Persepsi Remaja di Kawasan Haji Gandun tentang Program “Ragam Indonesia” di Trans 7

Endah Margiati, Agatha Nurmariati

Abstract


Abstract—Ragam Indonesia is a program that not only showcases the natural beauty of Indonesia but also the unique life of various ethnicities from tourism and special foods and folk songs. This research aims to find out how far the Indonesian Variety broadcast program on TRANS 7 is in demand by teenagers, especially through the perception of the culture contained in the program. Appearing fashionable and gadged minded, they seem to care less about the cultural traditions of their ancestors. Thus, it is hoped that the cultural perceptions of the youth who have watched the Indonesian Variety program are able to represent other youths in expressing their opinions.

Abstrak— Ragam Indonesia merupakan program yang tidak hanya menampilkan suatu keindahan alam Indonesia tetapi juga keunikan kehidupan dari berbagai etnis dari wisata dan makanan khas dan lagu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penyiaran program Ragam Indonesia di TRANS 7 diminati oleh remaja, khususnya melalui persepsinya tentang budaya yang terkandung dalam program acara tersebut. Tampil dengan modis dan gadged minded, mereka seakan kurang peduli akan budaya tradisi leluhurnya. Dengan demikian diharapkan persepsi budaya para remaja yang telah menyaksikan program acara Ragam Indonesia mampu mewakili remaja-remaja lain dalam menyampaikan pendapatnya.


Keywords


Persepsi, Remaja, Budaya, Program

Full Text:

PDF

References


7, T. (2018). Ragam Indonesia, Kategori Program Feature Budaya Terbaik Televisi Dalam Anugerah Gemilang Penyiaran 2018 Sumatera Selatan.

https://www.trans7.co.id/sevenupdates/ragam-indonesia-kategoriprogram-feature-budaya-terbaik-televisidalam-anugerah-gemilang-penyiaran2018-sumatera-selatan

Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MAHASISWA UNTIRTA TERHADAP KEBERADAAN PERDA SYARIAH DI KOTA SERANG. Komunikasi.

Dalila, N., & Ernungtyas, N. F. (2020). STRATEGI STORYTELLING, SPREADABILITY DAN MONETIZATION PODCAST SEBAGAI MEDIA BARU KOMEDI. Komunikasi.

Fatmawaty, R. (2019). Memahami Psikologi Remaja. Reforma, Vol. VI No.

Krisnawati, W. (2018). Pengaruh program “the east” di net . terhadap persepsi mahasiswa tentang broadcaster.

Maridi. (2015). Mengangkat Budaya dan Kearifan Lokal dalam Sistem Konservasi Tanah dan Air. Biologi, Sains, Lingkungan, Dan Pembelajarannya.

Marlina. (2016). DAYA TARIK FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ALTERNATIF Marlina Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. 1(1), 105–125.

Mulyana, D. (. (2016b). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. In PT Remaja Rosdakarya.

Putrianti, B. (2009). PROSES PRODUKSI PROGRAM NEWS MAGAZINE ACARA JELANG SIANG di TRANS TV. 1–61.

Rakhmat. (2017). Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Rusmin Tumanggur dkk. (2017). STUDI MASYARAKAT INDONESIA. In DEEPUBLISH.

Supratman, L. P., & Mahadian, A. B., & Deepublish. (2016). Psikologi Komunikasi. In Deepublish.

Sya, M., Marta, R. F., & Hadi, I. P. (2020). REFLEKSI PLURALISME MELALUI FILM ANIMASI SI ENTONG SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA INDONESIA. 3(February), 18–33.

Wahyuni, N. (2014, October). In-Depth Interview (Wawancara Mendalam).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31706

Flag Counter   Â