Strategi Komunikasi Media Baru pada Maxx Coffee di Masa Pandemi Covid-19

Firly Salsadila Firly, Wirda Yulita Putri

Abstract


Abstract. In the midst of the COVID-19 Virus Pandemic that hit Indonesia, the government implemented social distancing policies and changed people's habits in communicating, one of which was social media. Like Maxx Coffee Lippo Kemang, managers and employees use Telegram and Zoom for organizational communication. In the process, Maxx Coffee experienced communication problems that impacted the harmonization and communication between managers and employees. The purpose of this study is to determine the communication strategy carried out between managers and employees via Telegram and Zoom so that these problems can be resolved and do not recur. The method used in this study is a qualitative-descriptive method. In collecting research data, researchers conducted observations, interviews and documentation. While the research data analysis technique uses coding techniques. According to the research results, the communication strategy used is divided into three forms, namely: a) Planning: Finding out the reasons for miscommunication, b) Implementation: summarizing, using language that is easier to understand and repeating information, and c) Evaluation: improving feedback, consistency and carry out punishments.

Abstrak. Di tengah Pandemi Virus COVID-19 yang melanda Indonesia membuat pemerintah menerapkan kebijakan social distancing serta merubah kebiasaan masyarakat dalam berkomunikasi, salah satunya media sosial. Seperti halnya Maxx Coffee Lippo Kemang, manajer serta karyawan menggunakan Telegram dan Zoom untuk melakukan komunikasi organisasi. Dalam prosesnya, Maxx Coffee mengalami masalah komunikasi yang berdampak pada harmonisasi serta komunikasi antara manajer dan karyawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan antara manajer dengan karyawan melalui Telegram dan Zoom agar masalah tersebut dapat teratasi dan tidak terulang kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif. Dalam pengumpulan data penelitian, peneliti melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan teknik pengkodean. Menurut hasil penelitian, strategi komunikasi yang digunakan, dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu: a) Perencanaan: Mencari tahu alasan terjadi miskomunikasi, b) Implementasi: merangkum, menggunakan bahasa yang lebih mudah dimengerti dan mengulang informasi, dan c) Evaluasi: meningkatkan feedback, konsistensi dan melakukan punishment.


Keywords


Strategi, Komunikasi Organisasi, Telegram, Zoom, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Aditiawarman, M., & Marzona, Y. (2019). Hoax dan Hate Speech di Dunia Maya. Lembaga Kajian Aset Budaya Indonesia Tonggak Tuo. https://books.google.co.id/books?id=etXKDwAAQBAJ

B, M. T. (2016). Sosiologi Hukum Islam: Kajian Empirik Komunitas Sempalan. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=VUkwDwAAQBAJ

Dr. Rahmat, M. P. I., & Umi Salamah, M. P. I. (2020). STUDI ISLAM KONTEMPORER (Multidisciplinary Approach). Pustaka Learning Center. https://books.google.co.id/books?id=arvtDwAAQBAJ

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=7RwREAAAQBAJ

Hendri Maduki, dkk. (2017). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Duta Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=_kH2DwAAQBAJ

Jaya, B. K. (2016). Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Broadcasting. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=2MdGDwAAQBAJ

Luthfiyah, M. F. &. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=UVRtDwAAQBAJ

mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Jawara. https://books.google.co.id/books?id=TP_ADwAAQBAJ

Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Ber-Social Media (p. 1). PT Elex Media Komputindo.

Wibowo, W. (2011). Cara Cerdas Menulis. Penerbit Buku Kompas. https://books.google.co.id/books?id=NDg9rcOjHUMC

AHSAN, M. A., & Setyanto, A. E. (2018). Aktifitas Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Jox’s di Surakarta dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen (Studi Deskriptif Aktifitas Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Jox’s di Surakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen). Jurnal Kommas.

Arifaini, D., & Sari, A. (2021). KOMUNIKASI HIPERPERSONAL (HYPERPERSONAL COMMUNICATION) PROSES PELIPUTAN BERITA DI JAK TV MENGGUNAKAN ZOOM MEETING. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 2(1).

Hasanah, Q. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whastapp sebagai Media E-Learning Masa Covid-19 pada Mata Kuliah Biomolekul dan Metabolisme di Tadris IPA IAIN Bengkulu. Indonesian Science Education Journal.

Hulu, V. T., Pane, H. W., Tasnim, T., Zuhriyatun, F., Munthe, S. A., Hadi, S., Salman, S., Sulfianti, S., Hidayati, W., Hasnidar, H., Sianturi, E., Pattola, P., & Mustar, M. (2020). Promosi Kesehatan Masyarakat (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Nova, P. S. (2018). Efektivitas Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai PT.Pos Indonesia (Persero) Kota Pekanbaru. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence.

