Pengaruh Media Instagram, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Hijab Mazuscarf

Iqbal Muhamad Al-Hafiz, Danang Sanggabuana

Abstract


Abstract. In the current era of globalization, technological developments are growing rapidly and continue to progress, including social media. Almost all people have social media to get information or everything they want. One of them is Instagram social media where entrepreneurs are competing to find consumers through this Instagram social media platform. This was done by the Mazuscarf veil, which is one of the hijab entrepreneurs who utilize Instagram media. This Mazuscarf hood was founded in 2017 which is engaged in selling adulthood fashion. At the beginning of starting the hijab business, it only relied on its friendship environment, but by seeing the very rapid technological advances, Mazuscraf's veil finally used Instagram media to promote the goods it sold, using the features available on Instagram. The purpose of this study was to determine the effect of Instagram media, price, and service quality on the decision to purchase the Mazuscraf veil. This study uses a quantitative approach using multiple linear regression analysis. The data collection technique was by distributing questionnaires via google form with a total of 105 respondents who had purchased the Mazuscraf veil product. The results in this study indicate that Instagram media has a positive and significant influence on the decision to purchase the Mazuscraf veil, the price has a positive and significant influence on the decision to purchase the Mazuscraf veil, the quality of service has a positive and significant influence on the decision to purchase the Mazuscraf veil. And among the three independent variables, price is the variable that has the dominant influence on the decision to purchase the Mazuscraf veil.

Abstrak.Di era gIobalisasi seperti saat ini, perkembangan teknologi semakin berkembang pesat dan terus megaIami kemajuan, diantaranya adalah media sosial. Hampir seluruh masyarakat mempunyai media sosial untuk mendapatkan informasi atau segala sesuatu yang diinginkan. SaIah satunya adaIah media sosiaI instagram dimana para pengusaha berlomba-lomba mencari konsumen melalui platform media sosial instagram ini. Hal tersebut dilakukan oleh hijab Mazuscarf, yang merupakan salah satu pengusaha hijab yang memanfaatkan media instagram. Hijab Mazuscarf ini berdiri sejak tahun 2017 yang bergerak pada penjualan fashion hijab dewasa. Pada awal memulai bisnis hijab tersebut hanya mengandalkan lingkungan pertemanan nya saja, namun dengan melihat kemajuan teknologi yang sangat pesat akhirnya hijab Mazuscraf menggunakan media instagram untuk mempromosikan barang yang dijual nya, dengan mempergunakan fitur-fitur  yang tersedia didalam instagram. Tujuan dari peneIitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media instagram, harga, dan kuaIitas peIayanan terhadap keputusan pembeIian hijab Mazuscraf. PeneIitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan anaIisis regresi linier berganda. Teknik pengumpuIan data dengan membagikan kuesioner meIalui google form dengan jumIah sebanyak 105 responden yang telah membeli produk hijab Mazuscraf. HasiI daIam peneIitian ini menunjukkan bahwa media instagram mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeIian hijab Mazuscraf, harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeIian hijab Mazuscraf, kuaIitas peIayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeIian hijab Mazuscraf. Dan diantara ketiga variabeI independen, harga merupakan variabeI yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembeIian hijab Mazuscraf.


Keywords


Media instagram, harga, kuaIitas peIayanan, keputusan pembeIian, Mazuscraf.

Full Text:

PDF

References


Azhar, F. C., Musriha, & Negoro, B. K. (2017). Pengaruh Kompetensi, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Kreasi Alam Indonesia Di Gresik. Jurnal Manajemen Branchmark, 3(3), 194–206. http://fe.ubhara.ac.id/ojs/index.php/ebranchmarck/article/view/549

Fauziah, D., & Wulandari, D. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.com Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 173–180.

Ganitri Putri, A., & Supadmi, N. (2016). Pengaruh Tingkat Hutang Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Persistensi Laba Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi, 15(2), 915–942.

Harijanto, C., Yudani, H. D., & Malkisedek, M. H. (n.d.). Efektivitas Desain Instagram Terhadap Awareness Konsumen dan Membangun Citra Tobaku Merchandise.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Islamiyah, Z. (2019). Pengaruh Promosi Online dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Dhy Hijab Jombang. 1(2), 205–211.

Izhar Abdurahman Hasbi, Cholifah, S. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TELKOMSEL DI KECAMATAN WIYUNG SURABAYA. Pengaruh Strategi Pemasaran Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel Kecamatan Wiyung Surabaya, 4(1), 11–21.

Janah, M., & Wahyuni, D. U. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DEWI HIJAB. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1–15. https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/viewFile/1581/1541

Junita, M., Nasir, A., & Ilham, E. (2014). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan aset, operating leverage, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal studi empiris pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2010-2012. Jom Fekon, 1(2), 1–16.

Kartikasari, D., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 3(2), 74110.

Khoirun Annisah. (2017). Pendekatan SAVI Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan di SLB. 1–14.

Kurniawan, P. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN PADA BATIK BURNEH Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura. 217–225.

Lubis, M. S. I. (2018). DAMPAK KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN SOSIAL BAGI PENGGUNA INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif bagi pengguna Media Sosial Instagram di Instansi Dinas Pendidikan Sumatera Utara). 2, 227–249.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 131–143. http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/JM/article/view/95

Palandeng, I., & Lumentut, F. (2014). Fasilitas, Servicescape, Dan Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Mcdonald Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 126–136. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5352

Pertiwi, W. K., & K, R. N. (2019). Sebanyak Inikah Pengguna Instagram di Indonesia? Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia

Pratama, A. M. (2020). Pengguna Internet hingga Kuartal II 2020 Capai 196,7 Juta Orang. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/11/09/213534626/pengguna-internet-indonesia-hingga-kuartal-ii-2020-capai-1967-juta-orang#:~:text=JAKARTA%2C KOMPAS.com - Jumlah,sebesar 171%2C2 juta jiwa.

Ramdan, A. K., Rismawan, F. R., Wiharnis, N., & Safitri, D. (2019). Pengaruh Akun Instagram @ temandisabilitas _ Id dalam Meningkatkan Kesadaran Followers Terhadap Difabel. Inter Komunika, 4(2), 104–115. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/284

Rizal, V. Z. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4 (1), 75. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.291

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Suryani, P., Cahyono, Y., & Utami, B. D. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI DI PT TUNTEX GARMENT INDONESIA. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR) Volume:, 1(June), 70–82. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/28

Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.

Zakaria, D. G. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN” 2461-0593, 6(4), 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31755

Flag Counter