Korelasi Youtuber dengan Subscribe Tinggi terhadap Ketertarikan Penonton Variety Show Trans 7 “Wow Bangetâ€

Teuku Tezar, Eugenius Kau Suni

Abstract


Abstract. This research is entitled The Effect of “Youtuber Correlation with High Subscriber to the Interest of TV Show Viewers Program. The purpose of this study was to determine whether the influence of Youtubers with high subscriptions could generate public interest in watching. The approach used in this research is a quantitative approach. The theory of this study uses the theory of S-O-R (Stimulus Organism Responses). The message given by the communicator to the communicant can be accepted or rejected by the communicant (Stimulus). If the stimulus received shows the attention of the communicant (Organism), coupled with the support of facilities and encouragement from the environment, then finally the attitude taken by the communicant continues to become an action, behavior change (Response). The results of the study There is an influence of Youtubers with High Subscribers on the Interest of TV Program Viewers. Based on the results of the research, the effect is included in the positive category and it can be seen that the regression coefficient of the X variable is 2.450 which states that for every 1% decrease in the Youtuber value, the Audience Interest value will also decrease by 2.450. And vice versa, if there is an additional 1% of youtuber's value, the value of Viewer Interest increases by 2,450. Furthermore, based on the significance value in the Coefficients table, it is obtained a significance value of 0.000 <0.05, that there is a significant influence on the Audience Interest variable (Y). Based on the value of t, it can be seen that tcount is 8.897 > ttable 2.365, so it can be concluded that the High Youtuber Subscriber variable (X) has an effect on the audience interest variable (Y).

Keywords : Youtube, Electronic Media, TV Program, S-O-R . Theory

Abstrak. Penelitian ini berjudul Pengaruh “Korelasi Youtuber dengan Subscribe Tinggi Terhadap Ketertarikan Program Penonton Acara TV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh Youtuber dengan subscribe tinggi bisa memunculkan minat menonton masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teori dari penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus Organism Responses). Pesan yang diberikan komunikator kepada komunikan dapat diterima atau ditolak oleh komunikan (Stimulus). Apabila stimulus yang diterima menunjukkan adanya perhatian komunikan (Organism), ditambah dengan adanya dukungan fasilitas dan dorongan dari lingkungan, maka akhirnya sikap yang diambil komunikan terus berlanjut menjadi suatu tindakan, perubahan perilaku (Response). Hasil penelitian Terdapat pengaruh Youtuber dengan Subscriber Tinggi terhadap Ketertarikan Penonton Program TV. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh tersebut termasuk dalam kategori positif dan dapat diketahui bahwa Koefisien regresi variabel X sebesar 2,450 yang menyatakan bahwa setiap penurunan 1% nilai Youtuber, maka nilai Ketertarikan Penonton akan ikut menurun sebesar 2,450. Begitupun sebaliknya, jika terjadi penambahan 1% nilai youtuber maka nilai Ketertarikan Penonton meningkat sebesar 2,450. Selanjutnya berdasarkan nilai signifikansi pada tabel Coefficients didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel Ketertarikan Penonton (Y). Berdasarkan nilai t dapat diketahui bahwa thitung sebesar 8,897 > ttabel 2,365 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Youtuber Subscriber Tinggi (X) berpengaruh terhadap variabel Ketertarikan penonton (Y).

Kata Kunci : Youtube, Media Elektronik, Program TV, Teori S-O-R

Keywords


Youtube, Media Elektronik, Program TV, Teori S-O-R

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018).

Media Televisi Di Era Internet.

ProTVF, 2(1), 101.

Aji, H. S. (2018). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta (Vol. 7).

Andriana, N. (2013). Media Siber Sebagai Alternatif Jembatan Komunikasi Antara Rakyat Dan Pemimpinnya. Jurnal Penelitian Politik, 10(2), 79–93.

Futri, I. R., Mahzuni, D., & Rahmat, N. (2018). Program Variety Show Dangdut Academy Asia 2 sebagai Alat Diplomasi Publik Indonesia. Panggung, 28(4).

Hayu, S., Kartika, R., & Wirawanda, Y. (2019). Maskulinitas dan Perempuan : Resepsi Perempuan terhadap Soft Masculinity dalam Variety Show. 1, 23–41.

Herawati, T. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan), 2(1), 49.

Herdono, I., & Arinda. (2019). Pengaruh Terpaan Tayangan Youtube “Londokampung†Terhadap Tingkat Pengetahuan Bahasa Suroboyoan pada Subscribers di Surabaya. Jurnal Spektrum

Irfan S, Muhammad. Mesran. Siregar, D.

S. (2017). Rancangan Pendukung Keputusan Pemilihan Televisi Berlangganan Menerapkan Metode Analytical Hierarchy Process(Ahp). Media Informatika Budidarma, 1(2), 42–48.

Labas, Y. N., & Yasmine, D. I. (2017). Komodifikasi di Era Masyarakat Jejaring: Studi Kasus YouTube Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(2), 104

Mellyaningsih, A. (2016). Motif Subscriber Menonton Channel YouTube Raditya Dika. Motif Subscriber Menonton Channel YouTube Raditya Dika, 4(1), 1–12.

Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1,

No.10(10), 77–85.

Petra, U. K., Pangestu, W., Aritonang,

A. I., Budiana, D., Ilmu, P., Kristen, U., & Surabaya, P. (2009). Motif dan Kepuasan Pemirsa Surabaya dalam Menonton Program Variety Show “ Inbox †SCTV.

Pradyanti, A., Siti, N., & Hidayah, E. (2018). Etika Dalam Program Hiburan Televisi : Analisis Program Hiburan Waktu Indonesia Bercanda Net Tv. 1(2), 91–102.

Primasari, W. (2016). Pemaknaan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Terhadap Media Siber. Makna (Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya), 1(2), 1–13.

Putri, R. (2018). ARTIKEL TINDAK TUTUR PERSUASIF DEBAT CALON GUBERNUR DKI JAKARTA 2018 PUTARAN PERTAMA PADA MEDIA TELEVISI Oleh : RIZKIA PUTRI

Dibimbing oleh : UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2018. 02(06).

Rachmat, Ikbal. Sumartono. Jemat, A. (2017). Penggunaan Media Sosial Youtube sebagai Audio -Visual Record Document Management: Studi Eksplorasi Aplikasi Petunjuk Perilaku Broadcastin, Standar Program Broadcast (P3 and SPS) ANTV di Program Televisi Pesbukers. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rahmawan, D., Hafiar, H., & M, J. N. (2017). Peran Vlogger Sebagai Online Inflluencer dalam Industri Media Digital di Indonesia.

Promedia, 3(2), 183–206.

Ramadhayanti, A. N. A. (2019). Strategi Pemasaran di YouTube Melalui Subscriber & Komentar dan Perspektif Persuader Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 10(1), 9–21.

Riduwan, M. B. . (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Umasangadji, S., Suwandi, M., & Sumarlin. (2019). Pengharuh Partisipasi Anggaran, Budget Emphasis, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Budgetary Slack Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasi Pada Skpd Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 5(1), 64–77.

Yuwino, E. (2013). Kepuasan Masyarakat Surabaya dalam Menonton Program Variety Show “Dahsyat†di RCTI. In Jurnal E- Komunikasi (Vol. 1, Issue 1).

Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., &

Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–7.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi.

Bandung : Citra Aditya Bakti




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27292

Flag Counter   Â