Pengaruh e-WoM Melalui TikTok terhadap Citra Perusahaan e-Commerce Sociolla

tiffany angela, Renti Yuniarti

Abstract


Abstract. This study has the main objective of knowing the effect of electronic Word of Mouth (e-WoM) through TikTok on the image of a beauty e-commerce company called Sociolla. Purposive Sampling is a sampling technique used and the determination of the sample using a non-probability sampling technique. The method used is quantitative (associative). The results of this study indicate that the electronic Word of Mouth (e-WoM) variable contributes to the corporate image variable by 0.310 or a percentage of 31%. It can be concluded that electronic Word of Mouth (e-WoM) through TikTok conducted by e-commerce Sociolla can help improve the company's image.

Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu mengetahui pengaruh elektronic Word of Mouth (e-WoM) melalui TikTok terhadap citra perusahaan e-commerce kecantikan yang bernama Sociolla . Purposive Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang digunakan dan penentuan sampel mengggunakan teknik non probality sampling. Metode yang digunakan adalah  kuantitatif (asosiatif) . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel elektronic Word of Mouth (e-WoM) memberikan kontribusi kepada variabel citra perusahaan sebesar  0,310 atau persentase sebesar 31% . Dapat ditarik kesimpulan  bahwa elektronic Word of Mouth (e-WoM)  melalui  TikTok yang dilakukan oleh e-commerce Sociolla dapat membantu meningkatkan citra perusahaan.

Keywords


Elektronic Word of Mouth, Citra Perusahaan, Public Relations.

Full Text:

PDF

References


(2012). Ilmu Komunikasi. Gramedia Pustaka.

Lovelock & Jochen. (2011). Public Relations. Gramedia Pustaka.

Nurjaman, Kadar, U. K. (2012). Komunikasi dan Public Relations. Gramedia Pustaka

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABET.

Suryani, H. (2013). Metode Kuantitatif. Gramedia Pustaka.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. KENCANA.

Thomas & Lane. (2012). Peran Public Relations.

Thurau-Hennig., Gwinner, K.P.,Walsh, G., dan Gremier, D, D. (2014). Word of Mouth. Gramedia Pustaka.

Uchari, A. (2012). Membangun Sebuah Citra. Gramedia Pustaka.

Jurnal:

Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. In Diponegoro Journal of Management (Vol. 6, pp. 1–14). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Andrini, S. (2018). Peran Csr Awards Dalam Komunikasi Antar Budya (Vol. 3, pp. 30–44).

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). In Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya (Vol. 12, Issue 1, pp. 65–71). https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Dwi, S. O., Widiartanto, & Listiyorini Sari. (2015). Pengaruh Atribut Produk, Celebrity Endorser Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi S-1 Fisip …. Jurnal Ilmu Administrasi ….

Elissa, E. (2020). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Value dan Customer Engagement pada Repeat Buying aplikasi tiket. com di Surabaya. In Jurnal Strategi Pemasaran. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10145

Hasna, S., & Irwansyah, I. (2019). Electronic Word of Mouth Sebagai Strategi Public Relation Di Era Digital. In Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 8, Issue 1, p. 18). https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.18-27

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Kartika, C., & Piranti, D. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Twitter @batikair Terhadap Brand Image. In Jurnal Visi Komunikasi (Vol. 14, Issue 01, pp. 104–116).

Ruliana, P. (2001). Pengaruh Strategi Promosi STIKOM InterStudi Terhadap Peningkatan Pendahuluan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi adalah organisasi pendidikan tinggi dibidang ilmu komunikasi yang mempunyai berbagai program pendidikan Strata 1 , yang terdiri da. 146–159.

Siti Maryam, S. W. (2018). Pengaruh Transaksi C2C Commers Terhadap Perilaku Implusive Buying (Survei Pada Kosumen PT Shopee Internasional Indonesia). Interkomunika, 25–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31743

Flag Counter