Hubungan Daya Tarik dan Pola Menonton Program Indonesian Idol 2021 terhadap Kepuasan Pemirsa

Mia Lestari, Suhendra Atmaja

Abstract


Di Indonesia salah satu program hiburan realitas terbesar kategori reality show adalah Indonesian Idol disiarkan RCTI. Indonesian Idol 2021 musim kesebelas bertajuk Special Season Indonesian Idol: A New Chapter mempersembahkan daya tarik tertentu untuk memikat pemirsa menonton program yang ditampilkan. Semakin meningkat daya tarik program, maka semakin meningkat pula pola menonton program, juga semakin meningkat kepuasan yang diperoleh pemirsa saat menonton program Indonesian Idol 2021. Oleh karena itu, atas permasalahan tersebut, tujuan yang ingin diperoleh penelitian, yaitu mengetahui ada atau tidaknya dan seberapa besar hubungan daya tarik dan pola menonton program Indonesian Idol 2021 terhadap kepuasan pemirsa. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif dengan penelitian korelasi. Anggota populasinya adalah Mahasiswa/i STIKOM InterStudi Jakarta jurusan penyiaran angkatan 2017. Untuk menetapkan banyaknya sampel yaitu peneliti menerapkan teknik pengambilan sampel non probability sampling dipilih berdasarkan keputusan peneliti sesuai tujuan penelitian, dengan metode penentuan sampel adalah sampling jenuh yang merupakan penarikan sampel jika semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 87 responden. Mengolah data menggunakan software IBM SPSS Statistics version 25. 

. In Indonesia, one of the biggest reality entertainment programs in the reality show category is Indonesian Idol, broadcast by RCTI. The eleventh season of Indonesian Idol 2021, entitled Special Season Indonesian Idol: A New Chapter, presents a certain attraction to captivate viewers to watch the programs that are displayed. The more attractiveness of the program increases, the pattern of watching the program also increases, as well as the increasing satisfaction obtained by viewers when watching the Indonesian Idol 2021 program. Therefore, for these problems, the objectives of the research are to find out whether or not there is and how much the relationship between attractiveness and patterns of watching the Indonesian Idol 2021 program on viewer satisfaction. This study applies a quantitative approach to correlation research. The population members are students of STIKOM InterStudi Jakarta majoring in broadcasting class 2017. To determine the number of samples, the researcher applies a non-probability sampling technique selected based on the researcher's decision according to the research objective, with the method of determining the sample is saturated sampling which is a sampling if all members of the population used as a sample as many as 87 respondents. Processing data using IBM SPSS Statistics version 25 software.


Full Text:

PDF

References


Albab, M., & Amiruddin, S. (2015). Hubungan Motivasi dan Pola Menonton dengan Tingkat Kepuasan Pemirsa pada Program Berita Topik ANTV (Kasus Pemirsa di Komplek Perumahan Pondok Sukatani Permai, Tapos, Kota Depok). 1–21.

Atmaja, J., Nurdiansyah, C., & Susanto, T. T. (2019). Hubungan Daya Tarik Dan Pola Menonton Pada Program Stand-Up Comedy Indosiar Terhadap Kepuasan Menonton. J-Ika, 6(1), 51–60. https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.6240

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giantika, G. G. (2015). Pengaruh Kualitas Penyiaran dan Kemasan Program Terhadap Kepuasan Menonton Program Musik Inbox SCTV ( Studi Kasus Mahasiswa BSI Pemuda Rawamangun ). Komunikasi, VI(September), 24–32.

Ginting, W., & Sebayang, L. R. M. (2020). Korelasi Antara Penayangan Indonesian Idol Season Sepuluh di RCTI Dengan Minat Menonton Masyarakat Di Desa Batukarang. Univertsitas Darma Agung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31708

Flag Counter