Pengaruh Cusomer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Fwd Life Indonesia

Sulaeman Sulaeman

Abstract


Abstract. Business competition in the current era of globalization is getting tougher, every company is competing to be the best so that it becomes the main choice of consumers in choosing their products. Companies are required to be more creative and innovative in managing their companies in order to survive in the competitive business world (Pitoy, 2016). In this case, business people must be superior to their competitors. Because in addition to providing higher quality products, easy information and good service with customers are the keys to establishing close long-term relationships with customers (Tjahyadi, 2006).

Keywords: Business.

Abstrak. Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini semakin ketat, setiap perusahaan berlomba- lomba untuk menjadi yang terbaik sehingga menjadi pilihan utama konsumen dalam memilih produknya. Perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola perusahaannya agar tetap bertahan dalam persaingan dunia bisnis (Pitoy, 2016). Dalam hal ini pelaku bisnis harus lebih unggul dari pesaingnya. Karena selain menyediakan produk yang lebih bermutu, informasi yang mudah dan pelayanan yang baik dengan pelanggan merupakan kunci untuk menjalin erat hubungan jangka panjang dengan pelanggan (Tjahyadi, 2006).

Kata Kunci: Bisnis.


Keywords


Bisnis

Full Text:

PDF

References


Buttle, F. (2008). Customer Relation Management,Concept and Technologies, Second Edition. In

Elsevier Butterworth-Heinemann. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Datuela, A. (2013). Strategi Public Relations PT. TEKOMSEL Branch Manado dalam Memper- tahankan Citra Perusahaan. Jurnal ACTA DIURNA.

Ersi, D. Y., & Semuel, H. (2014). Analisis CRM , Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Produk UKM berbasis bahan baku terigu di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.1.1-8

Griffin, E. (2013). A First Look at Communication Theory, Eighth Edition. Memori Kultural, Konflik, Dan Media.

Ham, M., & Samuel, H. (2016). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Matahari Departement Store. Jurnal Strategi Pemasaran. https://doi.org/10.1007/s004180050413

Hassan, R. S., Nawaz, A., Lashari, M. N., & Zafar, F. (2015). Effect of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction. Procedia Economics and Finance. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00513-4

Imasari, K., & Nursalin, K. (2011). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGE- MENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT BCA Tbk. Fokus Ekonomi.

Iriandini, A. (2015). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survey

pada Pelanggan PT. Gemilang Libra Logistics, Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Kalakota, R., & Robinson, M. (2001). E-business 2.0: Roadmap for Success. EAI Journal. https://doi.org/10.1159/000331511

Kalalo, R. (2013). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS PELA- YANAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. MATAHARI

DEPT. STORE, MANADO. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2960

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta.

Kottler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Ed. 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. In Edisi Revisi.

Pritandhari, M. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYAL- ITAS PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA BMT AMANAH UMMAH SUKOHARJO). PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.142

Semuel, H. (2012). CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING PENGARUHNYA TER- HADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PERBANKAN NASIONAL. Jurnal Manajemen Pemasaran. https://doi.org/10.9744/pemasaran.7.1.33-41

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitiab. In 1.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. In Edisi 4. https://doi.org/10.3389/fgene.2015.00293

Wildyaksanjani, J. P., & Sugiana, D. (2018). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.8754




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.31494

Flag Counter   Â