Pengenalan Olahraga MMA Melalui Film Dokumenter “Fighter”

Muhammad Risfi Syahputra, Muhammad Darwinsyah

Abstract


Abstract. Sports activities that are often carried out by everyone, both for health and other interests. Apart from sports, martial arts are also widely practiced, with the aim of self- defense. Many martial arts such as Karate, Silat, and many more. Currently, Mixed Martial Arts (MMA) is a viral sport in Indonesia. MMA is a mixed sport in which there is physical contact as well as a variety of techniques, and there are not as many fixed rules as other sports. The development of MMA is quite good, because both men and women are starting to have a lot of interest in MMA sports. But some people see mma as not a sport, but an arena of violence. Therefore, the creator made a documentary film entitled Petarung in the style of an expository documentary film. The purpose of making this documentary film is to provide information and education to people who think that MMA is an arena of violence. In this film, one of the most well-known MMA athletes in Indonesia, Theodorus Ginting, will explain what the real MMA sport is like. The reason the creator of the work makes a documentary film is because a documentary is a program that presents a story according to the original, without anything being made up. The audience will also get audio and visuals that can be felt in real time. In this work, interviews will be conducted and will also participate in the activities of MMA athletes in order to get the expected answers regarding MMA sports. The creators hope that by making this documentary the public can remove the negative stigma about MMA sports, because MMA is a sport which upholds the value of sportsmanship and not just violence that exists in MMA.
Abstrak. Olahraga merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh semua orang, baik untuk kesehatan maupun untuk kepentingan lainya. Selain olahraga, beladiri juga banyak dilakukan, dengan tujuan untuk pertahanan diri. Bela diri yang banyak dilakukan seperti Karate, Silat, dan masih banyak lagi. Saat ini olahraga Mixed Martial Arts (MMA) sedang ramai di Indonesia. MMA merupakan jenis olahraga campuran yang didalamnya ada kontak fisik dan juga berbagai teknik, dan juga tidak banyak aturan tetap seperti olahraga lainya. Perkembangan MMA cukup baik, karena baik laki – laki atau perempuan mulai banyak yang berminat terhadap olahraga MMA. Tetapi sebagian masyarakat melihat bahwa MMA bukanlah salah satu olahraga, melainkan MMA merupakan ajang kekerasan. Oleh karena itu, pencipta karya membuat film dokumenter berjudul Fighter dengan gaya film dokumenter ekspositori. Tujuan dibuatnya film dokumenter ini untuk memberi informasi serta edukasi kepada masyarakat yang menganggap bahwa MMA adalah ajang kekerasan. Dalam film ini salah satu atlet MMA yang cukup terkenal di Indonesia, Theodorus Ginting akan menjelaskan seperti apa olahraga MMA yang sebenarnya. Alasan pencipta karya membuat film dokumenter karena dokumenter adalah sebuah tayangan yang menyajikan cerita sesuai dengan aslinya, tanpa ada yang dibuat – buat. Penonton juga akan mendapatkan audio dan visual yang bisa dirasakan secara nyata. Dalam karya ini, akan dilakukan wawancara dan juga mengikuti kegiatan atlit MMA guna mendapatkan jawaban yang diharapkan mengenai olahraga MMA. Pencipta karya berharap, dengan dibuatnya film dokumenter ini masyarakat bisa menghapus stigma negatif mengenai olahraga MMA, karena MMA merupakan olahraga yang didalamnya menjunjung tinggi nilai sportifitas dan bukan hanya kekerasan yang ada dalam MMA.

Keywords


Olahraga, Beladiri, Mixed Martial Arts, Dokumenter MMA, Dokumenter Ekspositori

Full Text:

PDF

References


Andrean, H. Y. (2018). Karya Sutradara Tonny Trimarsanto. 1. http://repository.isi- ska.ac.id/2688/1/Helmy Yunica Andrean.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31746

Flag Counter   Â