Strategi Komunikasi Band Black Horses untuk Menarik Minat Generasi Muda Jakarta Selatan
Abstract
Abstrak. Media merupakan salah satu wadah yang digunakan untuk menyampaikan dan mendapatkan informasi. Pada era ini, kemajuan teknologi turut membawa media ke arah yang lebih praktis yang mana menggunakan internet sebagai alat penyampaiannya. Kehadiran tranformasi baru pada media menyebabkan kemudahan informasi untuk disampaikan dan didapat, sehingga perubahan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Berangkat dari keefektifan penggunaan social media dalam proses penyampaian informasi, di sini peneliti mencoba membedah secara mendalam mengenai strategi komunikasi, yang mengunakan Band Black Horses sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi Band Black Horses yang dapat berkonstribusi dalam ranah musik indie di Indonesia. Adapun, peneliti juga mengobservasi terkait efektifitas penggunaan media dalam proses pemasaran karya oleh Band Black Horses, sehingga dapat berpengaruh pada audience atau komunikan. Dalam menilik objek penelitian, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang juga dikolaborasikan dengan tinjauan literatur, wawancara terhadap informan, dan melakukan pengamatan secara langsung. Adapun sebagai pendukung argumentasi, peneliti menggunakan teori Klimovach dan Koetzer, yang membahas mengenai cara agar mencapai efektifitas dalam strategi komunikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiningsih (2017). Lifestyle Construction Through Music as a Product of Popular Culture, 6(2), 17-18. Retrieved from http://jurnal.kwikkiangie.ac.id
Dewatara, G. W. and Agustin, S. M. (2019) Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik Dalam Industri 4.0 Di Indonesia, WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1).doi:10.32509/wacana.v18i1.729
Effendy, U. and Onong (1981) Dimensi - Dimensi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy and Uchjana, O. (1993) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Eva, M. and Rumapea, M. (2019). Tantangan Pembelajaran Musik pada Era Digital Challenges of Learning Music in Digital Era. 101–110.
Herdiansah, H. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial: Perspektif Konvensional dan Kontemporer. Jakarta: Salemba Humanika.
Kania, I. (2018). Strategi Komunikasi, Strategi Komunikasi (pp. 91) Bandung.
Klimova, L. and Coetzer, B. (1992). Communication planning tools: IEEE AFRICON Conference, 634–636. doi: 10.1109/AFRCON.1992.624564.
Putra, R. M. and Irwansyah, I. (2019). Musik Rilisan Fisik Di Era Digital: Musik Indie Dan Konsumsi Rilisan Musik Fisik. Jurnal Komunikasi, 11(2), 128- 130. doi: 10.24912/jk.v11i2.4062.
Schwab, K. (2018). The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0) a Social Innovation Perspective. doi: 10.25073/0866-773x/97.
Uchjana, O. and Effendy (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widiasanty, G. (2018). Strategi Manajemen Komunikasi Mempertahankan Reputasi. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3.
Wijaya, Y. (2020). Strategi Star Radio Dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Upaya Mempertahankan Audience Di Era Digital. Pantarei, 4(03), 12-15. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2018/0 3/01/
Yovi Ardiviyanto (2015). Perkembangan Musik Rock Di Kota Malang 1970- 2000-an. KAJIAN GLOBALISASI DAN EKSISTENSI SOSIAL-BUDAYA, 6(1), 53–69.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31740
  Â