Pengaruh Video Iklan Di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Aplikasi

Chariya Yusuf Sanjaya, Kresno Yulianto

Abstract


Abstract. Tokopedia maximizes the ease of online shopping by developing its own mobile app that can be downloaded for two operating systems for today’s smartphone devices, Android and iOS. Tokopedia has implemented a brand-new feature called “Tukar Tambah†for smartphone trade-in and introduces it through a short video ad uploaded to their YouTube channel. The purpose of this research is to determine the effect of video ad on YouTube on the purchase decision of the app user and to find out how much influence the video ad on YouTube has on the purchase decision of the app user. This reserach consists of two variables, the independent variable, video ad on YouTube and the dependent variable, the purchase decision. The concepts of this research are: advertising, internet advertising, YouTube, advertising value, purchasing decision and application. The paradigm in this research is positivistic. This research approach is quantitative. The sampling technique is purposive sampling, with criterias such as having a smartphone, have watched the video ad and uses the Tokopedia app. The population in this study are six hundred twenty-seven, with the sample of eighty. The research method is survey. Based on research it can be seen that the video ad on YouTube significantly influences the purchasing decision. There is an influence of video ad on YouTube on the purchase decision of the app user and there is a fairly strong influence of video ad on YouTube on the purchase decision of the app user.

Abstrak. Tokopedia turut memaksimalkan kemudahan dalam berjualan dan berbelanja lewat aplikasi racikannya yang bisa diunduh secara gratis untuk dua sistem operasi raksasa untuk perangkat ponsel pintar saat ini, yaitu Android dan iOS. Tokopedia menambahkan fitur baru pada aplikasinya untuk pembelian produk smartphone yaitu “Tukar Tambah.†Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video iklan di YouTube terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh video iklan di YouTube terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independen yaitu video iklan di YouTube dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Konsep iklan, iklan internet, YouTube, advertising value, keputusan pembelian dan aplikasi. Paradigma dalam penelitian ini adalah positivistik. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria memiliki smartphone, telah menonton video iklan Tokopedia di YouTube dan menggunakan aplikasi Tokopedia. Populasi pada penelitian ini berjumlah enam ratus dua puluh tujuh, dengan sampel berjumlah delapan puluh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa video iklan di YouTube berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari video iklan di YouTube terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi dan terdapat pengaruh yang cukup kuat dari video iklan di Youtube terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi.


Keywords


video iklan, YouTube, keputusan pembelian, aplikasi.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D., Bruzzone, D. E. (1985). Causes of Irritation in Advertising. Journal of Marketing, 49, 47–57.

Barakati, D. P. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/1820/1431

Belch, George E., Belch, M. E. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective (8th ed.). McGraw-Hill.

Bhara, A. M. (2019). Pengaruh Iklan “Shopee Blackpink Sebagai Brand Ambassador†Terhadap Minat Belanja Online Mahasiswa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1962

Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Cho, C.- H., Cheon, H. J. (2004). Why Do People Avoid Advertising on the Internet? Journal of Advertising, 33, 89–97.

Choi, Y. K., Hwang, J.-S., & McMillan, S. J. (2008). Gearing up for mobile advertising: A crossâ€cultural examination of key factors that drive mobile messages home to consumers. 25, 756–768.

Daeng, I. T. M. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-Journal “Acta Diurna,†6. https://www.neliti.com/id/publications/91161/penggunaan-smartphone-dalam-menunjang-aktivitas-perkuliahan-oleh-mahasiswa-fispo

Dehghani, M., Niaki, M. K., Ramezani, I., Sali, R. (2016). Evaluating the influence of YouTube advertising for attraction of young customers. Computers in Human Behavior, 59, 165–172.

Dinda, A., Rara, D., & Irwansyah, I. (2018). Efektivitas Iklan YouTube Traveloka Terhadap Keputusan Pembelian (Studi EPIC Model pada Iklan YouTube “Saat Memesan Tiket Pesawat Tak Lagi Ribet†pada Karyawan di Jakarta). Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 77. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i1.1212

Ducoffe, R. H. (1995). How Consumers Assess the Value of Advertising. Journal of Current Issues and Research in Advertising, 17, 1–18.

Ducoffe, R. H. (1996). Advertising Value and Advertising on the Web. Journal of Advertising Research, 36, 21–36.

Fischer, G., Shipman, F. (2011). Collaborative Design Rationale and Social Creativity in Cultures of Participation. 7.

Gangadharbatla, H., Daugherty, T. (2013). Advertising Versus Product Placements: How Consumers Assess the Value of Each. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 34, 21–38.

Hanindharputri, M. A. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand. Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain, 1. http://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/73

Hujbers, T. (2012). Filsafat Hukum dalam Lintasan Sejarah. Kanisius.

Khusnaeni, N., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu Seluler Telkomsel 4G LTE yang Pernah Melihat Iklan Telkomsel 4G LTE Versi “Nixia Gamerâ€). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 47(2), 49–56.

Kim, Y. J., & Han, J. (2014). Why Smartphone Advertising Attracts Customers: A Model of Web Advertising, Flow, and Personalization. Computers in Human Behavior, 33, 256–269.

Kotler, P. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran (1st ed.). Erlangga.

Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (13th ed.). Erlangga.

Lee, W.-N., & Choi, S. M. (2005). The Role of Horizontal and Vertical Individualism and Collectivism in Online Consumers’ Responses Toward Persuasive Communication on the Web. Journal of Computer-Mediated Communication, 11, 317–336.

Liliweri, A. (1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Citra Aditya Bakti.

MacKenzie, S. B., & Lutz, R. J. (1989). An Empirical Examination of the Structural Antecedents of Attitude Toward the Ad in an Advertising Pretesting Context. Journal of Marketing.

Mahardika, E. M. (2014). Sikap Khalayak Dalam Menonton Iklan Pop-up di Situs Youtube. Fakultas Ilmu Sosial dan Hummaniora. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Marcella, D. (2019). Representasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Iklan Gojek (Studi Semiotika Iklan Gojek Versi Kamu-Gozali). Prologia, 3. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6376

Maxim, Bruce R., Pressman, R. S. (2014). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. McGraw-Hill.

McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. Sage Publication.

Nursalam, Pariani, S. (2001). Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Salemba Medika.

Peter, J. P., Olson, J. C. (2008). Consumer Behavior and Marketing Strategy (8th ed.). McGraw-Hill.

Shimp, T. A. (1981). Attitude Toward the Ad as A Mediator of Consumer Brand Choice. Journal of Advertising, 10, 9–48.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukamto, S. M. A., & Wijaksana, T. I. (2017). Iklan Melalui Youtube dan Minat Beli Produk. Journal of Research and Applications: Accounting and Management, 2(2), 135. https://doi.org/10.18382/jraam.v2i2.168

Sumarwan, U. (2010). Pemasaran Strategik (Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja). IPB Press.

Umar, H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisinis. Erlangga.

Winardi. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen. PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27268

Flag Counter   Â