Persepsi Masyarakat di Kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat terhadap Program Acara “Indonesia Lawyers Club”

Fakhri Maulana Muhammad, Yasse Fikry

Abstract


Abstract. Television is a media for conveying messages through audio and visual. In its development television has a variety of programs, talk shows are one of the television programs. TVone, one of a private Indonesian televisions, has 'Indonesia Lawyers Club' program which is a talk show type of program. This study aims to find out what is people's perceptions in the Tanah Abang area, Central Jakarta, towards the Indonesia Lawyers Club program. After watching the Indonesia Lawyers Club program, the author uses a qualitative descriptive research method, and uses the S-O-R theory in conducting this research. Data collection techniques in this study were observation and interviews. The results of data analysis show that the perception of the people of Tanah Abang, Central Jakarta, that the SO-R theory as a guide for this research explains, there is an effect or feedback that occurs on the organism or informant as a result of stimulus communication and produces perceptions as a response from the organism. The researcher concludes that the perception of the people in the Tanah Abang area, Central Jakarta towards the Indonesia Lawyers Club program is 2 positive, and responds well with the community arguing that this program is an informative, interesting and entertaining program.

Abstrak. Televisi menjadi media penyampain pesan melalui audio dan visual. Dalam perkembangannya televisi memiliki program acara yang beragam, salah satunya. talkshow. TVone sebagai salah satu televisi swasta Indonesia mempunyai program acara Indonesia Lawyers Club adalah yang berjenis talkshow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat mengenai program acara Indonesia Lawyers Club. Setelah menonton tayangan program acara Indonesia Lawyers Club. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif, dan menggunakan teori S-O-R. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Tanah Abang, Jakarta Pusat, dengan teori S-O-R sebagai pedoman penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efek atau umpan balik yang terjadi pada organism atau informan sebagai hasil dari komunikasi stimulus dan menghasilkan persepsi sebagai respons dari organism. Peneliti menyimpulkan bahwa persepsi masyarakat di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat mengenai program acara Indonesia Lawyers Club adalah positif, dan merespons baik dengan masyarakat berpendapat bahwa program ini menjadi program yang informatif, menarik dan menghibur.


Keywords


Kualitatif, Persepsi, Program, Teori S-O-R

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, S. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Bandung:Pustaka Setia.

Baksin, A. (2006). Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. In Bandung: Simbiosa.

Darwanto. (2007). Televisi Sebagai Media Pendidikan. In Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu komunikasi: teori dan praktek. In Bandung: Remaja Rosdakarya. https://databoks.katadata.co.id/. (n.d.).

Jauhari, H. (2013). Jurnalisme Televisi Indonesia. In Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Maleong, L. . (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2011). Manajemen Media Penyiaran: Strategi mengelola radio dan televisi. In Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Nova,.

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. In Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam “AT-TABSYIR,” 2(2), 77–95.

Prasetyo, T. & S. (2014). Persepsi Mahasiswa Terhadap Informasi Hukum Dalam Acara ILC TV One (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa KSP Principium Fakultas Hukum UNS) Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Renanda, T. (2018). Evaluasi Kualitatif Keberhasilan Sistem Institutional Repository Di Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Evaluasi Kualitatif Keberhasilan Sistem Institutional Repository Di Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sadaf, A. (2011). Public Perception of Media Role. (5), 228–236.

Santoso, A. (2016). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM TALKSHOW MATA NAJWA DI METRO TV (Study Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa LPM Pabelan UMS Terhadap Mata Najwa Periode 18 November 2015 - 15 Maret 2016). November 2015, 22. http://eprints.ums.ac.id/46212/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Sutarso, J. (2012). Perempuan, Kekuasaan Dan Media Massa: Sebuah Studi Pustaka,. Komunikasi, J. I., Surakarta, U. M., & Kekuasaan, H., 1–17.

Tiyanto, D. P. D., & Surwati, C. H. D. (2014). Persepsi Mahasiswa Terhadap Informasi Hukum Dalam Acara Indonesia Lawyers Club Tvone. Persepsi Mahasiswa Terhadap Informasi Hukum Dalam Acara Indonesia Lawyers Club Tvone (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Persepsi Mahasiswa Terhadap Informasi Hukum Dalam Acara Indonesia Lawyers Club TvOne Periode 4 Februari-13 Mei 2014 Di Kalangan Pengu, 1–19.

Ulfi, A., & Prayetno, P. (2018). Analisis Tayangan Indonesia Lawyers Club di TV One bagi Pemahaman Politik. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 189. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i2.11286

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikolog Umum. In Yogyakarta: C.V Andi Offset. www.tvonenews.com. (2020). Www.Tvonenews.Com. https://www.tvonenews.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31774

Flag Counter