sleman. 1(2). Https://Doi.Org/10.30738/Jtvok.V1i2.98

Prayudha, H. H., & Rustam, A. (2013). Radio Is Sound Only Panduan Mengelola Radio.

Ramadhan, F. M. (2018). Persepsi Dan Minat Pendengar Pada Program Musik J-Radio Banjarmasin (Studi Kuantitatif J Radio Program “Rendezvous” Banjarmasin) Jurusan : Ilmu Komunikasi Program Studi : Ilmu Komunikasi

Rihartono, S., Prodi, D., Komunikasi, I., & Kalijaga, U. S. (2015). Strategi Pengelolaan Radio Siaran Di Tengah-Tengah Perkembangan Teknologi Internet. 51–64.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. PT.Grasindo. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Dsrgdwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=PP1&Dq=Jurnal+Teori+Komunikasi+Massa+Menurut+John+Bittner&Ots=Dypinrgrni&Sig=Qbcf6r4k5qmzq85_Qkpffshsddi&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q&F=False

Rosalia, N. (2012). Faktor-Faktor Penting Daya Tarik Stasiun Radio Bagi Pendengar Radio Di Kota Semarang. 1(1), 77–86.

Sari, S. D., & Ismail, E. (2016). Survey Perilaku Mendengarkan Radio Di Jakarta. 15(01), 1–15.

Setyowati, R. I., Sudaryanto, E., & Satvikadewi, P. (2015). Kebiasaan Mendengarkan Siaran Radio Melalui Mobile Application: Studi Deskriptif Pada Komunitas She And Friends. 1(1).

Sihombing, T. E. C., & Nuraeni, R. (2018). Peran Siaran Radio Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi Bagi Orangtua Untuk Anak. 5(1), 1–11.

Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19. 2(1), 14–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31779

Flag Counter