Pengaruh Tayangan 86 Net. terhadap Perilaku Ketertiban Berkendara
Abstract
Abstract. The program 86 on NET TV is an informative and educational reality show that can be an interesting spectacle for the public, because it provides a lot of important information that is useful for life. This TV program provides information and learning about the law, because in Indonesia there are still many minor law violators as well as serious law violators. Therefore, it is hoped that this program will provide information and have a positive influence on the wider community. The formulation of the problem proposed is how much influence the program 86 on NET TV has on the reactions of motorists.. The approach in this research is quantitative. The population in this study were residents of Jalan Kemuning 3 RT 06. The sample in this study was convenience sampling. Collecting data in this study using a questionnaire. The data analysis technique uses SPSS software and uses a simple linear regression translation. The results of the simple linear regression test after watching program 86 with driving behavior on Jalan Kemuning 3 in residents of RT 06, East Jakarta, both turned out to have a fairly strong correlation. Furthermore, after watching program 86, there was an influence on individual behavior after watching program 86, namely a change in their behavior. When the individual's attention, duration, and frequency when watching a spectacle is of high intensity, then the effect on the respondent's behavior is positive.
Abstrak. Program tayangan 86 di NET TV yaitu sebuah reality show yang informatif dan edukatif yang bisa menjadi tontonan menarik di masyarakat, karena memberikan banyak informasi penting yang berguna bagi kehidupan. Program Tv ini memberikan informasi dan pembelajaran mengenai hukum, karena di Indonesia masih banyak ditemui pelanggar hukum ringan maupun pelanggar hukum berat. Oleh karena itu diharapkan program acara ini akan memberi informasi dan memberikan pengaruh positif bagi masyarakat luas. rumusan masalah yang diajukan yakni seberapa besar pengaruh dari program 86 di NET TV terhadap perilaku ketertiban pengendara. Pendekatan pada penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Jalan Kemuning 3 RT 06. Sampel pada penelitian ini adalah secara convenience sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Teknik Analisis Data menggunakan software SPSS dan memakai penjabaran regresi linier sederhana. Hasil Uji regresi linear sederhana setelah nonton tayangan program 86 dengan perilaku ketertiban berkendara di jalan Kemuning 3 pada warga RT 06 Jakarta timur, keduanya ternyata memiliki korelasi yang cukup kuat. Berikutnya, setelah melihat siaran program 86 tersebut ada pengaruh kelakuan individu usai menyaksikan program 86 yakni terdapat perubahan pada kelakuannya. Ketika atensi, durasi, dan frekuensi individu saat menyaksikan tontonan berintensitas besar, dengan demikian pengaruhnya pada perilaku responden ialah positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifi, S. (2014). Tayangan bermasalah dalam program acara televisi di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 246–262.
Anggraeni, D. S., Karlinah, S., & Yudhapramesti, P. (2017). Aktivasi Keterlibatan Publik dalam Program Berita ‘NET 10.’ ARISTO: Sosial Politik Humaniora, 5(2), 291–317.
Ardoyo, N. A. W. (2018). Pengaruh program 86 NET TV Terhadap sikap penonton. Pengaruh program 86 NET TV terhadap sikap penonton, Jurnal Pus.
Bancin, I. (2009). Motivasi Konsumsi Terhadap Tanyangan Reality Show Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasinya. Fakultas I.
Holilah, I. (2017). Dampak media terhadap perilaku masyarakat. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(01), 103–114.
Kristianingrum, M. D., & Widodo, Y. (2012). Pengaruh terpaan tayangan program acara warna Trans7 terhadap sikap penonton (Studi Eksplanatif Kuantitatif mengenai Pengaruh Terpaan Tayangan Program Acara Warna TRANS7 Episode Seputar Fashion dan Kesehatan Periode April-Juni 2013 terhadap Sikap Mahasisw. Warna TRANS7 Episode Seputar Fashion Dan Kesehatan Periode April-Juni 2013 Terhadap Sikap Mahasiswi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2008-2012), Program St.
Lestari, U. I., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2018). Pengaruh menonton tayangan FTV Kuasa Ilahi terhadap perilaku masyarakat. Jurnal Komunikatio, 4(1), 51–62.
Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh terpaan media pada akun Instagram @exploresiak terhadap minat kunjungan wisata ke Siak Sri Indrapura. Jom Fisip, 5(1), 1–13.
Ranang. (2017). Reality Show Sebuah Tren Baru Acara Pertelevisian. Reality Show Sebuah Tren Baru Acara Pertelevisian, Fakultas I.
Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran. , (2002).
Semadi, A. A. G. P. (2018). Efek siaran televisi terhadap pemirsa (Telaah aksiologi). Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 16(1), 1–8.
Septianie, A. S. (2013). Pengaruh menonton tayangan sinetron love in paris terhadap perubahan perilaku remaja pada siswa SMP Negeri 4 Samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi, 1(4), 53–62.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung Alfabet.
Vortyani, A., & Mayangsari, I. D. (2015). Pengaruh tayangan NET. 86 terhadap citra positif polisi dalam perspektif masyarakat kota bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31705
  Â