Aktivitas Menonton Tayangan Motogp Trans7 dan Dampaknya terhadap Perilaku Berkendara pada Komunitas Kuda25 Racing Team

Fadhlan latief lubis, Kurnia Kurnia

Abstract


Abstract. Television as a medium has several functions in disseminating information to the public. The large number of television broadcasts that can be covered by viewers in the archipelago makes the choice of broadcast programs on television increasingly open, especially with the presence of national private television. Just like in this study, which is a sporting event program, broadcast of the prestigious event in the world of motorcycle racing between two-wheeled racers. What airs on Trans7 is MotoGP. The research here intends to see whether the effect of increasing motivation and television viewing activity on the "MotoGP" program on Trans7 on members of the Kuda25 Racing Team. The research here uses quantitative approach research through the explanatory review research method. The population in this study were members of the Kuda25 Racing team. They are a community of two-wheeler lovers and like to participate in positive motorcycle racing. The sampling process here uses purposive sampling, or it is called intentional sampling. Where a few 40 members are used as samples. The data sources use primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques by distributing questionnaires and through literature study.

Abstrak. Televisi selaku media punya beberapa fungsi dalam menyebarkan informasi kepada publik. Banyaknya jumlah siaran televisi yang dapat dicakup oleh pemirsa di nusantara menumbuhkan adanya pilihan pada program acara siaran di televisi kian terbuka, lebih-lebih dengan hadirnya televisi swasta nasional. Sama seperti pada penelitian ini yaitu merupakan program acara olahraga, siaran kejuaran ajang bergengsi dunia balap Motor antara para pembalap roda dua. Yang tayang di Trans7 yaitu MotoGP. Penelitian di sini bermaksud untuk melihat apakah efek peningkatan motivasi dan aktivitas menonton televisi pada tayangan “MotoGP” di Trans7 pada anggota Kuda25 Racing Team. Penelitian di sini memakai riset pendekatan kuantitatif lewat metode riset peninjauan eksplanatif. Populasi di penelitian ini ialah para anggota Kuda25 Racing team. Mereka salah satu komunitas pecinta roda dua dan suka mengikuti balap motor yang positif. Proses pengambilan sampel di sini memakai purposive sampling atau disebut pengambilan sampel secara sengaja. Di mana sejumlah 40 anggota merupakan yang dipakai untuk jadi sampel. Untuk sumber datanya memakai sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengambilan data dengan cara penyebaran kuesioner dan lewat studi pustaka.


Keywords


Siaran Kejuaraan Dunia MotoGP, Motivasi Berlatih, Social Learning Theory

Full Text:

PDF

References


A.M, Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

A.M, Morissan. 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Cetakan ke-4).

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ardianto, Elvinaro. 2017. Komunikasi Massa Suatu Pengantar (Edisi Revisi).

Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa. Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact: Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba. Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi Pertama. Jakarta:

Prenada Media.

Burton, Graeme. 2012. Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra. Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamal, Hidajanto dan Andi Fachruddin. 2013. Dasar-Dasar Penyiaran Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Jakarta: Kencana.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fachruddin, Andi. 2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi (Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Documenter, dan Teknik Editing). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit.

Hasibuan, Malayu S.P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jalaludin, Rakhmat. 2007. Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta. Badan Penerbit Andi. Latief, Rusman dan Utud, Yusiatie. 2015. Siaran Televisi Non-drama Kreatif,

Produktif, Public Relations, dan Iklan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Samsudin, Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, Iswandi. 2013. Rezim Media: Pergulatan Demokrasi, Jurnalisme, dan Infotainment dalam Industri Televisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Unde, Andi Alimuddin. 2014. Televisi dan Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenadamedia.

Yuliani, Rai. 2012. Pengaruh Televisi Terhadap Perkembangan Anak. Jakarta: Zoebazary, Ilham. 2010. Kamus Istilah Televisi dan Film. Jakarta: Gramedia Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31753

Flag Counter