Penerapan Literasi Media di Kanal Youtube

Gaharu Bagus Tyandi, Tia Muthiah Umar

Abstract


Abstract. Remotivi is a media study and monitoring institute. Remotivi manages media that contains studies on media and communication, to foster media literacy among the public. The concept of media literacy is a continuation of the concept of literacy, or literacy. Literacy is always fun with the main prayer, namely reading and writing. Furthermore, literacy is also important to know about other things, namely understanding what is read and written and how it is communicated to other parties. The purpose of this study is to find out how media literacy is on Remotivi's youtube content. In this case, the researcher uses a qualitative method with a constructivism paradigm and a case study approach. The results of the study show that Remotivi is an independent institution that aims to provide knowledge related to media development so that the community can balance it. As for YouTube, Remotivi's media is used to publish books, this is done because Indonesians find it easier to understand audio-visual content.

Keywords: Remotivi, Literacy Media, Youtube.

Abstrak. Remotivi merupakan sebuah lembaga studi dan pemantau media. Remotivi mengelola media yang berisikan kajian atas media dan komunikasi, tujuannya untuk menumbukan literasi media di tengah publik. Konsep literasi media merupakan lanjutan dari konsep literasi, atau melek huruf. Literasi selalu berkaitan dengan dua kecakapan utama, yaitu membaca dan menulis. Lebih jauh, literasi juga berkaitan dengan dua kecakapan yang lain, yaitu pemahaman kritis tentang apa yang dibaca dan ditulis dan bagaimana mengkomunikasikannya kepada pihak lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimna literasi media pada konten youtube Remotivi. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan Studi Kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Remotivi merupakan sebuah lembaga independen yang memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan terkait dengan perkembangan media agar masyarat dapat menyeimbanginya. Adapun youtube menjadi sarana media Remotivi dalam melakukan penerbitan karyanya, hal tersebut dilakukan dikarenakan masyarakat Indonesia lebih mudah memahami konten yang beraudio-visual.

Kata Kunci: Remotivi, Media Literasi, Youtube.


Keywords


Remotivi, Media Literasi, Youtube.

Full Text:

PDF

References


Art Silverblatt dalam Apriadi Tambaraka,. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Croteau, D., & Hoynes, W. 2013. Media/society: Industries, Images, and Audiences (5th ed.). London: Sage Publications.

Febriana, Poppy. 2017. Teori Masyarakat Massa. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Guntarto. 2014. Perkembangan Program Literasi Media di Indonesia. www.indonesia-medialiteracy.net

Hobbs, R. 1998. The Seven Great Debates In The Media Literacy Movement. Journal of Communication, No. 48. Vol.1.

Iriantara, Yosal. 2009. Literasi Media: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Stanley J, Baran. 2010. Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika.

Tamburaka, Apriyadi. 2013. Literasi Media “Cerdas Bermedia Khalayak Media Massaâ€. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31592

Flag Counter