Pengaruh Tayangan Jurnalrisa Episode Jurnal Danur Sunyaruri di Youtube terhadap Minat Menonton

Nadya Listya, Gita Widiasanty

Abstract


Abstract. New media is a media capable of being supported by several digital tools to access content on an instant basis so that it provides an opportunity for its users to receive and participate actively, creatively and interactive with message feedback given to form new content through  media content. which are made. Youtube is a popular video sharing website where users can upload, watch, and share videos for free. Jurnalrisa is a Youtube channel that provides horror content with a subscriber number of four million four hundred and ten thousand. Aiming to see the effect of what happened to Danur Sunyaruri's Journalist Episode Show on Youtube on Viewing Interest, then using the theory of media exposure. The paradigm used is a positivistic paradigm with a quantitative approach, with an explanative type. The method used is a survey method. By using a questionnaire as an instrument. The population numbered one hundred seventy six students with a sample of one hundred and seventeen high school students at Cikini high school using  simple random sampling technique, data processing technique using SPSS data analysis technique using simple linear regression formula, data confirmation technique to test its validity using the KMO MSA formula (Keizer Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy and Bartlett's Test) and Anti Image Correlation and its reliability test using the Cronbach Alpha formula. Based on the results of the descriptive test of Variable X, the Rare category was sixty-eight percent, and the Y variable got the Interest category of eighty-four percent. The conclusion shows that Danur Sunyaruri's Journalism Episode Screening has a significant effect on the Viewing Interest of Cikini Senior High School Students by thirty-nine point one percent.

Keywords: Jurnalrisa, Youtube, episode Jurnal Danur Sunyaruri, Minat Menonton.


Abstrak. Media baru (new media) adalah media mampu dapat didukung dengan beberapa alat digital untuk mengakses konten secara instans sehingga memberikan kesempatan bagi para penggunanya agar dapat menerima serta untuk berpartisipasi active, creative dan interactive terhadap feedback pesan yang pada diberikan untuk membentuk konten baru melalui isi media  yang dibuat. Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang populer dimana para pengguna dapat mengupload, menonton, dan berbagi video secara gratis. Jurnalrisa adalah Channel Youtube yang memberikan konten horor dengan jumlah subscriber sebesar empat juta empat ratus sepuluh ribu. Bertujuan untuk melihat pengaruh apa yang terjadi dari Tayangan Jurnalrisa Episode Jurnal Danur Sunyaruri Di Youtube Terhadap Minat Menonton, Kemudian menggunakan teori terpaan media. Paradigma yang digunakan yaitu paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif, dengan jenis eksplanatif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Populasi berjumlah seratus tujuh puluh enam Siswa Siswi dengan sampel berjumlah seratus tujuh belas Siswa Siswi SMA Perguruan cikini dengan menggunakan teknik simple random sampling, teknik pengolahan data menggunakan SPSS Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana, Teknik konfirmasi data untuk menguji validitasnya menggunakan rumus KMO MSA (Keiser Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy dan Bartlett’s Test) dan Anti Image Correlation dan uji reabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha. Berdasarkan hasil pengujian deskriptif Variabel X didapatkan kategori Jarang sebesar enam puluh delapan persen, dan Variabel Y didapatkan kategori Minat sebesar delapan puluh empat persen. Kesimpulannya menunjukkan bahwa Tayangan Jurnalrisa Episode Jurnal Danur Sunyaruri berpengaruh signifikan terhadap Minat Menonton Siswa Siswi SMA Perguruan cikini sebesar tiga puluh sembilan koma satu persen.

Kata Kunci: Jurnalrisa, Youtube, episode Jurnal Danur Sunyaruri, Minat Menonton.

 


Keywords


Jurnalrisa, Youtube, episode Jurnal Danur Sunyaruri, Minat Menonton.

Full Text:

PDF

References


Alo, L. (2017) Komunikasi Antar Personal. Jakarta: PT Prenada Media.

Ardianto, E., Komala, L. and Karlinah, S. (2014) Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E., Komala, L. and Karnilah, S. (2014) komunikasi massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Baskoro, A. (2009) Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: PT TransMedia.

Cangara, H. (2014) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Elvinaro, A. and Komala, E. L. (2005) Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Foss, Stephen and Littlejohn (2013) Teori Komunikasi. Edisi 9. Jakarta.

Juddi, M. F. (2019) Komunikasi Budaya Dan Dokumentasi Kontemporer. Bandung: Unpad Press.

Kamaru, W. (2016) Pengertian Vlog dan Manfaatnya Bagi Youtuber.

Khomsahrial, R. (2016) Komunikasi massa. Jakarta: PT Grasindo.

Kriyantono, R. (2014) Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Martono, N. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suharno and Ana (2016) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya.

Suprapto, H. (2017) Metodologi Penelitian Untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Triana, D. D. (2013) Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran Tari. Bandung: Jakad Media.

Wekke, I. S. (2018) Demokrasi di Era Digital Pertautan antara Internet dengan Politik. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Fatty Faiqah, . Muh. Nadjib, . Andi Subhan Amir, . (2016) ‘Youtube Sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram’, Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), pp. 259–272. doi: 10.1080/14639947.2015.1006801.

Hutagaol, Y. M. R. (2009) ‘Minat dan Motivasi Siswa Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mendorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara’, pp. 1–126.

Kartika, A. W. (2019) ‘Studi Korelasi Antara Kualitas Konten, Daya Tarik Konten Dan Terpaan Tayangan Video Blog Pada Akun Beauty Blogger Abel Cantika Di Youtube Dengan Perilaku Imitasi Siswi Di Smk Negeri 4 Surakarta’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Oktaviani, W. P. (2019) ‘Pengaruh Terpaan Tayangan Jurnalrisa Terhadap Sikap Kepercayaan Hal Mistis’, Universitas Pendidikan Indonesia.

Jurnalrisa (2017) jurnalrisa. Available at: https://www.youtube.com/c/jurnalrisa/abo ut.

Ramadhan, B. (2020) Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Available at: https://teknoia.com/data- internet-di-indonesia-dan-perilakunya- 880c7bc7cd19.

Wahono, R. S. (2012) Kiat Menyusun Kerangka Pemikiran Penelitian. Available at:

https://romisatriawahono.net/2012/08/07% 20kiat-menyusun-kerangka- pemikiran%20penelitian/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27279

Flag Counter   Â