Fenomena Tren Posting Video/Foto Viral Akun Instagram @Awreceh.Id: Studi Etnografi Virtual

Raudya Azzra Tuzzahra Sya'bana, Rahayu Surasmi

Abstract


AbstractThe increasing trend of viral videos or photos that are developing on social media (especially Instagram) can lead to various opinions from those who watch the video or photo, whether they see it intentionally because they follow the account or explore Instagram, and it can also be from people who share it on their instastory. Researchers are interested in discussing the trends of phenomenon of viral video posted on instagram, to know the motives of the posts are shared by account @awreceh.id, and how video content can be viral. This research uses qualitative method with virtual ethnographic studies. The informants in this research were five Instagram users who followed the @awreceh.id instagram account aged 17-32 years with the intensity of using Instagram in a day for more than two hours and the @awreceh.id account holder. The results in this research can be concluded from the account @awreceh.id have an influence on their followers. Of posts in the share account @ awreceh.id can entertain followers,even @ awreceh.id provide information about the phenomenon that is viral so as not to miss will be news in the community. And also the @awreceh.id account can build relationships or interactions with other social media users. The @awreceh.id account posts viral videos/photos, as social media users also just want to take advantage of new technology that uses the internet, where the internet can spread information quickly.


Abstrak— Meningkatnya tren video atau foto viral yang berkembang di media sosial (khususnya instagram) dapat menimbulkan berbagai opini dari mereka yang menonton video atau foto tersebut, baik melihatnya secara sengaja karena memfollow akun tersebut ataupun yang berada di explore instagram, dan bisa juga dari orang yang membagikannya di instastory mereka. Peneliti tertarik membahas mengenai fenomena tren posting video viral di media sosial instagram, dengan tujuan mengetahui motif dari postingan-postingan yang di share oleh akun @awreceh.id, dan bagaimana konten video itu bisa menjadi viral. Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan studi etnografi virtual. Informan dalam riset ini lima pengguna media sosial instagram yang mengikuti/memfollow akun instagram @awreceh.id yang berusia 17-32 tahun dengan intensitas durasi menggunakan media sosial instagram dalam sehari lebih dari dua jam dan pemegang akun @awreceh.id. Hasil yang diperoleh dari riset ini adalah motif pemilik akun dalam menggunakan media sosial, yaitu motif ingin tahu, motif hiburan, dan motif cinta. Sedangkan motif informan pendukung, yaitu motif hiburan, motif informasi, serta motif integrasi dan interaksi sosial. Hasil dalam riset ini bisa disimpulkan akun @awreceh.id memiliki pengaruh terhadap followers-nya. Dari postingan yang di share akun @awreceh.id dapat menghibur followers, bahkan juga @awreceh.id memberikan informasi mengenai fenomena yang sedang viral sehingga tidak ketinggalan akan berita yang ada di masyarakat. Dan juga akun @awreceh.id dapat membangun hubungan atau interaksi sesama pengguna media sosial lainnya. Akun @awreceh.id memposting video/foto viral, sebagai pengguna media sosial juga hanya ingin memanfaatkan teknologi baru yang menggunakan internet, dimana internet dapat menyebarkan informasi dengan secara cepat.

 


Keywords


etnografi virtual, motif, viral, instagram

Full Text:

PDF

References


Mandiberg, M. (2012). The social media reader. New York and London: New York University Press.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber. Jakarta: Penerbit Kencana.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: PT. TransMedia.

Abdurahman, A. I., & Aulia, R. (2020). FENOMENA MIKRO-SELEBRITI DI MEDIA SOSIAL (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL VIDEO VIRAL AKUN @HELENJUNET TANGGAL 22 MARET 2019 PADA PENGGUNA INSTAGRAM). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.578

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Baffi, M. R. (2018). Pengaruh Motif dan Intensitas Penggunaan Media Online Mangaku.Web.ID Terhadap Kepuasan Himpunan Mangaka Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP Universitas Riau, 5(1), 1–13.

Bauckhage, C. (2011). Insights into Internet Memes . Proceedings of the Fifth International AAAI Conference on Weblogs and Social Media, 42-49, (January 2011).

Budiasih, I. G. A. N. (2013). Metode Grounded Theory Dalam Riset Kualitatif. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 19–27.

Fitria, S. N., Unde, A., & Azis, S. (2018). Pengungkapan Identitas Diri melalui Media Sosial; Studi Etnografi Virtual Melalui Vlog. Kareba, Jurnal Komunikasi, 7(1), 86.

Furqan Alfindra, M., & Yahya, M. (2017). Motivasi Mahasiswa Bergabung Dalam Media Sosial Instagram (Student Motivation Joining Social Media Instagram (Studies in Student Communication Studies Department of Social Unsyiah Using Instagram)). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(3). Retrieved from www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Nugraha, A., Sudrajat, R. H., & Putri, B. P. S. (2015). FENOMENA MEME DI MEDIA SOSIAL: STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL POSTING MEME PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Sosioteknologi ITB, 14(101), 500.

Pinuji, M. F., & Satiri, S. (2019). PENGARUH USER-GENERATED CONTENT SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI BISNIS TERHADAP KREDIBILITAS INFORMASI WEBSITE “ TOKOPEDIA ” Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi Jl Wijaya II No 62 Jakarta 12160 International University Liaison Indonesia Jl Masjid No 75 Ban. Journal of Creative Communication Volume 1, No 1, 1(1), 19–33.

Pradipta, A. (2016). Fenomena perilaku haters di media sosial.

Prajarto, N. (2018). Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 33–46. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1367

Prihatiningsih, W. (2017). MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Sari, M. P. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa FISIP Universitas Riau, 53(9), 1–13.

Suprana, W. J. (2020). ABSTRAK Indonesia saat ini merupakan negara pengguna. (28), 183–196.

Republika. (2020). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 175,5 Juta. Diakses pada tanggal 30 September 2020, pukul 12.38. Dari republika.co.id: https://republika.co.id/berita/nasional/umum/qhgibx335/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1755-juta-jiw

GoodNews From Indonesia. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Diakses pada tanggal 14 Juni 2020, pukul 21.00. Dari goodnewsfromindonesia.id: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31722

Flag Counter