PENGARUH IKLAN INSTAGRAM SHOPPING FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA JAKARTA SELATAN

Muhammad Farid Akbar, Agatha H. Nurmariati

Abstract


Abstract. In this era, advertising is very important for promotion in the progress of a product or form. Advertising at this time is not only in print media, television media, and radio but there is a new media that is very often used in advertising, namely social media. Social media is a new media because of the rapid development of technology. The social media that is widely used today is Instagram. Instagram media which contains interesting advertisements, especially advertisements that discuss shopping fashion. This study aims to determine how much influence Instagram advertising has on adolescent consumptive attitudes in South Jakarta. Using the uses and effect theory to find out the effect of Instagram shopping fashion advertisements on the consumptive behavior of South Jakarta teenagers. The research method used is quantitative with a survey method distributing questionnaires. With a simple linear regression analysis technique. The population in this study is South Jakarta totaling 2,189,015 and reduced by the Slovin formula to 100 respondents to be used as samples. The study pointed that there is an influence between variable X and variable Y, the results of the data are obtained from the data processing of the SPSS software program.

Abstrak. Pada zaman ini media periklan sangat penting untuk promosi dalam kemajuan sebuah produk atau jasa dalam bentuk visual dan audio. Iklan di saat ini tidak hanya di media cetak, media televisi, dan radio akan tetapi ada media baru yang sangat sering digunakan dalam beriklan yaitu media sosial. Media sosial merupakan media baru karena perkembangan teknologi semakin pesat. Media sosial yang banyak digunakan saat ini yaitu Instagram dengan berbentuk video ataupun foto. Media instagram media yang berisikan iklan – iklan yang menarik apalagi iklan yang membahas shopping fashion. Dalam penelitian ini bertujuan seberapa besar pengaruh iklan instagram terhadap sikap konsumtif remaja di Jakarta selatan. Menggunakan teori uses and effect untuk mencari tahu seberapa besar pengaruhnya iklan intasgram shopping fashion terhadap perilaku konsumtif remaja Jakarta Selatan. Metode penelitian yang telah digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey menyebarkan kuesioner teknik ketidaksengajaan atau disebut accidental. Dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah Jakarta Selatan berjumlah 2.189.015 dan diperkecil dengan rumus slovin menjadi 100 responden untuk dijadikan sampel. Penelitian ini menunjukan adanya pengaruh antara variabel X (iklan instagram) dan variabel Y (sifat konsumtif), hasil data tersebut didapat dari pengolahan data program perangkat lunak SPSS.


Keywords


Iklan Instagram, Shopping Fashion, Konsumtif

References


Aditya, R. (2015). Pengaruh media sosial instagram terhadap minat fotografi pada komunitas fotografi pekanbaru.

Alvin Zulfikar, K. Y. (2019). PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN DI TELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS BUKALAPAK PADA PENGUNJUNG KOTA KASABLANKA.

Afif, L. S., & Dudija, N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Direktorat Sumber Daya Manusia Dan Umum.

Andres Kaplan & Michael HaenLein. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons.

Ardiana, L. (2007). Persepsi ketidaknyamanan yang Ditinjau dari Psikologi Lingkungan antara Stress, Kebisingan, Kepadatan Penduduk dan Polusi pada Masa Dewasa di Kota Besar Indonesia. Jurnal F.Psi UI. Universitas Indonesia.

Barnard, M. (2011). Fashion sebagai Komunikasi. Jalasutra.

Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartini Kartono). PT. RajaGrafindo Persada.

Habibi, D. (2011). “Chapter 3, Mill’s Moral Philosophy”. John Stuart Mill and the Ethic of Human Growth. Springer Netherlands.

Harsini, T., S. (2010). Pemanfaatan Kulit Buah Kakao Dari Limbah Perkebunan Kakao Sebagai Bahan Baku Pulp Dengan Proses Organosolv. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 2(2), 80–89.

Islamy, D. P. (2015). Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMP Islam Cikal Harapan 1 Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan. Jurnal Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/30763/1/DANIELLA PUTRI ISLAMY - FIDKOM.pdf

Jaiz, M. (2014). Dasar-Dasar Periklanan. Graha Ilmu.

Kerlinger, F. N. (1973). Founding Of Behavior Research, Holt.

Kiranasari, B. (2014). Faktor-faktor yang Menentukan Online Seller Memilih Situs Jejaring Instagram Sebagai Media Promosi Online Shop.

Makmur. (2013). Teori Manajemen Stratejik dalam Pemerintahan dan Pembangunan. Refika Aditama.

McQuail, D. (2011). No Title. In Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

McQuail, D. & S. W. (1981). Communication Models: For the study of Mass Communication. Longman.

Miranda, S. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau. Jom Fisip, 4(1), 1–15. https://beritagar.id/artikel/sains-

Prasetyo, A. (2017). Pendapatan Bermodal Internet. Elexmedia.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya.

Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga.

Siti Maryam, S. W. (2018). Pengaruh Transaksi C2c Commerce terhadap Perilaku Impulsive Buying (Servei pada Konsumen PT Shopee International Indonesia).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. C.V Alfabeta.

Yuli, W., Bodro, T., Kumadji, S., Latief, W. A., Ilmu, F., Brawijaya, A., Perusahaan, K., Ilmu, J., Bisnis, A., Ilmu, F., Universitas, A., Tahun, B., Konsumen-merek, K., Perusahaan, K., & Konsumen-merek, K. (2010). Pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31714

Flag Counter