Nurhadi, W., & Irwansyah. (2018). Crownfunding sebagai Konstruksi Sosial Teknologi dan Media Baru. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media.

Pramiyanti, A., Putri, I. P., & Nureni, R. (2014). Motif remaja dalam menggunakan media baru (studi pada Remaja di Daerah Sub-Urban Kota Bandung). KomuniTi.

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas.

Sarmiento Guede, J. R., De Esteban Curiel, J., & Antonovica, A. (2017). Viral communication through social media: Analysis of its antecedents. Revista Latina de Comunicacion Social. https://doi.org/10.4185/RLCS-2017-1154

Sukatno, Huseini, M., Syafganti, I., & Irwansyah. (2018). KOMUNIKASI INTERNAL PT.SOLID LOGISTICS MEMENGARUHI MENINGKATNYA EMPLOYEE ENGAGEMENT. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Wijaya, F. (2015). Strategi Komunikasi Internal PT X Dalam Membina Employee Engagement. Journal E-Komunikasi, 3(1).

Yodiq, M. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Islam Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi.

Yusmita, M., Larisu, Z., & Saidin. (2018). Pemanfaatan WhatsApp Messenger Sebagai Media Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi.

Ananda, M. R. (2021). PEMANFAATAN MEDIA BARU UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM MASA WABAH COVID 19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian. https://doi.org/10.52434/jk.v7i1.1019

Angelina, L. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN ZOOM MEETING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI). https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.219

Astuti, Y. D. (2017). Peperangan Generasi Digital Natives Melawan Digital Hoax Melalui Kompetisi Kreatif. INFORMASI. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.16658

Darmawan, C., Silvana, H., Zaenudin, H. N., & Effendi, R. (2019). Pengembangan hubungan interpersonal remaja dalam penggunaan media sosial di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i2.21163

Juaningsih, I. N., Consuello, Y., Tarmidzi, A., & NurIrfan, D. (2020). Optimalisasi Kebijakan Pemerintah dalam penanganan Covid-19 terhadap Masyarakat Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15363

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Nabilla, R., & Kartika, T. (2020). WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595

Nengsih, N. (2015). PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KEUANGAN INKLUSIF DI INDONESIA. ETIKONOMI. https://doi.org/10.15408/etk.v14i2.2230

Nursanti, S., Utamidewi, W., & Tayo, Y. (2021). Kualitas Komunikasi Keluarga tenaga kesehatan dimasa Pandemic Covid-19. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies). https://doi.org/10.25139/jsk.v5i1.2817

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Pratiwi, A. W., Tarifu, L., & Iba, L. (2020). PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAJER DAN KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi., 5. http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/13584/9502

alo dokter. (2020). Memahami Epidemologi dan Istilah-istilahnya. https://www.alodokter.com/memahami-epidemiologi-dan-istilah-istilahnya

Budianto, A. (2021). Aplikasi Telegram segera tambahkan fitur video call group, rilis bulan Mei. KONTAN.CO.ID. https://lifestyle.kontan.co.id/news/aplikasi-telegram-segera-tambahkan-fitur-video-call-group-rilis-bulan-mei

Iim Fathimah Timorria. (2020). Survei BPS: Covid-19 Tekan Semua Sektor Usaha. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200915/12/1291857/survei-bps-covid-19-tekan-semua-sektor-usaha

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2020a). Penting untuk Kenali Gejala COVID-19 Sejak Dini. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/penting-untuk-kenali-gejala-covid-19-sejak-dini

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2020b). Tanya Jawab. https://covid19.go.id/tanya-jawab?search=Apa yang dimaksud dengan pandemi

Saleh, T. (2021). Maxx Coffee Milik Grup Lippo Tunda Bayar Bunga MTN, Ada Apa? https://www.cnbcindonesia.com/market/20210118103604-17-216752/maxx-coffee-milik-grup-lippo-tunda-bayar-bunga-mtn-ada-apa

Telegram. (n.d.). FAQ: What is Telegram? What do I do here? Telegram. https://telegram.org/faq#q-what-is-telegram-what-do-i-do-here

Toffin Indonesia. (2021). Proyeksi Bisnis Kedai Kopi di 2021.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 JutaPengguna Internet Baru di RI. APJII, 74.

Badan Pusat Statistik. (n.d.). Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha.

Bappenas. (2020). Laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan III Tahun 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31736

Flag Counter   Â